Silvers Rayleigh adalah tangan kanan Gol D. Roger juga wakil kapten bajak laut tersebut yang biasa disebut raja kegelapan. Meskipun usianya sudah tua, Rayleigh tidak bisa dianggap sebelah mata. Bahkan, pihak angkatan laut pun masih menganggap dia adalah sosok yang berbahaya. Jika saat tua begini dia masih ditakuti oleh angkatan laut, tentunya tidak terbayang seberapa kuat ketika dia masih muda.

Julukan dari Rayleigh, Mei-O, merupakan sebuah kata dalam Bahasa Jepang untuk Pluto/Hades, dewa neraka (underworld) dalam mitologi Greco-Roman. Menurut mitologinya, Hades memiliki dua saudara yaitu Zeus dan Poseidon. Jika Zeus menjadi penguasa udara, Poseidon penguasa lautan, maka Hades adalah penguasa neraka.

Three Brothers by JoshSummana on DeviantArt | Zeus god, Zeus poseidon hades, Zeus tattooHal ini bisa mereferensikan apa yang terjadi kepada Rayleigh dan Roger, dimana mereka berdua membagi kekuasaan mereka, dimana Roger menjadi raja bajak laut dan kapten, sedangkan Rayleigh adalah raja kegelapan dan juga wakil kapten. Sementara yang satu lagi berada dibalik bayang-bayang dan menjadi penguasa dari sebuah “alam yang tidak terlihat.”

Tapi, dalam mitologi Yunani, Poseidon sebenarnya bukan hanya merupakan dewa lautan. Dia juga adalah dewa gempa.  Apakah artinya Whitebeard adalah Poseidon bagi Zeus yang merupakan Roger dan Rayleigh adalah Hades? Ketiga bersaudara ini merupakan para dewa yang berhasil menyeimbangkan semuanya. Mereka semua memiliki porsinya sendiri-sendiri.

Terdapat sebuah cerita yang memperlihatkan dimana zeus, Poseidon, dan Hades menjadi penguasa baru setelah mereka mengalahkan sang ayah, Cronus. Cronus merupakan pemimpin dari para Titans, dan berhasil menggeser ayahnya sendiri Iranus yang dikenal dalam mitologi Romawi sebagai Caelus atau celestial.

Kembali ke cerita One Piece, cerita mitologi ini bisa diteroikan memiliki kaitan dengan para karakter One Piece. Jika kemudian Hades adalah Rayleigh, Roger adalah Zeus, dan Whitebeard adalah Poseidon maka Rocks D Xebec adalah Uranus. Dia merupakan pemimpin dari para monster/titan. Seperti yang kita ketahui, Rocks dulunya merupakan kapten dari Whitebeard, Big Mom, Kaido, Shiki, dan masih banyak bajak laut legendaris lainnya.

Rocks kemudian berusaha untuk menguasai dunia, dengan menyerang para kaum naga langit (Celestial Dragon) di God Valley namun kemudian usahanya berhasil digagalkan oleh Garp. Mengaitkan mitologi kuno dengan cerita One Piece memang menjadi salah satu hal yang menarik di kalangan para fans. Sebelumnya, terdapat juga sebuah teori yang mengaitkan Shanks dengan mitologi Nordik Tyr. Bagaimana menurut kalian Geeks? Apakah Roger, Rayleigh, dan Rocks adalah perwujudan dari ketiga dewa-dewa tersebut?