Seri One Piece dikenal banyak orang sebagai salah satu seri anime dan manga terpopuler di dunia. Serinya sendiri bertema tentang bajak laut, petualangan, dan persahabatan. Namun, siapa sangka jika karya dari Eiichiro Oda ini dianggap sebagai salah satu seri edukasi. One Piece memang banyak mengajarkan nilai-nilai positif, selain dari sisi komedi dan juga keanehan lainnya. Hal inilah yang kemudian dijadikan “pelajaran” di dunia nyata.

Seperti sebuah postingan yang sempat viral beberapa waktu lalu, dimana seorang pengguna Twitter bernama 123NMYa mengunggah sebuah foto dari sebuah buku pelajaran. Buku pelajaran berbahasa Perancis tersebut ditujukan untuk mereka anak-anak kelas 6 Sekolah Dasar, dimana salah satu materi yang disampaikan dalam buku tersebut adalah tentang vitamin dan fisiologi.

Lalu, apa menariknya dari fotonya? Dalam foto tersebut kita melihat potongan adegan dari seri anime One Piece yang menjadi gambar ilustrasinya. Dalam gambarnya memperlihatkan Usopp dan Luffy berusaha untuk menyelamatkan seseorang yang sakit parah, terlihat dari perban yang melingkar di kepalanya dan juga warna kulitnya yang terlihat pucat.

Usopp dan Luffy terus memeras sari buah ke arah pria tersebut, sambil membuka mulutnya untuk bisa menyembuhkan penyakit kekurangan vitamin. Dan seperti yang tertulis di bukunya, adegan tersebut diambil dari seri anime One Piece episode 20. Pada episode tersebut Zoro bertemu kembali dengan teman-teman lamanya. Salah satu dari rekannya benar-benar sakit parah akibat kekurangan asupan vitamin.

Nami adalah orang yang pertama kali menyadara hal tersebut, dan demi menolong rekan dari Zoro tersebut, Luffy dan yang lainnya menggunakan persediaan buah mereka untuk membantu pria tersebut, dan upaya yang dilakukan tersebut nyatanya mendapatkan perhatian dari para pengajar di dunia nyata dan akhirnya menjadikan momen tersebut sebagai ilustrasi di buku ilmu pengetahuan anak sekolah.

Penyakit kekurangan vitamin adalah salah satu penyakit serius yang terjadi di dunia nyata, dan biasanya penyakit ini diakibatkan oleh kurangnya asupan vitamin C. Bajak laut sering menderita penyakit tersebut, karena buah-buahan dan sayuran bukanlah bahan makanan yang bisa bertahan lama. Meskipun dalam kenyataannya dibutuhkan lebih dari sekedar sari buah jeruk nipis untuk bisa menghentikan penyakit tersebut, setidaknya ini bisa menjadi pelajaran penting untuk memperhatikan asupan vitamin kita – khususnya bagi anak-anak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.