Para penggemar DC tentunya sudah mengetahui bahwa hubungan antara Harley Quinn dan Joker memang sangat “toxic”. Pada akhirnya toxic relationship antara mereka berakhir. Dalam komik DC yang rilis beberapa waktu lalu, Harley Quinn dan Joker sudah saling berpisah. Nah tetapi dalam komik paling baru berjudul Joker / Harley: Criminal Sanity, kedua karakter tersebut mendapatkan design ulang sepenuhnya.

Tetapi ada yang menarik dari komik tersebut, tetapi kali ini bukan tentang hubungan antara Harley Quinn dan Joker, melainkan Joker yang dianggap sebagai pahlawan oleh penduduk Gotham. Kok bisa? Nah komik Joker / Harley: Criminal Sanity # 6 dibuka dengan Joker yang mempersiapkan hadiah bagi Dr. Harley Quinn. Saat komik berlanjut, kita diperlihatkan dengan kasus pembunuhan Joker yang dilakukan bertahun-tahun lalu.

Pembunuhan Joker untuk pertama kalinya sangat brutal, di mana ia meninggalkan korbannya dengan bekas kekerasan. Joker memasukan gantungan baju ke mulut korban, sehingga mulut korban terlihat seperti tersenyum karena terganjal gantungan baju tersebut. Meskipun pembunuhan yang Joker lakukan adalah pembunuhan yang kejam, tetapi media di Gotham menarik kesimpulan yang berbeda.

Saat menonton berita, Joker mendapati bahwa media-media di kota Gotham membicarakan motif pembunuhan yang ia lakukan. Media-media tersebut mengungkapkan bahwa semua korban yang Joker bunuh adalah pelaku pelecehan seksual terhadap anak-anak. Media-media tersebut menggambarkan bahwa Joker bukan sebagai pembunuh jahat, tetapi sebagai seorang vigilante. Bahkan mereka membandingkan Joker dengan Batman, seorang vigilante terkenal dari Gotham.

Joker pun merasa terkejut karena image kejam yang ia tanamkan ke publik gagal, sehingga ia tidak lagi ditakuti dan malah membuat orang lain merasa nyaman. Mungkin agak sulit untuk memahami bagaimana bisa orang-orang memandang pembunuh sebagai seorang pahlawan vigilante.

Gotham sendiri sebelumnya sudah dilindungi oleh Batman. Namun, Batman tiba-tiba menghilang selama beberapa minggu. Batman meninggalkan kota yang dulunya ia lindungi, sehingga para penegak hukum kewalahan. Karena hal tersebut, maka tidak mengherankan jika Joker dianggap seorang orang yang menirukan tindakan Batman, dan Joker dianggap mengisi kekosongan yang ditinggalkan Batman. Dengan dukungan dari penduduk Gotham, sekarang ia resmi menjadi pahlawan baru Gotham.