Film Avengers: Endgame menutup cerita Infinity Saga dan memperlihatkan cerita akhir dari beberapa anggota orisinal Avengers versi MCU. Berbeda dengan Iron Man dan Black Widow, nasib Steve Rogers sedikit lebih beruntung. Dia memutuskan untuk kembali ke masa lalu, pensiun dan menikah dengan Peggy Carter. Dan sebelum Steve benar-benar pensiun sebagai Captain America, dia sempat memilih penerusnya yaitu Sam Wilson.

Dipilihnya Sam sebagai penerus dari Steve sempat mendapatkan penolakan dari para fans, yang merasa justru Bucky Barnes yang lebih pantas menjadi Captain America selanjutnya. Tapi, ada alasan masuk akal mengapa Steve memilih Sam sebagai penerusnya yaitu dia lebih cocok secara moral. Mirip seperti sosok Steve yang selalu mengedepankan kebajikan. Tapi, satu hal yang berhasil ditemukan oleh para fans, tameng yang diberikan Steve kepada Sam ternyata berbeda dari yang dia gunakan sejak dulu.

Tameng Milik Sam Bukanlah Milik Captain America

Pasca apa yang terjadi dengan Tony dan Steve di film Captain America: Civil War, Steve Roger terpaksa untuk menyerahkan senjata ikoniknya. Mulai dari saat itu, Steve bertarung tanpa adanya tameng yang menjadi ciri khasnya sampai kemudian T’Challa memberikan Steve tameng buatan Wakanda saat pertarungan melawan Thanos.

Namun, lima tahun kemudian di film Endgame kita melihat Tony memberikan lagi tameng milik Steve Rogers sambil juga dia menyampaikan permintaan maafnya kepada Steve. Steve menggunakan tameng ini dalam pertarungan melawan Thanos di akhir filmnya, namun Thanos terbukti masih telalu kuat bagi Steve. Dan hasilnya adalah tameng milik Steve hancur oleh pedang Thanos.

Yang menarik adalah pasca pertarungan tersebut, kita tidak melihat lagi bagaimana “nasib” dari tameng Captain America yang rusak tersebut. Kita juga tidak tahu apakah tameng tersebut diperbaiki atau dibiarkan hancur begitu saja. Steve tidak menggunakan tameng tersebut ketika dia kembali ke masa lalu, sehingga menjadi sebuah pertanyaan besar bagaimana kemudian Steve bisa memberikan tameng (dalam kondisi baru dan bersih) kepada Sam Wilson.

Yang juga tidak kalah menarik adalah tameng yang diberikan Steve kepada Sam di akhir film Endgame memiliki desain yang sedikit berbeda, jika kita perhatikan. Marvel sendiri belum memberikan penjelasan mengenai desain yang berbeda dari tameng tersebut, namun hal ini jelas membuka berbagai spekulasi dari para fans terutama mengenai kemampuan tamengnya.

Tameng Baru Falcon Memiliki Kekuatan Berbeda

Selain misteri tentang bagaimana Steve bisa mendapatkan tameng baru pasca tameng miliknya hancur oleh Thanos, desain dari tameng Captain America yang berbeda dengan yang selama ini dia gunakan juga masih menjadi pertanyaan besar. Perbedaan ini diketahui dari merchandise yang akan digunakan dalam series The Falcon and The Winter Soldier.
Perbedaan ini terlihat dari segi garis yang ada di tamengnya serta pada bagian pentagon atau persegi lima di tengah tamengnya. Tentunya Marvel tidak memberikan desain senjata baru tanpa memiliki kekuatan baru.

Artinya, tameng yang dimiliki oleh Sam Wilson ada kemungkinan memiliki kekuatan yang berbeda yang tidak dimiliki oleh tameng yang digunakan oleh Steve dulu.
Ada kemungkinan bahwa tameng baru milik Sam Wilson bisa “diutak-atik” sesuai keinginan, berbeda dengan milik Steve Rogers yang sudah permanen. Apapun fungsi baru dari tameng tersebut, satu hal yang jelas adalah tameng baru Sam akan memiliki fitur spesial yang baru dan unik. Kita nantikan saja bagaimana Marvel akan memperkenalkan kemampuan baru dari tameng ini.

Mengapa Sam Pantas Mendapatkan Tameng yang Lebih Kuat?

Salah satu argument yang banyak dibahas di kalangan para fans tentang Sam Wilson menjadi Captain America yang baru adalah mengenai kekuatan fisiknya. Sama seperti sosok Steve, Sam adalah orang yang baik, yang mana itu adalah salah satu persyaratan utama untuk menjadi Captain America selanjutnya. Namun, berbeda dengan Bucky Barnes dan Steve Rogers, Sam tidak pernah disuntik serum super soldier.

Menyadari adanya kelemahan pada dirinya, Sam kemudian mencari peralatan yang jauh lebih kuat untuk mendukung aksinya. Karena itulah dia menghubungi Stark Industries untuk meminta bantuan. Permasalahan mengenai kekuatan fisik inilah yang dirasa sangat masuk akal, bila kemudian Sam memiliki tameng yang lebih kuat dan lebih Tangguh dari milik Steve sebelumnya.

Hal ini akan membantu Sam dalam pertarungan satu lawan satu melawan musuh yang lebih kuat. Ada kemungkinan Steve sudah memikirkan mengenai masalah ini, sehingga diam-diam dia mencoba mengembangkan tameng miliknya tersebut. Selain tameng, apakah Sam akan mendapatkan senjata baru lainnya? Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan cerita Sam Wilson sebagai Captain America di series The Falcon and The Winter Soldier.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/