Banyak para fans One Piece beranggapan bahwa Shanks akan tewas dalam cerita One Piece, entah di akhir atau di pertengahan. Apalagi setelah melihat peristiwa dahsyat di Marineford, para fans semakin yakin bahwa Shanks ada kemungkinan tewas di tangan Blackbeard. Namun, sebagian fans lainnya berpikir bahwa Shanks tidak akan mati di tangan Blackbeard.

Kita kemudian melihat bagaimana Shanks bertemu dengan Gorosei di Mary Geouise saat Reverie terjadi. Shanks berniat membicarakan seorang bajak laut, yang sampai saat ini masih belum diketahui siapa. Melihat apa yang terjadi pada Shanks dan Gorosei, membuat para fans bertanya-tanya. Apa sebenarnya koneksi antara Shanks dan Gorosei? Siapa yang dimaksud oleh Shanks dalam percakapan tersebut?
Kita semua tahu bahwa setelah kelompok Roger mencapai Laugh Tale, mereka kemudian mengetahui tentang “sejarah dunia yang sebenarnya.” Robin sempat bertanya tentang hal tersebut, namun Rayleigh menyarankan untuk berjalan selangkah demi selangkah. Tapi, yang perlu digaris bawahi adalah jawaban Rayleigh tentang “mungkin kalian akan menemukan jawaban yang berbeda.”

Jawaban apa yang ditemukan oleh kru Roger pada saat itu sehingga Rayleigh mengatakan hal tersebut? itulah yang masih menjadi misteri sampai saat ini. Namun, apa yang terjadi tersebut mirip dengan peristiwa di film sekuel Matrix. Dalam film tersebut sang protagonis utama, Neo, menemukan bahwa akan selalu ada sosok yang terpilih dan dia harus membuat keputusan, apakah tetap membiarkan semuanya seperti biasa atau memulai peperangan yang akan menimbulkan banyak korban jiwa.

Dalam konteks ini, tidak peduli apakah dunia One Piece penuh dengan kejahatan atau dipimpin oleh sosok jahat, akan menjadi hal buruk atau bencana jika ada yang mengetahui apa kebenaran yang sebenarnya. Menyebarkan kebenaran bisa menyebabkan sebuah perang besar yang akan menimbulkan banyak korban jiwa. Itulah mengapa ada kemungkinan Shanks berperan sebagai penjaga keseimbangan demi menghindari seseorang menemukan Laugh Tale.

Gorosei Ingin Bajak Laut Yang Menjaga Laugh Tale

Tapi, apa urusan Gorosei dengan semua ini. Gorosei kemungkinan besar tidak ingin ada satu orang pun yang bisa mengetahui apa sejarah dunia yang sebenarnya. Dr. Clover harus ditembak dan kehilangan nyawanya karena dia hampir membocorkan tentang kerajaan kuno, yang mungkin bisa menuntun kita pada fakta yang sebenarnya.

Kita kemudian melihat pasca kejadian Marineford, dimana Gorosei melakukan diskusi tentang siapa yang akan menggantikan Whitebeard. Hal ini mengindikasikan bahwa Gorosei memang sedari awal menginginkan bajak laut, pelanggar hukum atau criminal yang menjaga wilayah New World. Tujuannya adalah agar tidak ada satu orang pun yang mampu menuju Laugh Tale dan mengetahui rahasia kecil mereka. Ini juga menjelaskan mengapa mereka tidak mau repot-repot menguasai wilayah New World.

Gorosei tahu bahwa Shanks mengetahui tentang rahasia dunia. Oleh karena itu, Gorosei kemudian menjalin kerja sama dengan Shanks untuk menjaga Laugh Tale agar tidak ada orang lain lagi yang mengetahui rahasia tersebut. Entah apa perjanjian atau kesepakatan yang mereka buat, hingga Shanks kemudian mau menyetujui kesepakatan dengan Gorosei.

Siapa Bajak Laut Yang Dimaksud Shanks

Lalu, siapa sosok bajak laut yang dimaksud oleh Shanks dalam percakapan dengan Gorosei? Kemungkinan pertama adalah Blackbeard. Rasanya sebagian dari para fans One Piece pasti berpikir hal serupa. Namun, mengapa Shanks ingin memperingatkan Gorosei tentang Blackbeard pasca kejadian Marineford dan bukan sebelumnya. Apakah Shanks harus menunggu Reverie untuk berbicara dengan Gorosei? Rasanya Shanks bisa kapan saja menemui Gorosei.

Jika bukan Blackbeard, lalu siapa? Kemungkinan lainnya adalah Luffy. Shanks sepertinya sudah melihat berbagai tanda yang menunjukan bahwa pertemuan mereka akan terjadi tidak lama lagi. Mungkin pertemuan mereka akan terjadi pasca Luffy menjadi sosok raja bajak laut. Shanks benar-benar sangat berharap Luffy bisa menjadi sosok sesuai dengan yang dia harapkan.

Mengapa Shanks begitu khawatir tentang Luffy sampai harus berdiskusi dengan Gorosei? Ada kemungkinan ketika Luffy sudah berhasil menuju Laugh Tale dan menemukan One Piece, Shanks akan muncul dan Shanks akan menunjuk Luffy sebagai penerusnya. Luffy akan menjadi penerus Shanks sebagai penjaga keseimbangan dunia, sama seperti Shanks dulu ditunjuk sebagai penjaga keseimbangan.

Namun, Luffy adalah sosok yang justru ingin memengubah dunia, bukan tetap menjaganya seperti sekarang. Itulah mengapa di akhir cerita nanti kita akan melihat Shanks yang akan bertarung melawan Luffy. Shanks ingin melihat apakah Luffy mampu menghentikannya dan mewujudkan mimpinya untuk mengubah dunia. Dan pertarungan melawan Shanks ini akan menjadi pertarungan pertama Luffy sebagai seorang raja bajak laut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.