Geeks tentu sudah tidak asing dengan huruf “D” yang ada di tengah-tengah nama beberapa karakter, termasuk sang karakter utama, Luffy. Dari sejak awal One Piece dibuat sampai saat ini, Eiichiro Oda belum pernah mengungkapkan apa kepanjangan atau arti dari nama “D” tersebut. Di komiknya juga belum ada cerita atau arc yang menjelaskan arti atau kepanjangan dari “D” ini.

Hal inilah yang membuat para penggemar One Piece penasaran sampai saat ini. Meskipun masih misterius, banyak petunjuk yang kemudian diberikan oleh Oda Sensei terkait klan ini. Misalnya, seperti yang sudah kita ketahui, klan D dikenal sebagai “musuh utama para dewa.” Dan dalam hal ini, dewa adalah para kaum naga langit

Klan D juga sering kali dianggap sebagai iblis yang jahat, seperti dalam cerita di wilayah Rosinante tinggal. Anak-anak yang jahat ditakut-takuti, bahwa mereka akan dimakan oleh seseorang dari klan D. Pada intinya, klan D. selalu dicap buruk oleh banyak orang. Apakah artinya menyandang nama D di tengah namanya adalah sebuah kutukan?
Sebenarnya, bagi sebagian orang pengguna nama D, dengan adanya huruf tersebut di tengah namanya bukanlah sebuah masalah besar. Namun, ada juga sebagian lainnya yang beranggapan bahwa nama tersebut adalah kutukan. Salah satu contoh nyata dari hal ini adalah Trafalgar Law. Dalam chapter 996 kita melihat sebuah adegan flashback dimana Law mengungkapkan nama aslinya kepada Nico Robin.

Dia melakukan hal tersebut karena merasa percaya kepada sosok Robin. Dan sejauh ini tidak banyak orang yang mengetahui nama asli dari Law, selain Corazon. Itu artinya dia menyembunyikan nama lengkapnya sejak dulu. Mengapa Law melakukan hal tersebut? Apakah Law takut akan incaran Pemerintah Dunia? Hal ini mungkin bisa menjadi salah satu alasannya.

Seperti yang disebutkan oleh Donquixote Doflamino sebenarnya keturunan D sendiri masih ada banyak dan tersebar di seluruh dunia. Namun, mereka lebih senang menyembunyikan nama D mereka. Law sendiri sebelumnya pernah mengatakan bahwa semangat D (Will of D) akan kembali menciptakan badai besar di seluruh duni. Sayangnya, kita tidak tahu apa arti dari hal tersebut.

Di chapter 996 kemarin, Law teringat tentang masa lalu Corazon tentang klan D adalah musuh dari para dewa. Dan jika dilihat dari apa yang terjadi pada momen tersebut, bisa dismpulkan bahwa Law sendiri tidak tahu apa arti dari D. Selain itu, dengan Law mengatakan bahwa dia mempercayai Robin sebelum mengatakan nama aslinya, artinya Law sadar bahwa ada ancaman dari arti nama tersebut.

Sampai kemudian di akhir momennya, Law kemudian mengatakan bahwa dia harus menemukan apa arti dari nama tersebut setelah dia menemukan benda yang diduga adalah Red Poneglyph. Dalam kalimatnya Law menyebutkan “… this cursed destiny of mine” atau takdir terkutuk miliku. Ada dua kemungkinan dari hal ini, pertama adalah hanya sekedar kata-kata umpatan yang diberikan oleh Law atau memang klan D adalah terkutuk (setidaknya bagi sebagian orang).

Pada intinya, tentu ada alasan mengapa klan D disebut sebagai musuh para dewa. Apakah artinya klan D adalah kelompok orang yang senang memberontak, dan memberikan ancaman kepada yang berkuasa? Atau justru merekalah yang sebenarnya sosok yang baik yang mengancam kedudukan para penguasa yang jahat, sehingga para “dewa” tersebut memfitnah mereka sebagai klan terkutuk. Mudah-mudahan saja Oda Sensei akan memberikan jawabannya sebelum cerita One Piece selesai.