Musim kedua The Mandalorian sudah di depan mata, dan ketika para fans sudah tidak sabar untuk kembali melihat petualangan Din Djarin bersama The Child melintasi berbagai planet di galasi Star Wars, para fans kemudian mencoba berspekulasi siapa karakter yang akan mendapatkan sorotan lainnya, selain Din Djarin dan The Child. Salah satu karakter yang diprediksi akan mendapatkan banyak sorotan adalah Moff Gideon, yang di musim perdana berhasil dikalahkan oleh Din Djarin.

Siapa sebenarnya Moff Gideon dan apa sebenarnya rencana besar yang dia siapkan terhadap The Child masih menjadi sebuah misteri besar. Namun, seorang fans yang juga merupakan seorang Redditor mencoba memberikan teori tentang Moff Gideon. Dia menyebutkan bahwa ada kemungkinan bahwa Moff Gideo dulunya merupakan Inquisitorius.

Terlepas dari kejatuhan Empire, Gideon – yang merupakan mantan anggota biro keamanan Imperial – masih memiliki pengaruh besar untuk mengendalikan sisa-sisa pasukan dari Empire, seperti yang diperlihatkan di musim perdana kemarin. Gideon diperlihatkan masih memiliki kendali terhadap pasukan Stormtroopers. Sayangnya detail mengenai masa lalu Gideon masih sangat sedikit, selain diketahui dia pernah terlibat dalam peristiwa The Purge of Mandalore.

Namun, melihat Gideon begitu bersemangat untuk mendapatkan Darksaber dan menangkap kembali The child, memunculkan kemungkinan bahwa dia dulunya adalah mantan Inquisitor, dan namanya sendiri sebenarnya memberikan petunjuk akan hal tersebut. Lalu, apa sebenarnya Inquisitor? Apa perannya dalam franchise ini?

Pertama kali diperkenalkan dalam seri Star Wars Rebels, Imperial Inquisitor adalah pengguna Dark Side yang dilatih secara langsung oleh Darth Vader untuk memburu dan membunuh para Jedi. Kelompok ini bertanggung jawab atas perburuan Kanan Jarrus dan Ezra Bridges. Sempat menjadi kelompok mematikan, namun di awal Galactic Civil War kelompok ini kemudian menghilang karena menganggap ancaman para Jedi sudah tidak ada.

Bagaimana Gideon bisa pas dengan fakta tersebut bisa dilihat di musim pertama The Mandalorian, dimana dia berusaha untuk menangkap kembali The Child, yang merupakan pengguna The Force dan bisa menjadi sosok kunci untuk kebangkitan para Jedi. Siapa lagi yang akan dipanggil atau yang akan ditugasi terkait dengan ancaman bagi pihak Empire, jika bukan mantan Inquisitor seperti Moff Gideon. Gideon tentunya akan menghabisi dan menghentikan ancaman tersebut sebelum tumbuh menjadi lebih besar.

Seorang fans dengan nama u/TheMediocreCritics, menjelaskan bahwa nama Moff Gideon sendiri sangat mirip dengan sosok Gideon, seorang hakim dan pemimpin militer yang berasal dari kitab Perjanjian Lama. Dialah yang menjadi sosok kunci ketika menghadapi musuh. Dan jika dilihat dari kemiripannya, memang Gideon dalam kitab lama tersebut sesuai dengan Gideon dalam cerita Mandalorian yang dulunya merupakan Inquisitor.

Terlepas dari semua keterkaitan tersebut, musim kedua bisa menghadirkan cerita lebih banyak dari sosok Moff Gideo dan mengungkapkan alasannya mengapa dia mengincar The child. Selain itu, musim kedua juga bisa saja mengungkapkan masa lalu dari Gideon, apakah dia adalah pengguna Dark Side dan mantan Inquisitor yang memang terlatih untuk memburu para Jedi, ataukah Gideon hanya seorang pemimpin pasukan biasa yang memang menginginkan Empire untuk bangkit.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.