Peggy Carter

Sosok Peggy Carter mungkin lebih banyak dikenal sebagai kekasih dari Steve Rogers. Tapi, bagaimana jika kemudian bukan Steve Roges yang menjadi Captain America melainkan Peggy? Inilah cerita atau teori yang akan dijelaskan dalam seri animasi What If…? sebagai bagian dari TV series musim keempat MCU yang akan tayang di Disney Plus.

Meskipun baru akan dirilis pada 2022 mendatang, berdasarkan footage singkat saat SDCC dan Disney Expo kemarin, para fans sudah melihat bagaimana menakjubkannya jika Peggy yang kemudian akan menjadi Captain America. Peggy akan mengenakan variasi lain dari kostum Captain America.

Bucky Barnes

Bukan hal yang aneh jika kemudian para fans banyak berharap bahwa Bucky Barnes, suatu hari nanti, akan bisa mengisi posisi dari Steve Rogers sama seperti Dick Grayson mengisi posisi Batman. Tapi, bagaimana Bucky bisa berada di posisi tersebut sangatlah kompleks. Bucky diceritakan tewas saat perang dunia kedua, dan benar-benar diberikan cerita yang heroik dan dramatis.

Namun, Bucky kemudian baru benar-benar ditunjuk menjadi Captain America setelah peristiwa dari Civil War. Bucky adalah seorang tentara sejati, tapi bukan seorang pemimpin. Hal inilah yang kemudian sempat membuat Bucky frustasi di awal kemunculannya sebagai sosok Captain America. Bucky sempat mengalami kebingungan dalam memerankan perannya sebagai Captain America.

Sam Wilson

MCU sepertinya akan mencoba mengeksplorasi cerita dimana Sam Wilson yang justru menjadi pengganti dari Steve Rogers, dan bukan Bucky Barnes. Tapi, hal ini bukan pertama kali terjadi. Dalam cerita komiknya, Sam Wilson memang pernah menjadi sosok Captain America menggantikan posisi Steve. Sam berhasil membangun jatidirinya sendiri sebagai sosok Captain America.

Sam juga menghadapi berbagai masalah yang unik dimana masalah tersebut sebelumnya belum pernah dihadapi oleh Steve Rogers. Sam Wilson sendiri mengakui bahwa meskipun dia hanyalah “pengganti” dari Steve Rogers, tapi dia adalah pengganti yang sepadan untuk Steve.

Klasik

Versi klasik buku komik dari Captain America memang sangat unik, karena itulah dia sangat populer sejak pertama kali diperkenalkan pada 1941. Marvel menghadirkan sebuah gambar yang sangat ikonik bahkan sampai sekarang, dimana diperlihatkan Steve sedang memukul Hitler. Dan selama lebih dari dua dekade, Steve mengalami masa-masa baik dan buruk sebelum kemudian dia bergabung dengan Avengers di tahun 1960an, dan dibuang menuju sebuah universe tersembunyi (pocket universe) di tahun 1990an.

Marvel Cinematic Universe

Selama berpuluh-puluh tahun muncul di komik Marvel, Captain America bukanlah salah satu karakter pahlawan yang populer dari perusahaan komik tersebut. Namun, hal itu berubah sejak awal 2000an dimana Ed Brubaker memberikan perubahan terhadap Captain America. Dan sosok karakter Captain America di tahun 2000an itulah yang kemudian menjadi inspirasi sosok Captain America yang muncul di MCU.

Sosok Steve Rogers versi MCU, yang diperankan oleh Chris Evans, dianggap sebagai salah satu versi Captain America terbaik saat ini. Bukan hanya menjadi sosok pahlawan penting bagi franchisenya, Captain America ini juga menjadi sosok penting dalam kebudayaan populer. Dia adalah orang yang mau berdiri demi kebenaran, dan melindungi mereka yang tidak bisa melindungi dirinya sendiri. Benar-benar sosok superhero sejati.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.