Penulis Marvel comics, Nick Spencer, akhirnya mengungkapkan bahwa musuh baru dari Spider-Man, Kindred, sebenarnya adalah Harry Osborn dan para fans tidak senang dengan fakta tersebut. Para fans tidak setuju jika Harry Osborn adalah sosok dibalik nama Kindred, dan ada banyak diskusi tentang siapa yang seharusnya menjadi sosok Kindred. Tapi, ada penjelasan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan mengapa Harry Osborn memang pantas menjadi Kindred.

Pada 2018 kemarin, The Amazing Spider-Man memperkenalkan seorang musuh baru bagi Spider-Man. Sosoknya sangat misterius dan sang villain memang sangat bernafsu untuk menghancurkan hidup Spider-Man. Sedikit demi sedikit fakta mulai terungkap, dan dalam volume 50 terungkap bahwa Kindred sebenarnya adalah sahabat Peter parker, Harry Osborn.

Sejarah Harry Osborn

Harry Osborn merupakan anak dari sang industrialis kaya raya, yang sekaligus juga musuh abadi dari Spidey, Norman Osborn. Harry sendiri merupakan sahabat dari Gwen Stacy dan dia kuliah di Empire State University. Jika di filmnya Harry dan Peter adalah sahabat di SMA, di komiknya Harry baru bertemu dengan Peter ketika mereka kuliah di kampus yang sama.

Meskipun Harry awalnya tidak senang dengan Peter, namun dia adalah orang yang pertama kali menyadari bahwa Peter sebenarnya adalah sosok yang pemalu dan introvert. Peter benar-benar harus berusaha keras agar bisa diterima oleh teman-temannya yang lain. Seiring berjalannya waktu, Harry dan Peter pun menjadi sahabat dekat, bahkan hampir seperti saudara sendiri.

Peter sering kali membantu Harry dalam mengatasi tekanan ayahnya. Ironisnya, persaingan Spider-Man dan Green Goblin yang terus meningkat semakin membuat Harry dan Peter semakin dekat, dan justru hal itu membuat Norman semakin menjauh dari sang anak. Sampai kemudian Green Goblin terbunuh dalam pertarungan melawan Spidey. Peter Parker melakukan yang terbaik untuk bisa menghibur Harry.

Peter Parker seolah menyadari bahwa karirnya sebagai Spider-Man sudah membuat hidupnya menderita. Dalam konteksnya dengan Harry Osborn, menjadi Spider-Man sudah membuat pertemanannya dengan Harry melonggar. Puncaknya adalah ketika Harry mengetahui bahwa Spider-Man adalah Peter parker, Harry kemudian memutuskan untuk menjadi Green Goblin yang baru.

Harry pernah berhasil mengalahkan amarah dalam dirinya berkat penanganan medis yang dia lakukan. Harry mulai membangun kehidupan normalnya, menikah dan memiliki anak. Sayangnya, dalam cerita komik terkadang kebahagiaan tidak bertahan lama. Sang iblis yang membuat Norman dan Harry menjadi gila, kembali datang dan menghantui Harry.

Harry kemudian menggunakan serum yang pernah digunakan oleh ayahnya, dan dikembangan serta kembali diperkuat. Dan hasilnya adalah Harry menjadi sosok Green Goblin yang jauh lebih kuat dari versi sebelumnya. Namun, eksperimen tersebut membuat Harry berada dalam situasi yang pelik, dimana di satu sisi dia begitu peduli terhadap sahabatnya Peter Parker.

Tapi, di sisi lain, dia sangat membenci sosok Spider-Man yang merupakan alter ego dari Peter, karena sudah membunuh sang ayah. Pada akhirnya, Harry mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Peter dari jebakan yang sudah dia buat untuk Peter. Dan akibat hal tersebut, Harry harus mengalami serangan jantung yang sangat hebat.

