Berkat Vivre Card resmi dari One Piece, sekarang kita telah mengetahui posisi Sanji dan Zoro di Topi Jerami. Untuk Sanji sendiri, ia bertindak sebagai juru masak. Namun terkadang ia juga bertindak sebagai penasihat militer di Topi Jerami. Sejak di Alabasta, seorang penasihat militer atau ahli taktik memang memiliki peran penting. Tentunya penasihat militer dapat memutuskan cara terbaik yang harus dilakukan dalam situasi yang membingungkan dan kompleks.

Namun harus dicatat bahwa posisi penasihat militer bukan berarti mengganti peran kaptain dalam tim. Karena keputusan tetap akan diambil oleh sang kaptain yaitu Luffy. Adapun Zoro, Vivre Card resmi mencatat bahwa ia merupakan swordsman di Topi Jerami, dan ia sering bertindak sebagai wakil kapten utama bagi Topi Jerami, saat Luffy berhalangan. Zoro memang sering mengambil inisiatif dan secara aktif memerintahkan kelompoknya untuk mengambil sebuah tindakan tertentu.

Tapi nih Geeks, walau Sanji hanya disebutkan sebagai juru masak dan penasihat militer, tetapi Sanji pernah mengisi posisi wakil kapten saat Luffy dan Zoro berhalangan. Di manga One Piece, Sanji berhasil memperlihatkan sikap sebagai seorang wakil kapten yang baik, bahkan jika dibandingkan dengan Zoro. Sanji bisa menenangkan dan menjelaskan setiap situasi yang mereka hadapi dengan tenang dan jelas, tanpa menambah kepanikan. Hal ini tentunya dibutuhkan untuk membuat kru yang lain memiliki pemikiran serupa.

Kekuatan dari Sanji memang selalu berada dibawah bayang-bayang Zoro dan Luffy. Luffy dan Zoro sering kali disebut monster dan memiliki kemampuan diatas kru yang lain. Memang, jika berbicara fakta di lapangan, kekuatan Sanji sangat jauh berbeda dengan Luffy, dibandingkan Zoro dan Luffy yang jaraknya tidak terlalu jauh. Tapi, Sanji tidaklah selemah itu. Sanji memiliki ketenangan dan beberapa hal lainnya yang tidak dimiliki Luffy dan Zoro.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/