Di chapter 995 kemarin, kita dikejutkan oleh kemunculan kembali sosok Tama ke dalam cerita. Sosok Tama sendiri sudah cukup lama tidak muncul di dalam ceritanya pasca peristiwa di penjara Udon. Dalam peristiwa tersebut, kita tahu bahwa Tama membantu Luffy dan yang lainnya dengan cara “menghipnotis” Babanuki, kepala penjara Udon, dengan kemampuan Kibi Dango.

Di chapter terbaru kemarin, Tama muncul di waktu yang tepat disaat nyawa Nami hampir saja melayang akibat serangan Ulti. Tama muncul bersama Komachiyo, binatang peliharaannya, dan kemudian menyerang Page One dan Ulti untuk membantu Nami dan Usopp. Tama memang sedari awal diperkenalkan dalam cerita selain karena koneksinya dengan Ace, Tama juga memiliki kemampuan buah iblis Paramecia untuk bisa mengendalikan hewan buas. Bahkan, buah iblis ini juga bisa bekerja untuk para Gifters.

Kemampuan Tama ini sebenarnya bisa dibilang sangat kuat dan ampuh untuk bisa menghadapi pasukan Kaido. Namun, dengan kekuatan dahsyat tersebut tentunya akan terasa terlalu mudah jika Tama memang benar-benar berhasil menaklukan mereka. Dalam hal ini, akan lebih baik jika kemampuan Tama bukanlah menaklukan para pengguan buah iblis Zoan tersebut, tapi lebih kepada mempertahankan bentuk manusia mereka.

Dan jika melihat dari kekuatan Kibi Dango Tama, rasanya itu memang masuk akal. Buah iblis Tama akan berhasil dan memiliki efek luar biasa jika digunakan kepada binatang, sehingga wajar jika kemampuan ini juga bekerja kepada mereka yang memiliki kemampuan buah iblis Zoan berbentuk binatang. Buah iblisnya tidak akan bereaksi kepada manusia, jadi ketika pegguna buah iblis Zoan sedang dalam form manusianya maka Kibi Dango tersebut tidak akan berfungsi.

Kemampuan ini juga bekerja kepada para Gifters, sehingga artinya Kibi Dango juga akan bekerja kepada mereka pengguna buah iblis Zoan dalam form hybrid. Ketika berada dalam form Hybrid, pengguna buah iblis masih memiliki kesadarannya meskipun hanya sedikit sehingga kita akan melihat bagaimana perjuangan dari pengguna buah iblis Zoan tersebut menahan kendali yang diberikan Tama.

Hal itulah yang kemudian akan menjadi scenario terbaik untuk ceritanya. Tama kemungkinan akan mampu mengendalikan salah satu dari pasukan Kaido – kemungkinan adalah Page One, mengingat dia sedang dalam form dinosaurus secara penuh. Bila ini terjadi maka akan ada beberapa konsekuensi yang terjadi. Pertama, hal ini akan membuat Usopp dan Nami bisa kabur dari situasi tersebut.

Kemungkinan kedua adalah akan terjadi pertarungan antara Ulti dan Page One. Page One, yang berada di bawah pengaruh Tama, akan menyerang Ulti sehingga pihak aliansi Luffy bisa pergi dengan selamat. Awalnya Ulti tidak tahu apa yang harus dia lakukan, mengingat Ulti tidak akan mungkin menyakiti saudaranya tersebut. Namun, mengingat dari segi kekuatan Ulti jauh lebih hebat, pada akhirnya Page One akan berhasil dikalahkan.

Momen ini akan membuat Page One kembali ke form manusianya dan akan kehilangan kesadaran. Ketika dia terbangun, konsekuensi nomor tiga akan terjadi yaitu mereka akan sadar bahwa ada Tama di Onigashima. Hal ini akan memaksa para pasukan Kaido untuk berada di form manusia mereka, demi menghindari kekuatan Tama. Mereka akan sadar, jika sudah berada di bawah kendali Tama maka mereka akan selamanya melakukan sesuatu tanpa sadar sampai kemudian ada seseorang yang berhasil mengalahkan mereka.

Jika kemudian hal tersebut terjadi, konsekuensi nomor 4 dan terakhir adalah Tama akan menjadi prioritas utama. Apa yang terjadi selanjutnya, masih menjadi misteri dan mungkin para fans akan banyak berspekulasi mengenai hal tersebut. Yang pasti, Luffy tidak akan mungkin melindungi Tama karena dia terlalu sibuk untuk mengalahkan Kaido.  Itu artinya, semuanya akan kembali kepada semua kru Topi Jerami untuk mlindungi Tama. Apakah Tama akan mampu melakukannya?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.