The Powerpuff Girls adalah salah satu kartun aksi terbesar yang ditayangkan di Cartoon Network. Meskipun memiliki referensi ke video game, buku komik, dan pop culture secara umum, tetapi ada satu adegan dalam The Powerpuff Girls yang sepertinya memiliki referensi ke franchise milik Akira Toriyama, yaitu Dragon Ball. Di musim kedua dalam episode berjudul Stuck Up, Up, and Away, tim Powerpuff Girls diperkenalkan dengan murid baru bernama Princess Morebucks.

Gadis muda tersebut adalah penggemar berat Powerpuff Girls yang mencoba menggunakan uang tabungannya untuk menjadi pahlawan seperti Powerpuff Girls. Ketika Powerpuff Girls memintanya pergi, Princess Morebucks malah memutuskan menggunakan uangnya untuk menjadi villain dengan teknologi yang cukup maju, sehingga memberikannya kekuatan super dalam waktu singkat.

Dengan menggunakan kostum super mahal untuk mengalahkan Bubbles dan Buttercup, Morebucks kemudian mencoba untuk meledakkan Blossom dengan laser. Namun Blossom dapat mengelak laser tersebut dengan cara yang sama seperti yang dilakukan Trunks dari masa depan dalam franchise Dragon Ball Z. Blossom hanya mengeser kepalanya sedikit sambil tetap fokus pada lawan di depannya. Hal tersebut seolah membuktikan bahwa Powerpuff Girls juga terinpirasi dari Dragon Ball.

Di seri Dragon Ball Z, Trunks melakukan gaya tersebut setelah peristiwa arc Android, di mana ia kembali ke masa lalu untuk menghancurkan Android untuk selamanya. Trunks berjuang keras dengan cara yang hampir sama dengan Bloosom. Itu adalah salah satu momen yang paling diingat oleh para fans Dragon Ball. Seri The Powerpuff Girls memang penuh dengan referensi semacam ini.

Sebentar lagi, Powerpuff Girls juga akan mendapatkan serial live action, karena The CW akan segera membuat serial tersebut. Serialnya akan menceritakan gadis-gadis berusia 20 tahunan berkekuatan super. Mereka diceritakan “pensiun dini” sebagai superhero, dan merasa kecewa karena telah kehilangan masa kecil yang indah dengan menjadi superhero. Namun kejahatan di Bumi semakin memburuk tanpa kehadiran mereka, dan mereka mengesampingkan ego dan bersatu kembali demi melindungi dunia dari kejahatan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/