Dio Brando adalah salah satu karakter antagonis yang paling ikonik dari cerita JoJo’s Bizarre Advanture universe dan juga merupakan sebuah ancaman yang besar terhadap siapapun. Dengan kekuatan yang dia miliki, Dio Brando adalah sosok musuh yang seumbang bagi keluarga Joestar yang mana mereka selalu bertentangan terhadap kubu Dio.

Sama halnya dengan para karakter yang diciptakan dengan baik, Dio memiliki kekuata dan kelemahan yang berkontribusi dan menjadi penentu kesuksesannya dalam cerita. Dan berbicara mengenai sosok Dio dan kesuksesannya sebagai karakter ikonik, berikut adalah berbagai kekuatan yang dimiliki oleh Dio.

Karisma dan Pengaruhnya Terhadap Yang Lain

Meskipun Dio sering kali dicap buruk, namun Dio selalu bisa mendapatkan pengikut dalam jumlah yang tidak sedikit. Hal ini pertama kali ditunjukan dalam film Phantom Blood dan juga Stardust Crusaders, dimana Dio berhasil membuat sebuah pasukan kecil Stand terkesan dengan sosok Dio. Bahkan Dio juga berhasil mempengaruhi mereka untuk bergerak sesuai arahannya.

Sudah jelas, bahwa Dio memang sedari awal memiliki tujuan untuk memanfaatkan pendukungnya/pengikutnya demi terwujudnya mimpi yang dia miliki. Bahkan, sosok Hol Horse, yang dikenal sebagai sosok yang tangguh dan lebih tertarik pada dirinya sendiri, enggan untuk membunuh Dio disaat dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Hal ini menunjukan bagaimana pengaruh Dio begitu dahsyat.

Mampu Menghentikan Waktu

Geeks tentunya tahu Stand dari Dio yang sangat populer, yaitu “the World.” Kemampuna tersebut membuat Dio bisa menghentikan waktu. Di dalam “dunia” tersebut semuanya tidak bergerak alias waktunya berhenti, membuat Dio mampu bergerak dan menghajar musuh tanpa perlu khawatir musuh akan menahan serangannya atau melakukan serangan balik. Ketika serangan ini dilakukan, biasanya musuh akan langsung tidak sadarkan diri ketika waktu kembali normal.

Salah satu bukti kedahsyatan dari the World adalah ketika Dio bertarung melawan Ponareff, dimana Dio mendekati Polnareff lalu menghentikan waktu untuk kemudian membawa Polnareff ke bawah tangga dan setelah selesai Dio kembali ke posisi awalnya. Inilah yang kemudian menjadi salah satu senjata yang menjadi andalan dari Dio dalam mengalahkan berbagai musuh.

Memiliki Kemampuan Vampir Untuk Meningkatkan Kekuatan

Vampirisme Dio benar-benar sangat menolong Dio dalam pertarungan melawan Jotaro. Ketika Jotaro berhasil melayangkan sebuah serangan sikut yang membuat bagian perut Dio terluka, dia berhasil sembuh dari serangan tersebut. Bahkan, Dio mampu memasang kembali bagian tubuhnya tersebut seolah tidak terjadi apa-apa. Jika hal ini terjadi kepada Jotaro, tentunya dia sudah tewas.

Selain itu, kemampuan vampir ini membuat Dio berhasil mencapai kekuatan tertingginya setelah dia meminum darah dari Joseph Joestar, mengembangkan kemampuan menghentikan waktu menjadi lebih hebat lagi. Peningkatan kekuatan fisik Dio inilah yang cukup berperan penting dalam setiap pertarungan, sama halnya dengan peningkatan kekuatan Stand dari Dio. Jika tidak ada peningkatan, pertarungan terakhir mungkin akan terasa sangat singkat.

Menggunakan Taktik Tidak Terduga

Salah satu dari keuntungan sifat sadis dari Dio adalah dia tidak ragu untuk menggunakan berbagai taktik yang tidak terduga oleh musuh. Salah satu contoh dari hal ini adalah ketika Dio bertarung tinju melawan Jonathan. Dalam pertarungan tersebut Dio sebenarnya bisa dengan mudah memenangkan pertarungannya dengan menghajar wajah Jonathan, namun dia juga nyatanya melukai mata Jonathan.

Kemudian saat pertarungan Dio melawan Joseph Joestar, dimana Dio berhasil melampaui Hamon yang dipadukan dengan Hermit Purple milik Joseph dengan melemparkan puluhan pisau ke arah wajah Joseph. Pisau-pisau tersebut sengaja ditempatkan di dekat area leher dari Joseph sebelum kemudian Dio mengembalikan waktu seperti semula. Hal ini tentunya membuat Joseph sulit untuk menghindari serangannya.

Cerdas dan Penuh Sumber Daya

Meskipun salah satu senjata andalannya adalah Stand the World yang dia miliki, sebenarnya Dio memiliki kemampuan lainnya yaitu kecerdasan dan sumber daya. Hal inilah yang kemudian membuat Dio menjadi musuh utama dari keluarga Joestar. Hal ini ditunjukan pada sebuah momen dimana dia bukan hanya berhasil selamat dari peristiwa kehancuran kapal laut, tapi juga berhasil mengambil alih tubuh Jonathan.

Dio juga sempat memanfaatkan tubuh Jonathan untuk bisa menjauh dari tubuh Joseph, sehingga dia bisa meminum darah dari Jonathan. Mungkin, jika Dio secara konsisten menggunakan teknik ini maka dia akan menjadi karakter yang tidak terkalahkan di serinya.