Kedatangan penjahat pengganti Thanos, Kang the Conqueror di MCU sepertinya telah diramalkan oleh Iron Man alias Tony Stark di Avengers: Endgame. Dikenal sebagai futuris, sejak awal Tony Stark adalah superhero MCU pertama yang meramalkan ancaman yang akan dibawa oleh Thanos. Meskipun ini “ketakutannya” telah membuat beberapa keputusan “blunder” seperti menciptakan Ultron misalnya.

Namun pada akhirnya, dia akhirnya membuktikan dirinya benar setelah Thanos secara resmi mulai menyerang Bumi di Avengers: Infinity War. Seandainya Avengers mendengarkan peringatannya, mereka mungkin bisa lebih siap menghadapi serangan Thanos. Mengingat hal ini, ada pula kemungkinan bahwa Tony juga telah mengantisipasi kedatangan musuh baru di MCU setelah para Avengers “bermain-main” dengan perjalanan dan mengacaukan tatanan waktu di Endgame.

Hiro Studios

Sebagai pencipta dan pelaku “time heist”, Tony tahu bahwa misi tersebut bukannya tanpa risiko. Inilah mengapa awalnya dia menentang gagasan tersebut. Tapi, begitu dia menemukan cara untuk membuat hal ini berhasil, dia terpaksa bergabung dengan misi tersebut, terutama karena ia bisa membawa kembali Spider-Man yang mati di saat-saat terakhir Infinity War. Tak lama setelah para Avengers berhasil membawa kembali mereka yang tewas dari snap di Infinity War, Thanos yang berasal dari tahun 2014 menyerang, dan terjadilah pertarungan puncak.

Pada satu titik di Endgame, Captain America yang bingung dengan kekacauan tersebut bertanya pada Iron Man apa yang terjadi, secara garis besar Tony menjawab: “Kita mengacaukan waktu, dan waktu cenderung mengacaukan kita.” Memang pada titik ini, kekacauan disebabkan oleh Thanos yang mendatangi Avengers dari timeline yang berbeda, tapi ini membuktikan bahwa Iron Man sadar bahwa aktivitas time heist akan berdampak buruk, termasuk kedatangan Kang The Conqueror yang merupakan villain yang identik dengan time traveling.

Lahir di abad ke-30, Kang The Conqueror adalah seorang jenius yang menaklukkan dunia sepanjang waktu setelah ia mendapatkan akses ke mesin waktu. Tentunya, sejak Endgame dengan memperkenalkan konsep time traveling, Kang menjadi big bad villain berikutnya cukup masuk akal. Seperti visi Iron Man tentang Thanos yang datang untuk membawa malapetaka di MCU, dia mungkin tidak secara spesifik mengenal Kang dan keberadaannya, tapi dia mengantisipasi bahwa seseorang seperti Kang akan menemukan jalan ke MCU, sebagai konsekuensi keputusan mereka untuk mengacaukan tatanan waktu.

Sementara Tony tidak lagi ada untuk memimpin misi melawan Kang the Conqueror di masa depan, tapi MCU tidak kekurangan superhero yang dapat mengambil alih posisi kepemimpinan yang dia tinggalkan setelah kematiannya di Avengers: Endgame. Untuk saat ini, sepertinya Doctor Strange adalah pilihan paling tepat untuk memimpin para Avengers, mengingat hubungannya dengan Time Stone, belum lagi akses ke multiverse. Selain itu, ada juga Ant-Man, yang film-filmnya membahas konsep yang sama berkat Pym Particles dan Quantum Realm. Ant-Man juga pastinya akan memiliki keterkaitan yang lebih dalam mengingat kabarnya Kang akan melakukan debut di film Ant-Man 3.

Hiro Studios