Stranger Things memang memiliki beberapa easter eggs dan detail yang masih tersembunyi. Karena banyak yang belum terungkap, maka banyak spekulasi atau teori yang mulai bermunculan. Salah satu teori yang muncul berpusat pada sosok Joyce Byers, ibu dari Will Byers, yang pada musim pertama dimangsa oleh monster di Hawkins. Dengan segenap kegigihannya dalam mencari anaknya, Joyce Byers berhasil menyelamatkan anaknya dan ia juga mengungkap banyak misteri yang terjadi di Hawkins. Tetapi sekarang, ada teori yang menyebutkan bahwa Joyce mungkin memiliki sisi gelap.

Menurut teori tersebut, Joyce sebenarnya adalah seorang pembunuh anak-anak. Di musim kedua, di episode 2, seorang bocah laki-laki (diperankan oleh Danny Boyd Jr.) terlihat mengunakan kostum koboi, membawa ember Halloween, Topi, dan memegang pistol palsu. Dia kemudian bercanda dan berpura-pura menembak Hopper sebelum pergi. Namun, topi dan ember yang digunakan oleh anak tersebut muncul kembali di musim ketiga, tepatnya di episode pertama di toko Joyce.

Hal itu memuat banyak orang berspekulasi bahwa Joyce mungkin benar-benar telah membunuh anak itu, mengambil topi dan ember Halloween anak kecil tersebut sebagai pialanya. Orang-orang juga berspekulasi bahwa Joyce sengaja menampilkan barang-barang milik bocah tersebut untuk menghindari kecurigaan dari orang-orang. Namun teori tersebut tidak memiliki bukti pendukung lainnya. Satu-satunya bukti lain berasal dari karakterisasi Joyce yang agak aneh.

Selama serialnya berlangsung, Joyce membuktikan bahwa dirinya merupakan sosok yang tertekan. Joyce selalu berada di bawah tekanan besar untuk menyelamatkan putranya dari monster Hawkins. Mungkin tekanan besar itulah yang memicunya menjadi stres dan hingga pada akhirnya ia menjadi psikopat. Selain itu, tidak ada bukti lain yang menguatkan bahwa Joyce adalah pembunuh berdarah dingin.

Tetapi, teori itu juga dibantahkan dengan kembalinya bocah laki-laki tersebut di akhir musim ketiga dalam keadaan hidup dan sehat. Kemunculannya kembali dalam serial Stranger Things membuktikan bahwa teori itu dapat terbantahkan. Itu berarti Duffer Brothers memang tidak sengaja untuk memasukan benda-benda tersebut, sehingga pada akhirnya benda-benda tersebut terlihat di awal musim ketiga. Jadi dapat dipastikan jika villain yang muncul di musim keempat bukanlah Joyce Byers.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/