Klan Otsutsuki adalah musuh utama dalam cerita Boruto: Naruto Next Generations. Ada banyak anggota Otsutsuki paling terkenal, tetapi Isshiki dianggap sebagai salah satu karakter paling kuat dalam klan Otsutsuki, dibandingkan dengan Kaguya Otsutsuki. Padahal Kaguya merupakan musuh paling kuat yang pernah Naruto hadapi di perang besar ninja keempat. Naruto dan ratusan ninja yang terlibat dalam perang tersebut bahkan kesulitan melawan Kaguya yang seorang diri.

Hal itu membuktikan bahwa Kaguya merupakan Otsutsuki terkuat. Namun setelah kemunculan Isshiki dalam seri Boruto: Naruto Next Generations, peta kekuatan di seri Naruto dan Boruto mulai berubah. Isshiki muncul sebagai villain yang sangat superior. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa Isshiki Otsutsuki jauh lebih kuat dari Kaguya. Pertama Isshiki mampu melawan Naruto Uzumaki dan Sasuke Uchiha dalam pertempuran. Meskipun kekuatan Isshiki terkena “nerf” karena berada di tubuh Jigen, tetapi Isshiki mampu menahan mereka seorang diri. Isshiki benar-benar membuat Naruto dan Sasuke kewalahan tanpa banyak masalah.

Dulu, walaupun untuk mengalahkan Kaguya, Naruto dan Sasuke membutuhkan aliansi besar, namun yang harus dicatat bahwa kemampuan Naruto dan Sasuke masih belum sehebat sekarang. Sekarang Naruto dan Sasuke memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dari saat perang besar ninja keempat terjadi. Itu membuktikan bahwa Isshiki melawan Naruto dan Sasuke yang jauh lebih kuat dari yang pernah dihadapi Kaguya sebelumnya.

Kaguya sendiri pernah bermitra dengan Isshiki saat pertama kali datang ke Bumi. Keduanya berencana untuk memanen buah chakra di Bumi, sama seperti yang mereka lakukan di planet lainnya. Namun suatu ketika, Kaguya mengkhianati Isshiki. Setelah menyerang Isshiki hingga hampir mati, Kaguya meninggalkannya. Memang, itu membuktikan bahwa Kaguya dapat mengalahkan Isshiki, namun itu bukan berarti Kaguya lebih kuat dari Isshiki. Yang harus dicatat bahwa Kaguya menyerang Isshiki secara tiba-tiba, dan Isshiki tidak mempersiapkan diri untuk hal tersebut. Jika Isshiki mempersiapkan diri, tentunya ia akan menjadi lawan yang sepadan atau lebih kuat.

Isshiki juga memiliki teknik yang tidak dimiliki oleh Kaguya. Teknik tersebut adalah Jutsu Ocular yang dikenal sebagai Sukunohikona. Dengan kekuatan tersebut, Isshiki mampu mengecilkan benda apapun ke ukuran yang sangat kecil. Hal itu dapat ia lakukan secara instan. Berkat teknik tersebut, Isshiki mampu menghindari bahaya, karena setiap benda yang mendekatinya akan menjadi kecil. Itu berarti apapun serangan yang diberikan oleh Kaguya akan dapat dikecilkan dengan mudah oleh Isshiki.

Selain teknik untuk mengecilkan objek, Isshiki juga memiliki satu teknik lagi yang sangat berbahaya. Teknik tersebut memungkinkan Isshiki untuk dapat menyimpan apapun di dimensi lain. Dalam dimensi tersebut, waktu tidak berlaku. Apapun yang ia simpan di dimensi lain tersebut, maka akan langsung dapat dipanggil jika diperlukan. Hal itu pernah diperlihatkan saat Isshiki bertarung melawan Koji. Isshiki berhasil menghancurkan Koji dengan sebuah struktur raksasa dalam sekejap yang dipanggil dari dimensi lain.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/