Franchise Dragon Ball dikenal sebagai sebuah franchise yang sering memberikan berbagai form dna kekuatan baru kepada karakter mereka, demi membuat pertarungan tetap menarik untuk diikuti. Karena hal ini, tidak jarang ada banyak form “palsu” yang beredar di kalangan fans. Form tersebut merupakan hasil karya imajinatif dari para fans lainnya di seluruh dunia.

Salah satu contoh dari hal ini adalah Super Saiyan 10, sumber kekuatan Super Saiyan paling kuat yang pernah ada. Form ini muncul dalam sebuah seri anime buatan fan, Dragon Ball Xz. Form dari Super Saiyan ini benar-benar terlihat berbeda dari form Super Saiyan sebelumnya. Dengan level kekuatan yang sangat luar biasa dan juga penampilan yang mengerikan, bukan hal yang mustahil jika form ini kemudian akan muncul dalam versi canon.

Konsep dari Super Saiyan 10 ini banyak digunakan dalam berbagai cerita buatan fan lainnya, yang kemudian terciptalah sebuah cerita masa lalu dari terbentuknya form tersebut. Seperti yang tercantum di namanya, form Super Saiyan ini mengikuti angka numerik yang digunakan dalam form Super Saiyan versi canon. Menurut versi para fans, kemampuan Super Saiyan 10 ini hanya bisa dikalahkan oleh form Super Saiyan 100 dan Super Saiyan 200.

Dalam seri Dragon Ball Xz, yang bersetting pasca cerita Dragon Ball GT, kita melihat bagaimana kedahsyatan form Super Saiyan 10 ketika menghadapi Dark Trunks. Kekuatan dari Goku melampaui kekuatan dari form Super Saiyan sebelumnya. Goku bahkan berhasil melampaui mode Enraged Saiyan, yang kemudian membuatnya mendapatkan form Super Saiyan 10. Form ini mirip seperti versi lain dari Oozaru Great Ape, tapi terdapat beberapa elemen yang sama dengan form orisinal Super Saiyan.

Rambutnya lebih panjang dibandingkan dua form Super Saiyan awal, dan tubuh serta ekornya pun berubah menjadi putih. Bulu juga menutupi seluruh tubuh Goku, berbeda dengan Super Saiyan 4 yang muncul dalam seri GT. Wajah dari Goku juga terlihat sangat primitive, sedikit terlihat seperti makhluk buas yang kemudian didukung oleh bentuk tubuhnya. Wajar jika kemudian form ini disebut mirip seperti form Great Ape.

Kemampuan dari Super Saiyan 10 adalah telekinesis dan juga peningkatan dahsyat dari kekuatan sebelumnya, contohnya adalah Stellar Kamehameha, yang mana ketika menggunakan kekuatan ini Goku akan menyerap kekuatan dari bintang-bintang. Kemampuan lainnya adalah mampu menghadirkan benda apapun di depan mata. Kemampuan ini menjadi mematikan, mengingat Super Saiyan 10 lebih kuat dari Super Saiyan 9.

Warna mata dari pengguna juga akan berubah, tergantung level sihir mereka. Sebenarnya ada konsep lainnya yang diajukan para fans dari form Super Saiyan 10 ini, dimana bagian mata dan ekor akan berubah menjadi putih tapi penampilan tidak berubah alias tetap normal. Namun, konsep yang mirip seperti binatang buas jauh lebih populer, lagipula juga konsep yang mirip dengan binatang buas yang memulai teori ini.

Meskipun terlihat sangat keren dan badass, namun rasanya akan sangat sulit jika konsep karakter ini diwujudkan dalam versi canon. Hal ini dikarenakan konsep tersebut terlalu kompleks untuk diwujudkan. Selain itu, manganya juga harus memperkenalkan kelanjutkan form Super Saiyan selanjutya sebelum kemudian sampai ke angka 10.

Seri manganya sendiri saat ini sedang menghindari numerik lainnya dari form Super Saiyan, demi tewujudnya form Super Saiyan God. Form tersebut, menghadirkan kekuatan dalam beragam warna dan bukan angka. Super Saiyan 10 memiliki elemen Super Saiyan God di dalamnya, terletak pada bagian mata dan rambutnya, namun masih ada numerik di namanya. Karena, franchisenya sendiri menghindari numerik di berbagai form mereka maka, mungkin akan lebih baik jika Super Saiyan 10 tetap menjadi sebuah konsep luar biasa yang berkembang di kalangan para fans.