Superman adalah salah satu karakter terkuat di DC Universe. Superman bukanlah manusia biasa karena sebenarnya ia adalah alien yang mendapatkan kekuatannya dari sinar matahari. Itu berarti hidup Superman bergantung pada sinar matahari. Jebak Superman dalam kegelapan, maka ia akan melemah dan akhirnya mati. Mandikan Superman dengan sinar matahari, maka ia akan menjadi sangat kuat. Itulah sumber kelemahan terbesar Superman, selain karena Kryptonite.

Lantas apakah Superman membutuhkan tidur untuk mengumpulkan kekuatan, layaknya manusia biasa? Dalam komik JLA #22, terungkap bahwa Superman pernah tidur. Bahkan Superman tertidur saat ia masih memiliki kekuatan penuh dalam tubuhnya. Selain itu dalam komik Sandman #71, Superman pernah membahas mimpi yang pernah ia mimpikan di masa lalu. Itu membuktikan bahwa Superman membutuhkan tidur, walau ia mengumpulkan kekuatan dari sinar matahari.

Bahkan dalam komik, Superman mengungkapkan bahwa ia cukup sering mengalami mimpi, yang berarti Superman cukup sering tidur. Lantas banyak yang bertanya mengapa Superman membutuhkan tidur, padahal ia mendapatkan sumber energi dari matahari? Selama ratusan tahun bangsa Krypton hidup, mungkin mereka telah berevolusi hingga pada akhirnya mereka membutuhkan tidur. Lantas apa fungsi tidur bagi Superman?

Nah dalam komik Superman #9 yang rilis tahun 2020 ini, terungkap bahwa sebenarnya Superman tidak membutuhkan tidur sama sekali. Tetapi mereka tetap melakukan hal tersebut. Superman sempat berbicara, “Saya lupa (tidur). Jika saya tinggal di Krypton, saya akan tidur… Matahari telah memberi kami kekuatan di sini, jadi saya tidak perlu tidur, meskipun jelas saya tetap melakukan tidur.”

Ini menjadi hal yang menarik, di mana Superman tidak harus tidur untuk mengisi kekuatan dalam dirinya, tetapi ia tidur untuk menjernihkan pikiran dan memungkinkannya untuk fokus. Hal itu didukung oleh kata-kata Superman di komik Superman # 365 tahun 1981, di mana Superman pernah berkata, “Saya berjanji pada Kara bahwa saya akan mampir ke New York untuk bertemu. Benar, dia (Kara) dan aku tidak perlu tidur sebanyak manusia biasa, tapi setelah lima hari tanpa tidur, bahkan seorang Kryptonian bisa menjadi sedikit gila.”

Jadi sederhananya, Superman memang mendapatkan kekuatan dari sinar matahari. Tetapi Superman juga membutuhkan tidur untuk membuat pikirannya tetap sehat secara mental. Meskipun itu terdengar seperti masalah yang sepele, tetapi hal itu terbukti berbahaya. Dalam komik, Supergirl pernah kekurangan tidur, dan ia berusaha untuk membunuh Superman walaupun hubungan mereka sangat dekat.

Avatar
Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.