Rasanya hampir semua orang mengenal sosok Eiichiro Oda, khususnya mereka penggemar komik, manga, atau anime. Eiichiro Oda adalah pembuat seri One Piece yang mendunia. Sejak masih SMA, karier menggambar Oda sensei memang sudah sangat cemerlang terbukti dia berhasil mendapatkan banyak penghargaan. Tapi, tidak ada hal yang lebih fenomenal dari karya utamanya yaitu One Piece.

Namun, ada kekhawatiran besar yang melanda para fans khususnya terhadap Oda Sensei. Salah satunya adalah masalah kesehatan. Hal ini juga yang kemudian menjadi kekhawatiran dari Shonen Jump, sehingga mereka terkadang memaksa Oda Sensei untuk mengambil cuti libur atau jeda. Meskipun Oda masih akan terus berusaha menyelesaikan semuanya, tapi tidak salah juga jika kita berandai-andai untuk mencari pengganti Oda Sensei yang bisa melanjutkan cerita One Piece. Berikut adalah para mangaka yang bisa menjadi pengganti Eiichiro Oda

Kohei Horikoshi

Kohei Horikoshi adalah sosok cerdas baru yang muncul di Shonen Jump. Dalam setiap karyanya, Kohei terinspirasi dari nama-nama besar seperti Akira Toriyama dan Eiichiro Oda. Namun, pengaruh terbesar dari Kohei adalah penulis seri Naruto, Masashi Kishimoto. Kohei sendiri adalah pencipta dari salah satu seri aksi yang populer saat ini yaitu My Hero Academia.

Meskipun karya-karyanya dan juga cerita yang ditampilkan tidak seambisius dari Oda Sensei, tetapi kemampuan gambar Kohei yang khas dan juga sense of action dari Kohei cukup mirip dengan kreatifitas dari seorang Oda Sensei. Quirks sendiri merupakan salah satu elemen penting dalam cerita MHA, sama seperti buah iblis di cerita One Piece. Meskipun mungkin vibe ceritanya akan berubah, tapi hal itu akan membawa keunikan tersendiri.

ONE

Pasti kebanyakan Geeks heran mengapa nama ONE masuk dalam daftar ini. ONE adalah pencipta seri One-Punch Man dan Mob Psycho. Jika berbicara mengenai ONE, maka jangan berbicara mengenai art stylenya, karena memang art style dari ONE hanya bisa masuk sampai draft pembuatan manga saja. Tapi, jika berbicara mengenai plot dan storyline ONE adalah salah satu yang terbaik.

ONE: Mangaká por hobby? Conheça o autor por trás de Mob Psycho 100 e One-Punch Man! – NSV - Mundo GeekYang membuat OPM menjadi populer adalah bagaimana ONE mampu menggabungkan komedi, aksi, dan berbagai cerita inspiratif semuanya menjadi satu. Semua unsur tersebut tidak jauh berbeda dengan One Piece. ONE bisa mengaplikasikan cara yang sama untuk menangani One Piece dengan cara OPM, yaitu dia hanya membuat sebuah draft cerita dan kemudian staff lain yang akan menggambar untuk ONE.

Akira Toriyama

Rasanya jika ada satu orang yang bisa mengambil alih One Piece dengan peluang yang sangat besar, maka tidak ada yang lain selain Akira Toriyama. Akira Toriyama adalah salah satu pengaruh terbesar dari seorang Oda Sensei, untuk membangun cerita One Piece. Seperti yang kita tahu, Akira Toriyama adalah pencipta dari seri Dragon Ball, salah satu seri manga paling sukses dalam sejarah yang menginspirasi seri manga modern.

Meskipun sering kali Toriyama lebih banyak menghadirkan unsur pertarungan, fiksi ilmiah, dan berbagai elemen lainnya, namun Dragon Ball juga masih tetap memegang unsur utama dari ceritanya yaitu petualangan. Akan sangat luar biasa jika kemudian seri One Piece ditangani langsung oleh sang maestro manga. Bukan tidak mungkin One Piece akan semakin keren dan semakin dahsyat.

Hirohiko Araki

Beberapa alasan utama mengapa para fans senang dengan One Piece adalah ceritanya yang sulit ditebak, dan sangat menghibur. Dengan berbagai karakter yang unik dan menarik, ditambah juga dengan adanya elemen buah iblis yang semakin memperkuat jalannya cerita, para fans akan dihadirkan sebuah pertarungan yang jarang kita temui dalam cerita lainnya.

Dan diantara sekian banyak  penulis manga dengan genre Shonen, Hirohiko Aaraki bisa meneruskan cerita One Piece tersebut. Araki sendiri adalah pencipta dari seri JoJo’s Bizzare Adventure, sebuah seri petualangan yang terkenal karena desain karakternya yang dramatis, kekuatan aneh, dan juga petualangan yang epik. Seri ini mungkin bisa menyamai “keanehan” yang dibuat oleh One Piece.

Hiro Mashima

Sebagian Geeks mungkin mengenal seri manga Fairy Tale. Banyak yang menuduh bahwa seri manga tersebut “menjiplak” atau “meniru” cerita dari One Piece. Desain karakternya sendiri memang memiliki kemiripan dengan karakter di One Piece. Meskipun tidak ada bukti terkait meniru atau menjiplak, yang pasti Fairy Tale memang memiliki kemiripan dalam segi cerita, petualangan, dan juga aksi.

Hiro Mashima adalah sosok dibalik seri manga tersebut. Dan harus diakui bahwa serinya memang sangat luar biasa. Entah apakah Mashima memang sama-sama terinspirasi dari Akira Toriyama seperti Oda Sensei, tapi jika ada orang yang bisa “menirukan” gambar Oda Sensei untuk seri One Piece maka Mashima adalah orangnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.