Sony telah mengungkapkan di situs resmi mereka bahwa PlayStation 5 akan memiliki beragam opsi aksesibilitas baru. Rupanya Sony ingin para penyandang disabilitas untuk mendapatkan pengalaman bermain yang sesuai dengan kebutuhan mereka. PlayStation 5 sendiri akan memiliki kemampuan untuk merubah teks menjadi suara, adanya tombol khusus, dan banyak opsi berbeda lainnya. Tentunya fitur tersebut akan memudahkan para penyandang disabilitas.

Sony juga sebelumnya pernah berupaya membuat game esklusifnya agar dapat dinikmati oleh semua orang, termasuk para penyandang disabilitas. Contohnya adalah Uncharted 4: A Thief’s End. Game tersebut mengizinkan para pemain untuk memainkan game tanpa menggunakan thumbstick kanan, atau menginjinkan para pemain untuk menahan tombol dalam melakukan tindakan tertentu, daripada meminta pemain untuk memencet tombol tersebut berulang kali. Setelah Uncharted 4, game The Last of Us Part II juga menerapkan hal serupa.

Tentunya membuat sebuah produk yang dapat diakses semua orang menjadi poin penting. Semua orang harus memiliki kesempatan untuk menikmati video game jika mereka menginginkannya. Sony tentunya mengambil langkah yang benar dengan PlayStation 5, dan mudah-mudahan konsol lain pun akan mengikuti hal serupa. Untuk menikmati berbagai fitur keren di PlayStation 5, kita masih harus menunggu hingga tanggal 12 November mendatang.

Sementara itu pesaing PlayStation paling kuat yaitu Xbox Series X akan rilis lebih dulu, tepatnya pada tanggal 10 November. Kedua konsol generasi baru tersebut tentunya diharapkan akan memberikan pengalaman bermain yang jauh lebih mengasikan ketimbang generasi sebelumnya. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, namun dengan fitur yang sangat melimpah, maka wajar jika banyak orang yang sangat antusias untuk membeli kedua konsol tersebut. Kita tunggu aja ya Geeks peluncuran konsol ini yang tinggal beberapa minggu lagi.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.