Dengan adanya rencana menghadirkan konsep multiverse dalam film Spider-Man 3, hal ini membuka kesempatan bagi karakter klasik Marvel yang juga musuh dari Spider-Man, Hobgoblin, untuk bisa muncul di MCU. Dan Ned Leeds bisa menjadi kandidat yang sempurna untuk menjadi sosok dibalik topeng dari villain tersebut. Dalam franchise Spider-Man, Ned adalah teman baik dari Peter Parker.

Ned, yang sudah mengetahui identitas rahasia Peter Parker sejak film Spider-Man: Homecoming, adalah sosok yang mampu menyimpan rahasia, dan sosok yang bisa dipercaya di Marvel Cinematic Universe. Ned Leeds sendiri sejauh ini sudah muncul di empat film MCU. Sebenarnya, dalam cerita komik Marvel Ned adalah fans dari sosok Hobgoblin, musuh klasik Spider-Man.

Ned juga adalah sosok karakter pendukung kunci dalam cerita Spider-Man. Ned bekerja juga di Daily Planet sebagai seorang jurnalis, di bawah kepemimpinan J. Jonah Jameson. Ned sendri adalah suami dari mantan kekasih Peter di masa sekolah dulu, Betty Brant. Ned benar-benar menjadi sosok yang sangat dipercaya oleh Peter. Kepercayaan itu kemudian hancur setelah Peter Parker mengetahui rahasia sebenarnya bahwa Hobgoblin adalah Ned.

Namun, kemudian fakta sebenarnya muncul, dimana Ned menjadi Hobgoblin sebenarnya adalah karena dia dicuci otak oleh Hobgoblin yang sebenarnya, Roderick Kingsley. Dan sayangnya, Ned harus tewas sebelum nama baiknya dipulihkan, yang mana hal ini membuat Peter Parker merasa bersalah dan terus terbebani oleh kesalahan tersebut untuk waktu yang lama. MCU sendiri sejauh ini belum pernah menghadirkan sosok Hobgoblin dalam cerita Spidey, dan MCU memiliki cara untuk menghadirkan sosok tersebut – dan Ned menjadi sosok dibalik topengnya.

Jacob Batalon Terlihat Berbeda di Spider-Man 3

Jacob Batalon dikonfirmasi akan kembali di film ketiga Spider-Man. Yang paling mengejutkan adalah kabar bahwa Jacob sudah kehilangan sebagian besar berat tubuhnya, yang artinya Jacob akan terlihat lebih kurus di film ketiga ini. Namun, tentunya, menghilangkan berat badan bisa jadi sebenarnya adalah pilihan pribadi dari Jacob sendiri dan bukan permintaan pembuat film.

Meskipun begitu banyak para fans meyakini bahwa hal ini menjadi petunjuk bahwa Jacob akan memiliki peran berbeda di filmnya. Jika kabar ini benar, maka kabar tersebut memunculkan sebuah pertanyaan tentang apa yang membedakan perannya dari dua film sebelumnya. Sebelumnya, berat badan tidak menjadi faktor berpengaruh bagi Jacob dan Ned. Namun, bisa jadi ada sebuah peran yang mengharuskan Jacob untuk menurunkan berat badannya. Dan yang paling masuk akal adalah Ned akan memiliki peran penting di cerita tersebut.

Jacob Ingin Ned Menjadi Hobgoblin Seperti di Komik

Satu fakta menarik tentang Jacob dan perannya sebagai Ned adalah dia sangat ingin karakternya bisa berubah menjadi sosok Hobgoblin seperti di komik. Hal ini dia sampaikan pada 2019 kemarin, dimana dia menyebutkan bahwa dia tertarik untuk membawa sosok karakter Ned bisa sesuai dengan apa yang digambarkan di komik, khususnya bagian ketika Ned berubah menjadi Hobgoblin. Selain mengungkapkan keinginannya untuk menjadi Hobgoblin, Jacob juga berbicara mengenai ketertarikannya untuk menjadi bagian dari Sinister Six.

Ned Versi MCU Tidak Bisa Menjadi Hobgoblin

Kabar buruk untuk Geeks semua, meskipun Jacob sendiri sangat ingin karakternya berubah menjadi sosok Hobgoblin tapi sayangnya dari apa yang sudah digambarkan oleh sosok Ned sejauh ini tidak ada set-up cerita yang mendukung keinginan Ned tersebut. Jika sosok yang sangat baik dan loyal seperti yang ditunjukan oleh Ned versi MCU tiba-tiba berubah menjadi sosok jahat, maka rasanya semuanya akan tidak masuk akal.

Dan perlu menjadi catatan juga, seperti yang dijelaskan di atas, bahwa Hobgoblin Ned sebenarnya bukanlah sosok villain yang sebenarnya. Hanya saja dia dipengaruhi oleh Hobgoblin asli. Secara teori, memang bisa saja hal tersebut dilakukan di MCU. Namun, ada beberapa hal yang tidak akan berjalan baik jika kemudian Marvel Studios memang tetap memaksakan Ned menjadi Hobgoblin.

Pertama, menjadi Hobgoblin akan merusak dinamisme cerita dan karakter dari Ned yang sudah dibangun sejauh ini, khususnya bersama Peter. Lagipula, tujuan sebenarnya dari kemunculan Ned Leeds di MCU, selain untuk menjadi rekan bagi Peter, adalah untuk menghadirkan nuansa komedi dan momen-momen ringan yang terjadi di cerita. Akan menjadi sangat aneh jika kemudian Ned, tanpa ada ancang-ancang apapun, tiba-tiba berubah menjadi ganas dan mengerikan.

Hobgoblin Berasal Dari Universe Lain

Ned Leeds yang kita kenal selama ini di MCU bisa dipastikan aman dari peristiwa tragis yang dia alami di komiknya. Tapi, jika kemudian MCU masih ingin menghadirkan sosok Hobgoblin ada cara lain yang bisa dilakukan. Kemarin, kita mengetahui kabar bahwa Electro akan “kembali” muncul , yang mana Electro berasal dari universe lain dari cerita Spider-Man versi MCU.

Itu artinya, Peter bisa saja bertemu atau berhadapan dengan orang-orang “berbeda” meskipun dia mengenali sosok tersebut. Jika hal ini terjadi, Peter – dan Doctor Strange – bisa jadi akan bertemu dengan Ned Leeds yang berasal dari realita lainnya dan memiliki kisah yang berbeda. Dalam realita tersebut, Ned digambarkan berbeda jauh dengan versi universe utama. Ned versi realita lainnya sangat jahat, dan dia ingin membalas dendam atas kekalahan para villain lainnya.

Atau altrnatif lainnya adalah ada sebuah timeline dimana Peter bertemu dengan sosok Ned Leeds yang sesuai dengan versi buku komik. Karakter ini bisa mengikuti alur di komiknya – dengan penyesuaian bahwa bukan Hobgoblin yang asli yang mencuci otak Ned melainkan villain lainnya. Dan jika memang ini yang akan dipilih oleh Marvel, artinya mereka membutuhkan villain kedua, yang mana bisa jadi adalah Electro.

Terlepas dari skenario yang mana yang akan digunakan dalam cerita, yang pasti jika hal ini terjadi, maka dia memanfaatkan hubungan pertemanan yang terjadi selama ini untuk menghancurkan Peter. Hal ini tentunya akan menjadi sebuah twist yang tidak diduga oleh banyak orang. Kita nantikan saja ya Geeks, apakah Hobgoblin akan muncul dalam film Spider-Man 3.