Apakah akan ada time-skip kedua dalam cerita One Piece? Itulah salah satu pertanyaan yang muncul dalam pikiran sebagian besar fans. Perkembangan kekuatan dan kemampuan Luffy saat ini memang sudah sangat pesat, apalagi jika dibandingkan dengan sebelum peristiwa Sabaody dan time-skip pertama. Berbagai kemampuan dahsyat sudah bisa dilakukan bukan hanya Luffy, tetapi seluruh kru Topi Jerami.

Kita melihat bagaimana Luffy sekarang memiliki Gear 4, Nami dengan serangan cuacanya yang semakin dahsyat, Usopp dengan kemampuan menembaknya serta berbagai peluru yang berguna dalam berbagai situasi, dan masih banyak lainnya. Intinya, time-skip ini sangat berguna dalam memberikan tambahan kekuatan bagi para kru Topi Jerami.

Namun, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah apakah akan ada time-skip untuk yang kedua kalinya dalam cerita yang akan datang. Inilah yang masih menjadi misteri. Kemampuan Luffy dan para kru Topi Jerami pasca time-skip memang bertambah pesat, tapi dalam beberapa kesempatan kita melihat bagaimana mereka masih mengalami kesulitan saat mengalahkan musuh yang jauh lebih kuat.

Akan Ada Timeskip Lain di One Piece? | GreensceneContohnya adalah Luffy yang secara teknis kalah dari Charlotte Katakuri. Kemudian Luffy yang berhasil dikalahkan hanya dengan satu serangan oleh Kaido. Jika kemudian Oda Sensei memang akan menghadirkan time-skip untuk yang kedua kalinya, ada dua skenario yang mungkin terjadi. Pertama, peristiwanya akan terjadi di Wano setelah pertarungan besar Onigashima.

Sebelum pertarungan besar di Onigashima dimulai, Luffy dan Zoro memang banyak melakukan latihan demi mengalahkan Kaido. Tapi, latihan tersebut hanya dilaksanakan dalam waktu singkat. Ketika time-skip kedua terjadi, durasi latihannya akan sedikit lebih lama, mungkin sekitar satu tahun atau beberapa bulan saja. Mungkin Luffy akan mempelajari hal baru atau bahkan membuka Gear 5 miliknya dalam time-skip kali ini.

Kemudian skenario kedua, time-skipnya terjadi di pulau Elbaf pulau para raksasa. Seperti yang mungkin sebagian Geeks sudah ketahui, pulau Elbaf merupakan pulau yang banyak dispekulasikan akan muncul atau menjadi pulau selanjutnya yang akan dikunjungi oleh kelompok Topi Jerami. Di pulau ini juga para fans berspekulasi bahwa Luffy akan mengalahkan Big Mom.

Suku raksasa dan Topi Jerami memang memiliki hubungan yang kuat, dan lagipula mereka sudah berjanji untuk datang kesana. Disinilah tempat kemungkinan time-skip kedua terjadi. Kru Topi Jerami akan berlatih bersama para raksasa, dan mungkin mereka akan mengajarkan satu dua hal yang mereka ketahui. Untuk durasinya sendiri bisa jadi masih sama, sekitar satu tahun atau beberapa bulan.

Yang unik dari time-skip kali ini adalah kemungkinan kru Topi Jerami yang akan bersama-sama melakukan latihan, dan berada di satu tempat yang sama. Berbeda dengan saat time-skip pertama, dimana kru Topi Jerami terlempar ke berbagai tempat oleh Kuma. Mereka harus berlatih sendiri-sendiri dengan didampingi para penghuni asli wilayah tersebut.

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin ada di benak Geeks semua adalah mengapa harus ada time-skip kedua? Jawaban yang realistis adalah untuk semakin meningkatkan kekuatan para anggota kru Topi Jerami. Seperti yang sudah banyak dibahas di artikel sebelumnya, kita tidak tahu apa yang akan dihadapi oleh Luffy di masa yang akan datang. Namun, yang pasti tantangan akan lebih berat.

Berbagai Cara Luffy Melawan Aliansi Big Mom & Kaido | GreensceneSalah satu ancaman nyata di depan mata yang akan dihadapi oleh Luffy dan kru Topi Jerami adalah ancaman dari Big Mom. Di arc Wanokuni, kita mungkin akan melihat momen dimana Kaido berhasil dikalahkan. Tapi, masih ada ancaman lain yang lebih kuat menanti Luffy yaitu Big Mom. Kaido mungkin adalah Yonko yang sangat kuat, namun Big Mom jauh lebih kuat dibandingkan Kaido.

Sebagian Geeks mungkin berpikir bahwa kekuatan Luffy sekarang sudah cukup untuk melawan Big Mom, apalagi dia banyak diprediksi berhasil mengalahkan Kaido berkat Ryou yang baru saja dipelajari dari Hyogoro. Namun, kita bisa melihat bagaimana perjuangan Goku dalam seri Dragon Ball. Ancaman dari musuh kuat selalu muncul setiap saat, dan Goku harus terus berlatih demi bisa mengalahkan musuh tersebut.

Bukan berarti One Piece harus mengikuti pola yang sama dengan Dragon Ball, tapi kita tentunya bisa melihat benang merahnya bahwa akan selalu ada musuh kuat yang muncul setelah kita berhasil mengalahkan musuh sebelumnya. Hal ini akan terus terjadi, sampai Luffy berhasil menjadi raja bajak laut. Bahkan, mungkin setelah Luffy menjadi bajak laut pun, dia masih harus bertarung menghadapi bajak laut lainnya yang mencoba merebut kekuasaan Luffy.

Kesimpulannya adalah time-skip kedua diperlukan untuk semakin meningkatkan kekuatan seluruh kru Topi Jerami, demi menghadapi musuh yang akan datang yang jauh lebih kuat. Dengan semakin kuatnya kru Topi Jerami, maka kru ini akan semakin dihormati oleh banyak orang. Mungkin pada akhirnya kita akan melihat bagaimana kru Topi Jerami akan sedahsyat kru Roger dan Shanks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.