Eiichiro Oda dikenal sebagai seorang mangaka yang imajinatif, kreatif, penuh kejutan, penuh insipratif, dan juga sering kali memasukan berbagai informasi yang menarik yang kemudian “dibungkus” dalam cerita dengan sangat apik. Banyak sekali inspirasi yang Oda sensei dapatkan untuk kemudian diaplikasikan ke dalam berbagai elemen cerita, seperti karakter, benda, atau apapun itu.

Kebanyakan yang menjadi inspirasi One Piece berasal dari ajaran agaman Buddha (dan Hindu), yang memang cukup berkembang pesat di Jepang. Contohnya adalah karakter Luffy yang berasal dari makhluk legenda raja Monyet, juga salah satu jurus yang dimiliki oleh Zoro yaitu Ashura yang juga berasal dari ajaran tersebut. Para Admiral sendiri terinspirasi dari zodiak penanggalan Tiongkok dan sering kali dikombinasikan dengan cerita rakyat Momotaro.

Selain para Admiral, ada beberapa karakter penting dan kuat lainnya yang juga terinspirasi dari budaya di negara lain yaitu para Yonko. Seperti kita tahu, Yonko merupakan empat orang penguasa laut yang menyeimbangkan kondisi dan stabilitas di lautan. Mereka ternyata terinspirasi dari empat simbol budaya kuno Tiongkok. Apa saja?

Whitebeard dan Harimau Putih

Entah apakah ada kaitan juga dengan warnanya, namun menariknya adalah adanya kesamaan nama dan juga simbol inspirasi dari karakter tersebut. Dalam kepercayaan orang Tiongkok, Harimau Putih sering dilambangkan sebagai perlindungan. Hal ini pun sama seperti Whitebeard, yang sering kali menawarkan perlindungan terhadap pulau-pulau lainnya seperti pulau Sphinx dan Ryugu.

Shanks dan Burung Camar

Sekali lagi kita tidak perlu membicarakan warna dari simbol ini, tapi memang mungkin Oda sengaja menirukan seluruh elemen dari simbol tersebut termasuk warnanya. Burung camar sendiri merupakan simbol dari kebaikan atau nasib yang baik, dan muncul ketika ada seorang calon pemimpin baru lahir yang menandakan sebuah era baru yang akan dimulai.

Hal ini juga terjadi dalam cerita, dimana meskipun Shanks adalah seorang bajak laut tapi mereka tidak pernah menyakiti mereka yang tidak bersalah. Bahkan, ketika Shanks muncul di akhir arc Marineford justru dia menyelamatkan nyawa Coby. Shanks mungkin menirukan sosok Roger yang tidak memperdulikan apapun, selama dia bebas. Dia juga tidak pernah melukai orang-orang.

Kaido dan Naga Biru

Kaido merupakan Yonko yang memakan buah iblis bertipe Mytichal Zoan yang membuatnya bisa berubah menjadi seekor naga besar timur berwarna biru. Selain kesamaan dari segi ukuran, sifatnya pun memiliki kesamaan. Naga sering diidentikan dengan keabadian, dan hal tersebut dirasa pas dengan sosok Kaido yang abadi, sulit untuk dibunuh bahkan untuk dilukai sekalipun.

Namun, dalam beberapa mitologi Jepang terdapat sebuah cerita dimana ada seseorang yang mampu memotong kepala naga dengan sebuah pedang mistis. Artinya naga yang abadi tersebut bisa saja ditaklukan atau dikalahkan, dengan sebuah benda mistis khusus. Sama seperti Kaido, yang bisa saja dikalahkan dengan benda khusus misalnya pedang Enma.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2