Bertahun-tahun kemudian, Spider-Man membuat kesepakatan dengan Mephisto untuk menulis ulang semua sejarah yang ada dan hal ini mengorbankan identitas rahasianya. Peristiwa ini terjadi dalam cerita One More Day, dimana Mephisto kemudian berhasil “mengatur” timeline hidup Peter. Semuanya benar-benar-benar berubah dan berbeda, dari yang sebelumnya terjadi.

Dalam timeline baru ini, Harry diceritakan berhasil selamat dari jebakannya sendiri dan kemudian dikirim ke Eropa untuk kembali mendapatkan penanganan medis dan psikologis. Setelah sembuh, harry kembali ke New York dan menggunakan identitas pahlawan baru yaitu American Son, ketika sang ayah bekuasa sebagai pemimpin HAMMER.

Harry kembali ke kehidupan lamanya, dia kembali berkumpul dengan sang istri, Liz, dan sang anak, Normie. Harry bahkan bertarung melawan kekejaman sang ayah, dan bahkan ayah dan anak ini saling bertarung dalam peristiwa Maximum Carnage.

Kindred Adalah Harry Osborn yang Asli

Setelah membaca sejarah Harry Osborn, Geeks mungkin akan kesulitan untuk membayangkan bagaimana Harry bisa berada di dua sisi sekaligus. Dia terkadang jahat, tapi juga terkadang baik. Semuanya terasa tidak masuk akal dengan apa yang diperlihatkan dalam komiknya. Namun, hal ini memunculkan sebuah kemungkinan yang bisa saja terjadi. Harry Osborn sebenarnya ada dua versi.

Perlu diingat dan dicatat, bahwa Marvel tidak memberi tahu apa yang sebenarnya terjadi ketika Mephisto menulis ulang sejarah saat melakukan kesepakatan dengan Peter Parker. Mephisto kemungkinan menciptakan sebuah timeline yang baru. Jika memang itu faktanya, maka artinya jiwa dari Harry Osborn yang asli masih berada di bawah kendali Mephisto di neraka, meskipun versi barunya ada di dalam kehidupan Peter Parker.

Harry Osborn yang baru “berperan” sebagai suami dan juga ayah dari keluarganya. Perjanjian antara Mephisto dan Peter Parker benar-benar mencuri semua hal dari kehidupan Harry. Dan bahkan bisa jadi, sosok Peter Parker yang kembali melanjutkan kehidupannya sebenarnya bukan sosok Peter Parker yang asli. Atau Peter Parker tidak tahu jika Mephisto menahan jiwa Harry Osborn yang asli dan memberikan sosok baru dari Harry Osborn.

Harry Osborn yang asli memiliki rencana untuk menyiksa dan menghantui kehidupan Peter, mengambil semuanya sedikit demi sedikit. Sebagai Kindred, Harry mendapatkan kesempatan untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Bisa jadi sebenarnya Harry Osborn yang asli sudah sejak lama bergerak di bawah bayang-bayang, bahkan sebelum kemunculannya di Amazing Spider-Man yang ditulis Nick Spencer.

Munculnya sosok Kindred di bumi merupakan izin dari Mephisto sendiri. Kindred sendiri menyatakan bahwa dia sengaja “memodifikasi” tubuh barunya untuk memberikan mimpi buruk terhadap Peter Parker. Namun, hal ini dirasa masuk akal karena tubuh lamanya sendiri sudah diisi oleh jiwa Harry Osborn yang baru. Jika teori ini benar, maka Peter Parker akhirnya harus menghadapi konsekuensi dari apa yang pernah dia buat dulu.

Dan tidak diragukan lagi ini adalah rencana dari Mephisto sejak lama. Namun, ironisnya adalah Peter Parker harus menghadapi akibat dari aksinya dahulu tanpa mungkin dia mengetahui apa yang sudah dia perbuat dahulu. Dia tidak ingat bahwa dulu dia pernah menjalin kesepakatan dengan Mephisto dan sebagainya. Hal ini membuat cerita Spider-Man yang seharusnya ringan dan menyenangkan berubah menjadi sangat kompleks.