Seperti yang sudah banyak disebutkan dalam berbagai artikel, angkatan laut merupakan salah satu kekuatan terbesar dalam dalam cerita One Piece selain para Yonko dan Pemerintah Dunia. Meskipun begitu, pada kenyataannya justru angkatan laut adalah instrumen bagi Pemerintah dunia. Merekalah penegak hukum dan menjadi perwakilan Pemerintah Dunia jika kemudian terdapat sebuah kesalahan atau kejahatan.

Masih belum diketahui memang sejak kapan angkatan laut didirikan. Namun, melihat bahwa angkatan laut adalah adalah instrumen dari Pemerintah Dunia, bisa diasumsikan organisasi ini muncul pasca terbentuknya Pemerintah Dunia sekitar 800 tahun yang lalu. Tentunya ada banyak perbedaan antara angkatan laut zaman dahulu dan sekarang, terutama dalam hal prinsip.

Banyak yang beranggapan bahwa angkatan laut zaman dahulu lebih memiliki prinsip, dan mereka menjadi contoh bagaimana seharusnya seorang angkatan laut yang berwibawa. Salah satu contoh hidup yang masih bisa kita lihat adalah Monkey D. Garp. Garp selalu berpendapat bahwa ada perbedaan jelas antara angkatan laut sekarang dan dahulu.

Seorang Vice Admiral Monkey D Garp Dan Bajak Laut Rocks - 22PortgasAngkatan laut sekarang terlalu memegang teguh absolute justice, dimana keadilan benar-benar ditegakan tanpa memandang bulu. Sedangkan sebagian angkatan laut tidak setuju akan hal itu, karena tidak semua harus dilihat dari kacamata absolute justice. Garp dan Smoker sadar akan hal tersebut, karena itulah mereka terkadang menaruh hormat terhadap musuhnya, contohnya adalah Smoker yang menghormati Luffy.

Selain terlalu memegang teguh terhadap absolute justice, angkatan laut sekarang juga cenderung “korup” dimana mereka terlalu dikendalikan oleh Pemerintah Dunia. Dan seolah angkatan laut tidak bisa bergerak sendiri. Inilah yang membuat Garp kecewa dengan angkatan laut, dan memutuskan untuk mundur dari angkatan laut bersama dengan Sengoku. Absolute justice tersebut sudah memakan korban, salah satunya adalah cucu kesayangannya yaitu Ace.

Kekecewaan inilah yang bisa jadi mendasari terbentuknya organisasi rahasia SWORD. Kita juga masih belum tahu kapan organisasi ini terbentuk, namun sejauh ini baru ada dua anggota yang diketahui menjadi bagian kelompok tersebut. Pertama adalah X Drake, yang merupakan pimpinan dari organisasi ini. Dan yang kedua adalah Coby. Banyak kemudian spekulasi bahwa nama-nama besar juga bergabung dalam kelompok tersebut.

Garp dan Kuzan menjadi dua nama yang paling santer diprediksi menjadi bagian dari kelompok tersebut. Garp dan Kuzan memiliki prinsip yang sama, hal ini dikarenakan Kuzan mengidolakan sosok Garp, termasuk bagaimana dia berprinsip. Kita juga masih belum mengetahui kapan SWORD dibuat, apakah sudah sejak lama atau baru saja dibentuk. Mungkin, SWORD baru dibentuk pasca peristiwa besar di Marineford dan hal ini sebagai bentuk “perlawanan” dari sistem yang ada. Mereka bergerak secara independen.

Wow! Eiichiro Oda Sang Kreator One Piece Tertarik untuk Mengisahkan Garp dan Dragon Lebih Detil! - KAORI NusantaraBergabungnya Aokiji ke kru Blackbeard dan X Drake ke Kaido, bisa menjadi salah satu misi besar mereka. Mungkin mereka bertugas mengumpulkan data-data dan juga berbagai informasi lainnya yang bisa memprediksi kemana arah dan tujuan mereka. Masih belum diketahui apakah masih ada sosok lainnya yang diawasi oleh SWORD. Pertanyaanya kemudian untuk apa semua hal tersebut?

Jawaban dari pertanyaan tersebut hanya satu, yaitu membalas dendam dan menggulingkan kekuasaan Pemerintah Dunia. Dengan kata lain, mereka berusaha mengakhiri dominasi Pemerintah Dunia, yang dianggap sangat korup dan terlalu memegang kendali. Jika kemudian memang itu adalah tujuan mereka, maka bukan tidak mungkin SWORD akan menjalin kerja sama dengan Pasukan Revolusi. Bahkan, mungkin mereka sebenarnya sudah mulai bekerja sama tanpa kita sadari.

Salah satu contoh kerja sama antara kedua organisasi rahasia tersebut adalah SWORD memberikan informasi detail mengenai lokasi dan segal informasi lainnya terkait Reverie, kepada Pasukan Revolusi. Informasi tersebut kemudian dimanfaatkan untuk melakukan penyerangan ke Mary Geoise, dan Sabo yang kemudian ditugaskan dalam misi tersebut.

Dalam klimaks ceritanya nanti, bukan tidak mungkin kita akan melihat momen dimana Garp akan bertarung bersama Luffy dan Dragon. Mereka bersama-sama akan menghancurkan pihak Pemerintah Dunia dan mengembalikan kejayaan klan D. Pertarungan ini akan menjadi pertarungan terbesar dan paling epik yang pernah ada dalam cerita One Piece.