Ketika berbicara tentang manga, tentunya One Piece menjadi salah satu yang terbesar. Seri One Piece telah menjadi raksasa dalam industri manga selama lebih dari dua puluh tahun, dan itu berkat tangan dingin Eiichiro Oda. Tapi ada yang menarik dengan sepak terjang Oda. Dalam sebuah wawancara, kini penggemar mengetahui bahwa Oda hampir bekerja dengan kreator manga lain.

Dahulu, Oda pernah melakukan pembicaraan dengan Takehikoo Inoeu, yang merupakan kreator Slam Dunk. Di sanalah Oda mengatakan bahwa ia hampir bekerja untuk Inoue. Untungnya Oda tidak jadi bekerja dengan Takehikoo Inoeu, sehingga Oda dapat fokus untuk mengerjakan seri One Piece. “Jika saya diterima di studio Inoeu, kemungkinan besar itu akan benar-benar mengubah takdir saya. Dalam banyak hal, itu mungkin merupakan titik balik bagi saya.” Ungkap Oda.

Seperti yang bisa dibayangkan, banyak penggemar yang bersyukur karena Oda tetap menjalankan rencana aslinya untuk membuat seri One Piece, dan bukan malah membantu Takehikoo Inoeu dalam membuat seri Slam Dunk. Mungkin jika bekerja dengan Inoeu, Oda masih bisa membuat seri One Piece, tetapi mungkin hasilnya tidaklah maksimal dan jauh dari harapan penggemar.

Walaupun Oda merupakan kreator One Piece yang terkenal, tetapi ternyata Oda juga pernah mengerjakan beberapa proyek manga lain. Sebelum One Piece, Oda sudah mulai membuat manganya sendiri sejak tahun 1992, meskipun mungkin jarang ada orang yang mengetahui karya-karyanya. Manga lainnya yang Eiichiro oda pernah kerjakan antara lain adalah Wanted, God’s Gift For The Future, Ikki Yakoo (Night Parade of One Demon), Monsters, dan Romance Dawn. Semua manga tersebut memang memiliki cerita uniknya masing-masing yang menjadi daya tarik.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/