Perang Wano masih terus terjadi dalam manga One Piece. Para anggota Topi Jerami dan aliansinya masih mencoba untuk mengalahkan Kaido dan bajak laut Beasts untuk selamanya. Di saat perang terjadi, Topi Jerami bertemu Yamato yang tak lain adalah anak Kaido. Yang menarik, Yamato sangat mengidolakan Oden, dan sekarang ia sangat ingin menyelamatkan keturunan Oden, Momonosuke. Momonosuke sendiri saat ini berada dalam bahaya, dan inilah waktu yang tepat bagi Yamato untuk menyelamatkannya.

Yamato tidak hanya menentang keinginan Kaido, tetapi ia juga mengambil nilai-nilai baik dalam diri Kozuki Oden, sang idolanya. Yamato ingin membebaskan Momonosuke dari tangan bajak laut Beasts. Jika Yamato berhasil membebaskan Momonosuke, berarti Momonosuke akan menjadi saksi bagaimana Yamato berhasil mengambil nilai-nilai baik dalam diri Kozuki Oden, dan itulah yang Yamato inginkan. Selain itu, Yamato juga ingin menyelamatkan keturunan garis keturunan Oden.

“Kata-katamu membuat saya berlinang air mata! Kehidupan Kozuki Oden membuat saya berlinang air mata! Momonosuke! Pada hari yang mengerikan itu, saya berlari ke Kuri untuk menyelamatkan hidup Anda! Tapi maaf, yang bisa saya lakukan hanyalah menonton saat Kaido menggantungmu di tepian! Saat itu, aku tidak memiliki kekuatan. Aku menggunakan nama ayahmu sebelumnya, tetapi nama lainku adalah Yamato dan aku akan mati untukmu!” Itulah yang diungkapkan oleh Yamato dalam perang di Wano.

Banyak penggemar yang memperdebatkan apakah Yamato pada akhirnya bergabung dengan Topi Jerami atau tidak, tetapi sepertinya Yamato hanya akan membantu Topi Jerami dalam perang ini, dan setelahnya ia memiliki jalannya sendiri. Tujuan Yamato sebenarnya adalah membuka perbatasan Wano dan bukan bergabung dengan Topi Jerami. Bukankah selama ini membuka perbatasan Wano adalah impian terbesar dari Kozuki Oden? Ini jugalah yang menjadi tujuan dari Momonosuke dan Red Scabbards.

Yamato mungkin pada akhirnya memang akan berlayar ke lautan, bisa jadi kembali bertemu Luffy di suatu tempat dan membantu petualangannya. Tapi, untuk jangka waktu dekat ini sudah menjadi “tugas” dari Yamato untuk tinggal di Wano dan membangun kembali wilayah tersebut, serta membantu melindungi Momonosuke sebagai keturunan terakhir Kozuki, sebagai pengganti Red Scabbards.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/