Franchise Gundam adalah juaranya untuk urusan mecha. Gundam selalu menggabungkan aksi robot yang menarik dengan penceritaan yang realistis. Taukah kalian bahwa teknologi yang muncul di franchise Gundam diadaptasi dari ilmu sains di dunia nyata? Franchise Gundam sendiri berkiblat pada realisme. Dalam franchise Gundam, kita diperlihatkan saat seseorang mencoba mengendalikan Mobile Suit. Setiap Mobile Suit berisi reaktor nuklir, yang letaknya berdekatan dengan lokasi sang pilot. Dengan hanya masuk ke dalam mecha tersebut, maka nyawa sang pilot dalam bahaya akibat adanya reaktor nuklir.

Teknologi canggih Gundam dan Mobile Suits dalam timeline Universal Century adalah hasil dari Minovsky physics. Ilmu fisika tersebut adalah dasar di balik segala sesuatu yang ada dalam kontinuitas ceritanya, dari mulai senjata sinar laser yang digunakan Mobile Suits hingga Suits itu sendiri. Minovsky-lonesco adalah reaktor nuklir pertama. Reaktor termonuklir ini biasanya terletak di blok inti unit, seperti di Gundam RX-78 yang dipiloti oleh Amuro Ray.

Dengan adanya reaktor nuklir tersebut, Mobile Suits berpotensi menjadi bom nuklir berjalan raksasa. Lebih buruk lagi, pilot akan menjadi orang yang pertama mati saat bom nuklir tersebut meledak. Ancaman ledakan nuklir yang sangat besar ini terutama terjadi pada kasus Mobile Suit dalam Cosmic Era. Di sana, Mobile Suits memiliki perbedaan dalam fisi nuklirnya, sehingga akan membuat Mobile Suit jauh lebih rentan untuk melepaskan sejumlah besar energi yang tidak terkendali jika terjadi kecelakaan.

Jadi Mobile Suit sebenarnya bukan hanya menjadi ancaman di medan perang, tetapi menjadi ancaman bagi lingkungan. Mobile Suit berisiko menyebabkan bencana nuklir besar jika reaktor nuklir mereka rusak. Untungnya, hal ini jarang terjadi. Jika sering terjadi, maka ini akan menjadi tragedi yang luar biasa. Franchise Gundam mungkin adalah franchise yang paling realistis, yang membuat setiap aksinya benar-benar seperti bagian dari perang yang penuh gejolak. Di episode kesepuluh saja kita diperlihatkan saat satu orang karakter mencoba menggunakan Mobile Suit sebagai bom nuklir, yang membuatnya pantas disebut sebagai pemusnah masal.