Setelah sempat tertunda akibat adanya pandemic COVID-19 dan juga permasalahan lainnya, seperti Robert Pattinson yang positif Corona, akhirnya proses produksi film The Batman kembali dilanjutkan. Dan seperti biasa, berbagai bocoran pun beredar di internet yang berkaitan dengan proses produksi filmnya. Diantara sekian banyak bocoran yang beredar, terdapat gambar dari para pemain tambahan yang mengenakan kostum Superman dan Wonder Woman.

Hal tersebut menunjukan bahwa para karakter DC lainnya memang ada di alternatif universe tersebut. Teori kemudian bermunculan terkait hal tersebut, dimana para fans meyakini bahwa kemunculan Wonder Woman dan Superman tersebut hanya untuk sebuah adegan pesta kostum saat Halloween terjadi di alur cerita filmnya.

Apakah Wonder Woman dan Superman memang benar-benar ada di universe tersebut, atau mereka dianggap sebagai tokoh fiksi masih harus kita nantikan. Selain kostum Superman dan Wonder Woman, easter egg lainnya yang juga diperkirakan ada di universe The Batman adalah The Flash. Dalam sebuah postingan yang diunggah oleh salah satu presenter dari Fox 32, Jake Hamilton, memperlihatkan sebuah poster yang sudah hancur menempel di tembok.

Dalam poster tersebut terdapat tulisan “Gothcorp” dan juga lambang petir yang merupakan ciri khas dari The Flash. Gothcorp sendiri sebenarnya adalah perusahaan yang dimiliki oleh Dr. Freeze, dan pertama kali diperlihatkan dalam seri Batman: The Animated Series. Artinya film The Batman kemungkinan akan menghadirkan sosok Mr. Freeze atau menghadirkan cerita origin dari sang villain.

Yang menarik dari poster tersebut juga adalah insignia atau simbol petir milik The Flash. Jika diperhatikan, simbol petir tersebut bukanlah simbol petir yang dimiliki oleh Barry Allen melainkan Wally West yang diperlihatkan dalam berbagai desain kostumnya. Wally West memiliki ciri khas di simbol petirnya tersebut, yaitu hanya memiliki satu petir saja. Sedangkan simbol petir Barry sedikit lebih tebal dari desain milik Wally.

Perbedaan detail ini memang sengaja dilakukan untuk memberikan perbedaan antara satu The Flash dengan sosok Flash lainnya. Di DCEU sendiri, sosok Flash diperankan oleh Ezra Miller yang berperan sebagai Barry Allen. Dan di DCEU sendiri, Barry masih dalam tahap awal menjadi seorang The Flash. Jika kemudian memang ada sosok pahlawan lainnya yang eksis di universe The Batman, maka akan menjadi sebuah ide yang sangat bagus jika memang sosok The Flash di universe The Batman adalah Wally West.

Wally WestHal ini memberikan kesempatan bagi DC Film dan Warner Bros untuk mengeksplor dan menghadirkan sosok Flash lainnya, tidak melulu Barry Allen. Tapi, kembali, mungkin sosok pahlawan seperti Wonder Woman, Superman, dan The Flash, hanyalah karakter fiksi di dunia tersebut. Hanya Batman yang memang sosok pahlawan yang “nyata” dan tidak ada yang lain.

Menarik untuk kita saksikan bagaimana dan apa rencana yang disiapkan oleh Reeves untuk menghadirkan cerita mitologi DC lainnya ke franchise Batman. Jika kemudian The Batman memang akan menghadirkan versi Justice Leaguenya sendiri, bukan tidak mungkin jika para pahlawan ini akan melakukan crossover epik. Akan sangat menarik ketika kita melihat Wally West dan Barry Allen berada di satu cerita yang sama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.