Meskipun menjadi salah satu kekuatan terkuat dari Goku, nyatanya kemampuan Super Saiyan 3 sangat jarang digunakan oleh Goku dalam seri Dragon Ball Super karena ada banyak “masalah” yang muncul ketika menggunakannya. Tapi, ada cara yang cukup ampuh bagi Goku untuk bisa menggunakan Super Saiyan 3 lebih sering di masa depan.

Super Saiyan 3 sendiri pertama kali ditemukan oleh Goku saat Buu Saga dalam cerita Dragon Ball Z. Dan dengan menggunakan kemampuan atau teknik yang sangat luar biasa tersebut, Goku terbukti mampu mengalahkan Majin Buu. Sayangnya, meskipun kekuatan ini sangat efektif ada masalah yang ditimbulkan ketika dia menggunakan teknik ini. Karena itulah Goku jarang menggunakan Super Saiyan 3.

Permasalahan dari penggunaan Super Saiyan 3 muncul saat Goku bertarung melawan Kid Buu. Diketahui, form Super Saiyan 3 sangat menguras energi dan stamina dari Goku. Karena hal inilah Goku tidak bisa berlama-lama ketika menggunakan form Super Saiyan 3. Setelah jarang digunakan, Goku kembali menggunakan teknik ini dalam seri Dragon Ball Super, ketika dia bertarung melawan Beerus untuk yang pertama kalinya di planet King Kai.

Sayangnya, meskipun Goku menggunakan teknik yang pernah menghancurkan Buu, teknik ini tidak mempan ketika menghadapi Beerus. Goku sempat mempelajari Super Saiyan Blue, ketika dia mengetahui hal ini dari sosok Golden Frieza. Dan Super Saiyan Blue menjadi form selanjutnya yang dimiliki oleh Goku, ketika menghadapi musuh yang jauh lebih kuat.

Goku shows Caulifla Super Saiyan 3 - Dragon Ball Super Episode 113 - YouTubeMeskipun begitu, dalam Tournament of Power, Goku kembali menggunakan Super Saiyan 3 untuk menunjukan pada Caulifla dan Kale dari Universe 6 bahwa masih ada kemampuan yang jauh lebih hebat, yang harus mereka capai. Bisa dipahami mengapa Goku tidak sering menggunakan form Super Saiyan tiga dan Vegeta sendiri tidak pernah mau mempelajari form tersebut. Selain lebih banyak menguras energinya, Super Saiyan 3 juga tidak lebih kuat dari Super Saiyan Blue.

Namun, salah seorang fans di situs Reddit menemukakan sebuah metode yang bisa membuat Super Saiyan 3 menjadi senjata yang efektif. Untuk menghindari terkurasnya energi saat menggunakan teknik ini, Goku bisa menggunakan form ini dalam jangka waktu yang singkat. Tidak digunakan dalam waktu lama. Intinya ada permainan waktu ketika menggunakan teknik ini.

Ketika Goku sedang menggunakan Super Saiyan atau Super Saiyan 2, saat ada peluang muncul, Goku harus segera berubah ke form Super Saiyan 3 dan melepaskan serangan yang sangat dahsyat dan mematikan. Setelah melakukan hal itu, Goku bisa segera kembali ke form Super Saiyan 2 atau Super Saiyan. Dengan begitu, energi yang dikeluarkan Goku bisa lebih efektif.

Sebagian fans mungkin bertanya, mengapa Goku harus menggunakan form Super Saiyan lamanya jika dia memiliki form Super Saiyan yang jauh lebih kuat, seperti Super Saiyan Blue. Tournament of Power memberikan jawaban bagi hal tersebut, dimana terkadang form “jadul” seperti Super Saiyan  sampai Super Saiyan 3 masih sangat dibutuhkan dan berguna.

Mengingat ada banyak sekali peserta yang sangat kuat di turnamen tersebut, Goku harus pintar-pintar mengatur pengeluaran energi dan staminanya.  Menggunakan Super Saiyan 3 memang tidak akan efektif jika digunakan untuk menghadapi Jiren atau Top. Tapi, bukan hal yang mustahil jika di masa depan nanti ada situasi yang sama dengan Tournament of Power, dimana Super Saiyan Blue disimpan di akhir pertarungan ketika ada musuh yang jauh lebih kuat muncul. Super Saiyan 3 bisa Goku gunakan untuk menghadapi para anak buah atau yang levelnya di bawah Goku.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.