Selama serial animasi Star Wars Rebels, Bo-Katan adalah pemilik Darksaber, tapi entah bagaimana caranya, ia kehilangan pedang tersebut, dan jatuh ke tangan Moff Gideon sebelum The Mandalorian. Chapter terbaru dari seri Disney+ ini telah memperkenalkan Bo-Katan, karakter utama dari Star Wars: The Clone Wars yang berbagi sejarah dengan Darksaber. Versi live-action dari Mandalorian wanita ini diperankan oleh aktris Katee Sackhoff, yang sebelumnya juga menjadi pengisi suara untuk karakter Bo-Katan di Star Wars: The Clone Wars and Rebels.

Di dunia Star Wars, Darksaber adalah pedang cahaya berbilah hitam, sekaligus menjadi sebuah senjata yang sangat penting bagi budaya Mandalorian. Bagi penduduk Mandalore, Darksaber merupakan simbol kekuasaan yang secara tradisional dipegang oleh penguasa mereka. Pedang tersebut memainkan peran kunci dalam Star Wars: The Clone Wars, dan sebelum muncul kembali di final episode The Mandalorian musim 1.

Dalam Star Wars: Rebels, Bo-Katan dipersenjatai dengan Darksaber, dan memilih untuk menjadi penguasa baru di Mandalore. Karena Star Wars Rebels terjadi sebelum episode A New Hope, ada kesenjangan besar dengan peristiwa The Mandalorian yang berlatar lima tahun setelah trilogi Star Wars asli.

Diketahui dari seri The Mandalorian, bahwa Moff Gideon rupanya berhasil mendapatkan Darksaber, tetapi tidak pernah dijelaskan secara jelas bagaimana peristiwanya. Meskipun tidak disebutkan dengan detail, bisa diasumsikan bahwa hal itu terjadi selama tragedi “Pembersihan Besar-besaran” yang meluluhlantahkan penduduk Mandalore. Dalam The Mandalorian season 2, episode 3, Bo-Katan dan dua rekan Mandaloriannya melancarkan serangan ke kapal Empire dalam upaya untuk mengambil Darksaber dari musuh mereka.

Selama konfrontasi dengan Kapten Imperial, Bo-Katan menanyakan kepadanya apakah dia (Moff Gideon) memiliki Darksaber. Sang kapten lalu menjawab pertanyaannya, “jika kamu bertanya, kamu sudah tahu”. Hal tersebut menjelaskan bahwa Bo-Katan belum mempunyai kepastian tentang apakah Moff Gideon memiliki Darksaber, atau tidak, sebab Gideon tidak pernah mencurinya secara langsung.

Jika Moff Gideon bertarung melawan Bo-Katan dalam “Pembersihan Besar-besaran”, dan mengambil Darksaber, dia pastinya tidak akan menanyakan pertanyaan tersebut kepada Kapten Imperial. Bo-Katan kemungkinan besar kehilangan jejaknya saat Gideon, dan prajurit Kekaisaran menyerang Mandalore. Ketika pasukannya mengalami kerugian besar, dia bisa saja terluka parah dalam pertarungan dengan anak buah Gideon.

Setelah episode baru, keraguan Bo-Katan telah sirna, dan identitas pemilik Darksaber akan terlihat jelas. Saat season 2 sedang berlangsung, pencariannya untuk mengambil kembali artefak Mandalorian dan mengalahkan Moff Gideon akan berlanjut. Dengan hanya dua orang Mandalorian yang berada di sisinya, pertarungannya akan menjadi tugas yang menantang, terutama karena Mando memilih untuk tidak membantunya.

Meskipun begitu, apa pun yang terjadi ketika dia menemukan Ahsoka Tano, hal itu dapat membawanya kembali menyelesaikan konflik dengan Moff Gideon. Pada saat The Mandalorian season 2 berakhir, pedang Darksaber bisa menemukan jalan kembali ke tangan Bo-Katan, atau bisa juga beralih untuk diteruskan ke Mandalorian yang berbeda.