Sudah bukan hal yang aneh jika Haruno Sakura bukanlah menjadi salah satu favorit para fans dalam seri Naruto. Ada banyak faktor yang dianggap menjadi penyebab Sakura kurang begitu diminati oleh para fans, mulai dari kurangnya kontribusi saat pertarungan terjadi, sering memukul Naruto, sering marah-marah tanpa sebab, dan masih banyak lainnya.

Hal ini ironis padahal Sakura adalah salah satu karakter utama dalam serinya, selain Sasuke dan Naruto. Saking negatifnya Sakura di mata para fans, dia sering kali disebut sebagai karakter yang lemah dan menyebalkan. Namun, dibalik semua hal negative tersebut nyatanya masih ada banyak hal positif yang dimiliki oleh Sakura, dan karena itulah Tsunade mau mengajari Sakura.

Hiro Studios

Dan hasilnya sangat luar biasa pasca Sakura berhasil dilatih oleh Tsunade. Bersama dengan Sasuke, Naruto, dan yang lainnya, dia ikut bertarung melawan Kaguya. Sakura juga berhasil menyelamatkan banyak nyawa para shinobi saat perang besar ninja keempat terjadi. Meskipun sering kali dibenci oleh sebagian besar fans, Sakura nyatanya sudah memiliki modal sebagai shinobi hebat sejak lama.

Andai Saya Masashi Kishimoto, Ini yang Akan Saya Lakukan agar Sakura Haruno Jadi Lebih Berguna di Naruto – Terminal MojokSakura memiliki kemampuan untuk mengendalikan chakra dengan sangat luar biasa. Ketika Team 7 belajar untuk mengalirkan chakra mereka ke kaki untuk bisa berjalan di atas pohon, Sakura berhasil lebih cepat menguasai teknik tersebut dibandingkan Sasuke dan Naruto. Setelah dilatih oleh Tsunade, kemampuan untuk mengendalikan chakra ini terus meningkat. Sakura bahkan belajar salah satu jutsu dari era Sage Six Path yaitu Strength of a Hundred Seal (Byakugo no In).

Jutsu tersebut membuat penggunanya untuk bisa menyimpan sedikit porsi chakra, untuk kemudian disimpang di dahi mereka. Seiring berjalannya waktu, kekuatan chakra yang tersimpan itu akan berwujud seperti diamond berwarna ungu. Dan hal ini menjadi ciri khas dari Tsunade dan juga Sakura. Pada intinya jutsu tersebut bertindak sebagai baterai chakra si pengguna.

Jutsu segel tersebut juga meningkatkan kekuatan fisik dari penggunanya, membuat mereka mampu mengeluarkan power dalam jumlah besar tanpa harus khawatir chakra mereka terkuras habis. Kemampuan ini mampu membuat Sakura untuk bisa menyembuhkan para shinobi yang terluka dalam waktu singkat, sambil juga dia terus ikut bertarung melawan musuh.

Mengalirkan chakra secara efektif menggunakan teknik tersebut juga adalah alasan mengapa Sakura memiliki kekuatan dahsyat seperti Tsunade. Dan inilah teknik yang digunakan untuk bisa melukai atau menghajar Kaguya. Kemampuan pengendalian chakra adalah satu-satunya kemampuan yang sangat identik dengan Sakura, dan kemampuan ini tentunya sangat berharga.

Pengendalian chakra ini juga berpengaruh terhadap kemampuan Sakura dalam hal medis. Mulai dari menyembuhkan luka sampai mengeluarkan racun, Sakura sudah berhasil menjelma menjadi sosok ninja medis yang paling hebat. Sudah ratusan nyawa yang dia selamatkan sejauh ini, termasuk nyawa Naruto. Bukan hanya berkaitan dengan chakra, Sakura juga paham tentang sel, mengenali racun beserta penawarnya, dan sebagainya. Kemampuan ini tentunya berguna dalam situasi tertentu.

Sakura Haruno | Narutopedia | FandomKemampuan medisnya yang menyelamatkan Naruto dari kematian. Tanpa ada Sakura, rasanya tidak akan ada Boruto. Bahkan, di seri Boruto pun kemampuan medis dahsyat Sakura membuatnya menjadi kepala medis wilayah Konoha. Latihan yang diberikan Tsunade kepada Sakura sangatlah panjang dan juga sangat menyita waktu serta tenaga. Tapi, Sakura nyatanya berhasil melampaui ekspektasi sang legenda.

Jika dilihat dan diperhatikan, sebenarnya Sakura adalah sosok yang kuat. Kita bisa melihat kebanyakan para shinobi hebat Konoha memiliki latar belakang yang kuat juga. Sasuke dengan klan Uchiha, Shikamaru terkenal dari klan Nara, Neji dan Hinata terkenal dari klan Hyuga. Naruto, selain terkenal dari klan Uzumaki, dia juga adalah seorang Jinchuuriki.

Sedangkan Sakura berasal dari sebuah keluarga biasa. Keluarganya tidak memiliki kekkei genkai atau teknik rahasia yang menjadi ciri khas dari sebuah keluarga. Sakura dan keluarganya hanyalah shinobi Konoha biasa. Kesimpulannya adalah meskipun Sakura kurang begitu diminati sebagai sebuah karakter, kemampuannya sebagai ninja sangat solid. Dan kini kemampuannya sudah meningkat sangat tajam.

Dalam seri Boruto, Sakura bahkan ditakuti karena kekuatan fisiknya yang sangat luar biasa. Meskipun sering kali Sakura tertutup bayang-bayang Naruto dan Sasuke, hal ini sebenarnya tidak bisa menutupi fakta bahwa Sakura adalah sosok shinobi hebat dan ninja medis yang luar biasa. Banyak shinobi yang berhutang nyawa pada Sakura. Jadi, Sakura bukanlah ninja lemah, dia adalah kunoichi Konoha yang Tangguh.

Hiro Studios