Serpent Rising

Spider-Man dan Doctor Strange kemudian kembali bekerja sama dalam Marvel Team-Up Annual #5. Namun, yang berbeda adalah kali ini mereka bukan hanya berdua. Spidey dan Strange kemudian bekerja sama dengan karakter Marvel lainnya seperti Scarlet Witch, The Thing, dan Quasar. Mereka semua bekerja sama demi menghentikan sebuah serangan dari sosok Serpent.

Ketika Quasar berhasil dikalahkan oleh Serpent Crown, para pahlawan lainnya memiliki sebuah penglihatan (vision), yang kemudian memandu mereka untuk bertemu dengan Spider-Man dan Strange demi menyelamatkan dunia.

Untold Tales Of Spider-Man: Strange Encounter

Seri komik Untold Tales of Spider-Man bercerita di masa awal ketika Peter Parker menjadi seorang Spider-Man. Dan dalam one-shot Strange Encounter, kita diperlihatkan sebuah kerja sama antara Spider-Man dan Strange yang belum pernah diceritakan sebelumnya. Kekuatan mistis membuat kedua pahlawan Marvel untuk saling bekerja sama pasca ditemukannya sebuah artefak sihir bernama Lantern of Lantarr. Mereka kemudian harus bertarung melawan Baron Mordo dan Dormamu di dimensi lain. Dan akibat hal ini, nyawa dari Doctor Strange hampir saja menghilang.

Spider-Man & Doctor Strange: The Way To Dusty Death

Pertarungan antara Spider-Man bersama dengan pahlawan Marvel lainnya dalam seri Marvel Team-Up dan Marvel Fanfare, kemudian kembali dieksplor dalam seri komik Spider-Man/Doctor Strange: The Way To Dusty Death yang dirilis pada 1992. Dalam cerita ini kita melihat bagaimana Xandu berupaya untuk bisa Kabur dari Death Dimension.

Seri komik ini memang menghadirkan cerita yang jauh lebih gelap dibandingkan dengan cerita kerja sama Spidey dan Strange lainnya. Meskipun begitu cerita tentang petualangan antar dimensi yang mereka lakukan pastinya membuat para fans berharap, bahwa cerita ini bisa diadaptasi di MCU.

Happy Birthday

Seri komik Amazing Spider-Man merayakan pencapaian mereka untuk perilisan volume #500 dengan cerita “Happy Birthday”. Dan cerita ini, kita melihat bagaimana makhluk dari dimensi lain yang disebut sebagai Mindless Ones, menginvasi kota New York disaat ulang tahun Peter Parker.

Sayangnya, ketika Doctor Strange berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut, Peter harus hilang di timelinenya sendiri, terjebak diantara masa lalu dan masa depan. Dengan panduan dari Doctor Strange, Spidey dipaksa untuk menghadapi kegagalan terbesarnya sambil juga menghadapi musuh terbesarnya. Cerita ini menjadi salah satu cerita favorit dari para fans.

Search For The Sorcerer Supreme

Spider-Man dan Doctor Strange bukan hanya pernah bekerja sama secara “tidak resmi”. Mereka juga pernah bekerja sama sebagai bagian dari tim New Avengers, seperti yang diperlihatkan dalam cerita “Seach for the Sorcerer Supreme.” Doctor Strange terpaksaa harus kehilangan titelnya sebagai penyihir agung setelah dia menggunakan sihir hitam.

Dengan posisi Penyihir Agung yang kosong, seorang penyihir jahat seperti the Hood berusaha untuk mendapatkan titel tersebut demi meningkatkan kekuatannya. Spider-Man dan New Avengers kemudian membantu Strange untuk mencari siapa yang cocok untuk menjadi penerusnya, yang mana melalui misi pencarian tersebut membuat Doctor Strange malah bergabung dengan tim tersebut sebagai seorang Avengers.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.