Evolusi dalam cerita Pokemon atau Digimon merupakan salah satu elemen yang menarik dari seri tersebut. Inilah salah satu hal yang membuat keduanya menarik. Namun, meskipun evolusi menjadi hal yang ada di kedua seri tersebut nyatanya ada perbedaan yang cukup signifikan dari hasil akhir evolusi tersebut. Evolusi yang dilakukan dalam seri Pokemon biasanya sangat to the point, dimana sang monster berevolusi menjadi lebih besar atau memiliki bentuk yang lebih menarik.

Di sisa lain, evolusi yang dilakukan oleh seri Digimon cukup kompleks. Masing-masing Digimon yang tidak berada di level atas mampu untuk melakukan digivolving menjadi beberapa form. Meskipun evolusi para Digimon terlihat sangat menarik, namun tidak jarang juga evolusi mereka sangat nyeleneh. Berikut adalah berbagai evolusi Digimon paling nyeleneh.

Sukamon Menjadi Etemon

Sukamon adalah sebuah Digimon yang memiliki bentuk seperti krim di atas kue, hanya saja warnanya emas dan bukan putih layaknya krim. Sukamon juga memiliki gigi persegi yang sangat besar, lidah berwarna merah yang sangat panjang, dan dua lengan kecil. Saat menyerang Mimi dan Palmon, Sukamon akan melemparkan bentuk miniatur dari dirinya.

Bisa dibilang Sukamon adalah salah satu Digimon dengan desain karakter yang buruk. Namun, yang mengejutkan adalah ketika Sukamon berevolusi, dia kemudian berubah menjadi Etemon. Dalam cerita Digimon Adventure, Etemon merupakan Digimon yang memiliki bentuk tubuh seperti monyet dan memiliki penampilan sangat modis. Tidak ada yang menyangka bahwa dari monster berbentuk krim bisa berubah menjadi seekor monyet.

Gatomon Menjadi Angewomon

Gatomon merupakan salah satu Digimon yang memiliki desain karakter menarik. Gatomon merupakan partner dari Kari Kamiya. Gatomon memang memiliki ukuran tubuh yang mirip dengan Digimon di level awal, tapi sebenarnya Gatomon adalah Digimon dengan level Champion. Salah satu form yang dimiliki oleh Gatomon ketika evolusi adalah Angewomon.

Yang menarik adalah meskipun Angewomon terlihat seperti sebuah Digimon suci alias malaikat, tapi pada kenyataanya form tersebut hanyalah humanoid. Humanoid tersebut memiliki sayap dan helm yang membuatnya seperti malaikat. Perubahan yang terjadi dari seekor kucing menjadi humanoid berbentuk malaikat benar-benar sebuah hal yang tidak terduga.

Greymon Menjadi Vademon

Greymon adalah salah satu Digimon populer yang bahkan menjadi salah satu Digimon ikonik selain Agumon. Greymon adalah Digimon yang memiliki bentuk seperti T-Rex dan bisa menembakan bola api dari mulutnya. Meskipun memiliki bentuk karakter yang menarik, tapi ternyata Greymon memiliki wujud evolusi yang sangat nyeleneh dan membingungkan.

Salah satu form dari evolusi Greymon adalah Vademon, Digimon yang memiliki bentuk seperti alien, dengan bagian otak yang terlihat dan juga senjata laser di salah satu tangannya. Rasanya tidak ada seorang fans pun yang menyangka jika evolusi dari Greymon akan seburuk ini. Perubahan dari seekor naga atau dinosaurus menjadi alien benar-benar sangat nyeleneh dan diluar dugaan.

Yokomon Menjadi Biyomon

Yokomon adalah sebuah Digimon yang memiliki bentuk seperti tanaman. Yokomon memiliki bentuk tubuh bulat dengan warna merah muda yang lembut, kaki berbentuk tentakel, dan juga bunga berwarna biru di bagian kepalanya. Anehnya, perubahan atau evolusi dari Yokomon justru berbeda dari seharusnya, apalagi ketika dia berevolusi menjadi Biyomon.

Biyomon adalah Digimon yang memiliki bentuk seperti burung, bukan tanaman. Memang, dari segi warna, mereka memiliki skema warna yang sama dengan dominasi merah muda dan biru. Tapi, hanya itu saja kesamaan dari kedua Digimon ini. Sisanya sangat berbeda jauh. Mungkin buat orang yang tidak tahu tentang Digimon milik Sora ini, rasanya tidak akan ada yang menyadari bahwa Yokomon dan Biyomon adalah monster yang sama.

SnowAgumon Menjadi Frigimon

Dalam cerita Digimon, terdapat sebuah monster yang sangat mirip dengan sosok Agumon yaitu SnowAgumon. Persamaanya sendiri hanya terletak dari desain karakter. Sedangkan perbedaannya adalah SnowAgumon memiliki warna tubuh putih dan memiliki kekuatan berbeda. Dan SnowAgumon sendiri bisa berevolusi menjadi monster berdana Frigimon.

Yang cukup nyeleneh dari Digimon ini adalah Frigimon merupakan Digimon yang memiliki wujud beruang dan manusia salju. Serangannya sendiri lebih mengandalkan pukulan lengannya, dibandingkan serangan dari cakar. Meskipun SnowAgumon dan Frigimon memiliki serangan dari es, evolusi yang terjadi dari seekor dinosaurus kecil menjadi beruang salju benar-benar diluar dugaan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.