Seri Digimon Adventure 2020 kembali menghadirkan episode yang penuh dengan aksi. Episode 21, “The Turning Tide”, menjadi salah satu episode yang penuh dengan adegan menegangkan dan aksi dari para karakternya. Ketika Izzy, Sora, Mimi, Joe sedang menghadapi Argomon yang kembali muncul di The Network, di sisi lain Tai, Matt, dan adiknya T.K – yang baru saja diselamatkan dari anak buah Devimon – berhasil menemukan lokasi yang diberikan oleh Ogremon.

Lokasinya sendiri mengarah pada sebuah menara tua yang menyeramkan. Dan ternyata menara tersebut menjadi tempat Skullknightmon untuk menyimpan Digiegg yang dia curi. Dan ternyata menara tersebut bukanlah menara dalam artian yang sebenarnya, melainkan sebuah Mutant Digimon, ElDradimon. Tapi, bukan itu saja cerita plot twist di episode ini.

Serinya menghadirkan kemampuan baru dari MetalGreymon yang belum pernah diperlihatkan sebelumnya. Teknik terbaru ini nyatanya mampu membalikan situasi pertarungan yang sedang dia alami. Seperti yang sudah kita lihat dari masing-masing DigiDestined dimana Digimon mereka berevolusi dari level Rookie menuju Champion dan terakhir menuju Ultimate, satu persatu, tidak heran jika kemudian kita akan melihat Mega form.

Sebelum Tai dan Matt masuk ke dalam banteng berjalan tersebut, mereka sempat dihadang oleh Splashmon yang tiba-tiba muncul dari miasma dan mengelilingi ElDradimon. Splashmon sendiri kemudian bertransformasi menjadi sosok Garurumon, yang mana transformasi ini justru terlihat sangat mengerikan. Bentuknya mirip seperti Pennywise.

Tidak mudah memang mengalahkan Splashmon, bahkan bisa dibilang mengalahkan Splashmon lebih sulit daripada mengalahkan Eyesmon seperti yang terjadi di Tokyo palsu – Tokyo buatan yang ada di dunia digital. Meskipun WereGarurumon dan MetalGreymon sudah berusaha keras, mereka tidak mampu menghadapi kecepatan dan kekuatan lainnya dari Splashmon. Akhirnya kedua Digimon tersebut pun kalah.

Splashmon kemudian membawa Digimon tersebut kembali ke alamnya, namun sebelum mereka berhasil melakukannya, Tai dengan keberaniannya kemudian mencoba melepaskan MetalGreymon dari cengkraman Splashmon. Dan hasilnya bisa diduga, Tai pun akhirnya terkena infeksi serangan Splashmon. Namun, Tai sempat mengeluarkan kata-kata terakhirnya yang justru membuat Digivicenya menyala dan membuat MetalGreymon menghadirkan sebuah kemampuan yang membalikan keadaan.

Dibandingkan dengan melakukan evolusi penuh, MetalGreymon menggunakan seluruh racun yang menutupi tubuhnya untuk kemudian digunakan sebagai senjata baru: ‘Positron Blaster”. Blaster terbaru ini, ternyata mampu membuat Splashmon tidak berdaya. Situasi pun kini berubah dimana peluang untuk terus merangsek masuk semakin besar. Tai, Matt, Agumon, dan Gabumon kemudian masuk ke bagian perut dari monster ElDradimon di akhir ceritanya. Masih harus kita nantikan kejutan apa lagi yang akan muncul di episode selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.