Johnny Depp diketahui sudah tidak lagi menjadi bagian dari franchise Fantastic Beast, terhitung mulai film Fantastic Beasts 3 nanti. Depp sendiri berperan sebagai Gellert Grindewald, penjahat terbesar dalam dunia sihir, selain Voldemort. Sudah dua film Grindewald muncul di franchise ini, namun baru di film kedua dia baru benar-benar memiliki peran yang penting.

Tidak diragukan lagi, aura bintang Depp dan bagaimana karakter Grindewald yang sangat penting memiliki pengaruh besar terhadap ceritanya. Kabar terbaru mengenai Depp yang mundur dari franchise ini benar-benar membuat para fans terkejut. Masalah rumah tangga dengan Amber Heard menjadi penyebab utama kepergian Depp. Dengan absennya Depp sebagai Grindewald, sebagian fans pastinya bertanya bagaimana WB menjelaskan kepergian Grindewald. Dan ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan Fantastic Beasts 3 untuk menjelaskan menghilangnya Grindewarld.

Melakukan Casting Ulang Grindewald

Ketika Warner Bros. memutuskan untuk mendepak Depp, hal yang kemudian pertama kali muncul adalah melakukan proses casting ulang untuk karakternya. Grindewald memiliki pengaruh yang sangat besar dan sudah sangat terkoneksi dengan ceritanya. Sehingga rasanya tidak mungkin untuk begitu saja menghilangkan karakter Grindewald.

Di akhir film The Crimes of Grindewald, kita melihat dia berteman dengan Credence Barebone dan juga meyakinkan Queenie Goldstein untuk bergabung dengannya. Grindewald mengatakan pada Credence bahwa nama aslinya adalah Aurelius Dumbledore, yang artinya Credence adalah adik termuda Albus yang selama ini menghilang.

Peran penting dari Grindewald baru saja dimulai, meskipun dalam dunia sihir nama Grindewald sudah sejak lama dikenal. Grindewald adalah orang yang menjadi pemicu perang sihir, dan dia juga yang kemudian menjadi pemicu pertarungan melawan Albus Dumbledore pada 1945. Karena ada banyak sekali cerita yang tidak bisa diganti dan juga sangat dibutuhkan dalam cerita Fantastic Beasts kedepannya, tidak ada pilihan lain selain mencari pengganti Depp.

Meskipun kemudian tim produksi mampu dengan cepat mengubah cerita (yang mana proses ini akan sulit dilakukan karena proses produksi sudah dimulai), sang penyihir hitam tersebut masih sangat dibutuhkan perannya dalam film selanjutnya. Sehingga mustahil bagi franchisenya untuk bisa berlanjut tanpa kehadiran dari Grindewald, tapi masih bisa berlanjut tanpa kehadiran Depp.

Sebenarnya, melakukan proses casting ulang karakter bukan hal aneh dan baru di industri film Hollywood, khususnya film Harry Potter. Michael Harris sempat berperan sebagai Albus Dumbledore dalam film orisinal Harry Potter, dan setelah dua film karakternya kemudian diganti oleh Michael Gambon.

Perlu Ada Penjelasan Kepergian Johnny Depp

Terkadang sebuah film blockbuster bisa dengan mudah mengganti pemeran dari suatu karakter tanpa perlu penjelasan, kara para penonton mungkin tidak akan terlalu melihat perbedaanya. Contohnya adalah Iron man 2 yang mengganti pemeran Rhodey tanpa penjelasan. Harry Potter sendiri pernah melakukan ini, ketika karakter Albus Dumbledore diganti.

Fantastic Beasts 3 memang bisa saja melakukan hal yang sama dengan kedua film tersebut. Tapi, dengan aura bintang seorang Johnny Depp, rasanya tidak mungkin para penonton tidak menyadari adanya perubahan actor yang memerankan karakternya. Dan ini tentunya bisa memunculkan pertanyaan bagi para penonton, tentang kemana perginya sosok Depp. Maka dari itu, film Fantastic Beast 3 perlu menjelaskan kemana Depp pergi.

Sihir Bisa Menjadi Jalan Keluar

Untungnya, Depp berperan di film yang memiliki nuansa sihir yang sangat kental. Artinya filmnya bisa menjelaskan kepergian Depp dengan menghadirkan elemen sihir di dalamnya – dan juga menjelaskan penampilan baru dari Grindewald. Universe Harry Potter sendiri sudah menjelaskan adanya sebuah ramuan yang bisa membuat orang untuk berubah wujud menjadi sosok lainnya, yaitu Polyjuice.

Polyjuice adalah sebuah ramuan yang paling sulit untuk dibuat dan hanya mereka, para penyihir yang memiliki kemampuan di atas rata-rata, yang bisa menciptakannya. Grindewald bisa masuk dan cocok terhadap deskripsi tersebut, yang artinya Fantastic Beasts 3 bisa mengungkapkan bahwa dia menggunakan ramuan Polyjuice untuk merubah penampilannya.

Grindewald juga bisa kembali menggunakan mantra perubahan yang dia gunakan di film pertama, ketika menyamar menjadi salah satu petinggi Kementrian Sihir, Percival Graves. Teknik ini hanya diajarkan di Hogwarts, dan karena Newt Scamander sudah mengetahui bagaimana caranya untuk bisa menghentikan atau membalikan teknik tersebut, maka kemungkinan besar Grindewald tidak akan menggunakan teknik tersebut lagi.

Intinya, tidak peduli apa metode yang digunakan, Grindewald memiliki jalan untuk menjelaskan mengapa penampilannya berbeda. Hal ini menjadi salah satu jalan termudah bagi aktor baru nanti memerankan karakternya sebagai Grindewald. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan dari kabar ini.