Rasanya sudah menjadi rahasia umum jika Uzumaki Naruto dan Uchiha Sasuke adalah rival seumur hidup. Meskipun sekarang mereka sudah menjadi rekan dalam kehidupan sehari-hari, tapi sejak dahulu kita tahu bahwa mereka selalu bersaing untuk menjadi yang terkuat. Naruto selalu berusaha untuk menjadi lebih kuat dari Sasuke, dan begitu juga dengan Sasuke yang ingin bisa lebih kuat dari Naruto.

Persaingan mereka rasanya tidak akan pernah berakhir. Dan hal ini dibuktikan sepanjang series Naruto dan Naruto Shippuden. Persaingan mereka sudah dimulai sejak masih kecil. Ketika Sasuke memiliki Chidori, maka Naruto memiliki Rasengan. Naruto dan Sasuke juga memiliki teknik Kuchiyose no Jutsu atau jurus pemanggil. Jika Naruto memiliki Kyuubi sebagai sumber kekuatannya, maka Sasuke memiliki Doujutsu Sharingan yang kemudian berkembang menjadi Rinnegan.

Intinya adalah setiap kali Naruto memiliki kemampuan baru atau teknik yang lebih tinggi, maka Sasuke juga akan memiliki hal yang serupa. Di seri manga Boruto chapter 51 kita melihat bagaimana Naruto mendapatkan kekuatan baru berkat chakra Kyuubi, yang kemudian banyak dikenal sebagai mode final Naruto. Melihat sejarah panjang persaingan diantara keduanya, pertanyaannya kemudian adalah apakah Sasuke juga memiliki mode final seperti Naruto?

Naruto Gets A New Nine Tails Transformation (But At A High Cost)Banyak yang beranggapan bahwa Susanoo sempurna milik Sasuke adalah mode final yang bisa dilakukan oleh Sasuke. Namun, setelah melihat apa yang terjadi di chapter 51 kemarin para fans mulai bertanya-tanya apakah Sasuke masih memiliki satu mode terakhir untuk meningkatkan kekuatannya, dan bisa digunakan untuk melawan Isshiki.

Kembali, para fans mencoba berspekulasi dan berteori apakah ada cara bagi Sasuke untuk kemabali meningkatkan kekuatannya. Dan salah satu teori yang berkembang adalah Sasuke akan masuk ke mode Rikkudo, sama seperti dua Uchiha sebelumnya. Sasuke sendiri sudah memiliki salah satu syarat utama untuk mengakses mode Rikkudo, yaitu doujutsu Rinnegan.

Dengan Sasuke memiliki mata Rinnegan, serta kekuatan dari sembilan bijuu, maka Sasuke bisa kemudian mengakses ke mode Rikkudo. Hagoromo Otsutsuki sendiri sebelum kematiannya sempat memberikan kekuatannya kepada kedua anaknya, Indra Otsutsuki dan Asura Otsutsuki. Indra mewarisi kemampuan doujutsu ayahnya yaitu Sharingan yang kemudian bisa berkembang menjadi Rinnegan.

Sedangkan Asura sendiri mewarisi Six Path atau Rikkudo milik ayahnya. Dan seperti yang kita tahu, Naruto dan Sasuke adalah reinkarnasi terkahir dari mereka berdua. Jika kedua kekuatan tersebut digabungkan, maka kekutan penuh Rikkudo Sennin akan terbentuk. Dalam hal ini, Naruto sudah memiliki kemampuan Rikkudo sebagai perwujudan dari sosok Asura, dan yang dia butuhkan adalah kemampuan dari Indra yang ada di dalam diri Sasuke.

Namun, ada beberapa masalah besar yang berkaitan teori ini. Pertama, chakra Indra dan Asura diantara Naruto dan Sasuke sepertinya sudah menghilang. Hal ini dikarenakan keduanya sudah tidak lagi saling bersaing. Pertarungan terakhir mereka terjadi pasca perang besar ninja keempat. Dan mereka harus kehilangan lengan mereka. Jadi, Sasuke perlu mencari cara lain untuk mengaktifkan mode Rikkudo karena chakra Indra dan Asura sudah tidak ada lagi.

Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4' Gets New ScansMasalah kedua adalah seperti yang kita lihat di episode awal seri Boruto, Kawaki memiliki segel Karma Isshiki saat bertarung melawan Boruto. Jika Isshiki berhasil dikalahkan oleh Boruto dan Sasuke, bagaimana kemudian Karma Isshiki bisa berada di tubuh Kawaki? Seperti dalam pembahasan di artikel sebelumnya, Isshiki bisa saja tidak melanjutkan pertarungan melawan Naruto, Sasuke, dan Boruto dan memilih untuk pergi dari tempat pertarungan.

Isshiki kemudian akan pergi mencari keberadaan Kawaki dengan menggunakan jutsu teleportasi ruang dan waktu. Hal ini tentunya akan cukup memberikan kesulitan bagi ketiga shinobi, karena Boruto membutuhkan Karma Isshiki untuk bisa membuka portal menuju dimensi lain, seperti yang dia lakukan di awal pertarungan. Dengan Naruto dan yang lain tidak bisa mengejar Isshiki, hal ini cukup memberikan waktu bagi Isshiki untuk mencari dan menangkap Kawaki. Bahkan, mungkin Kawaki sendiri yang akan menyerahkan diri kepada Isshiki.

Saat ini Naruto sudah membuktikan ucapannya bahwa dia rela melakukan apapun untuk melindungi Konoha dan seluruh dunia, termasuk mengorbankan dirinya. Sekarang giliran Sasuke untuk mewujudkan perkataannya kepada Boruto. Mungkin Sasuke baru akan menghadirkan mode final miliknya pasca Naruto tewas. Kita nantikan saja ya Geeks, apa yang kira-kira akan dilakukan oleh Sasuke untuk mengalahkan Isshiki.