Bisa dikatakan bahwa Captain America adalah ujung tombak dari Marvel Comics. Beberapa karakter memang jauh lebih populer dibanding Captain America, contohnya adalah Spider-Man. Namun, apa yang diperlihatkan di MCU membuat Steve Rogers berubah menjadi salah satu contoh budaya pop yang berkembang saat ini. Sebagian mungkin tidak ada yang tahu bahwa Captain America merupakan titel yang pernah digunakan oleh beberapa karakter.

Selama bertahun-tahun, Marvel terus memberikan perubahan terhadap Captain America. Bukan hanya menghadirkan berbagai versi Captain America di Earth-616, Marvel juga memberikan berbagai versi Captain America di realita alternatif Marvel. Lalu, siapa saja yang pernah mengisi titel sebagai Captain America?

Hydra Cap

Hydra Captain America adalah sosok yang muncul dalam cerita Secret Empire, dan sosok ini banyak menuai kontroversi di kalangan para fans. Pasalnya, selama ini Captain America dikenal sebagai sosok yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai Amerika dan rela mati demi berjuang membela Amerika. Tapi, Hydra Cap ini adalah sebuah gambaran jika Captain America berada di pihak musuh.

Memang, semua ini tidaklah nyata. Hal ini bisa terjadi karena sosok Red Skull dengan bantuan dari Cosmic Cube alias Kobik. Red Skull mencoba menciptakan sebuah dunia, dimana sedari kecil Steve Rogers sudah diasuh dan dibesarkan oleh Hydra. Dan misi besar dari Hydra Cap sendiri adalah menghancurkan dunia. Beruntung, Steve Rogers yang asli berhasil mengalahkan Hydra Cap.

Captain America 2099

Marvel selalu berusaha menampilkan hal baru terhadap komik-komiknya, termasuk konsep cerita yang berdasarkan timeline. Salah satu contohnya adalah cerita Marvel 2099, dimana dalam seri ini kita akan melihat para pahlawan Marvel yang berasal dari masa depan, termasuk Captain America. Captain America 2099 merupakan sosok yang baru dan sangat “unik”.

Captain America 2099 bukanlah Steve Rogers melainkan Roberta Mendez. Dia adalah seorang wanita yang disuntikan serum Super Soldier. Dan hasilnya ternyata sangat luar biasa, dimana Roberta kemudian menjadi pengganti Steve Rogers di masa depan. Ironisnya adalah sebenarnya Roberta sejak awal tidak mau menjadi subjek dari Super Soldier, tapi pemerintah memaksa hal tersebut pada Roberta.

Soldier Supreme

Selain bermain-main dengan lini masa, Marvel juga bermain-main dengan konsep lainnya seperti menggabungkan dua sosok karakter menjadi satu. Soldier Supreme adalah salah satunya. Soldier Supreme merupakan gabungan antara Steve Rogers dan Dr. Strange, dan peristiwa ini terjadi dalam Infinity Warps. Hasilnya memang sangat luar biasa, Soldier Supreme bisa dibilang merupakan salah satu versi alternatif terkuat dari Captain America.

Karakter Soldier Supreme ini bergabung dalam perang dunia kedua. Dan dalam pertempuran tersebut, dia bukan hanya bertarung dengan determinasi dan kekuatan dari Captain America, melainkan juga menggunakan ilmu sihir dari Dr. Strange. Selain dari segi kekuatan, dari segi desain karakter dan kostum pun Soldier Supreme sangat menarik.

U.S. Agent

Ketika Steve Rogers memutuskan untuk pensiun sebagai Captain America, pihak pemerintah Amerika sendiri kemudian mulai mencari sosok untuk menjadi pengganti Steve. John Walker kemudian terpilih untuk menjadi Captain America selanjutnya. Sayangnya, harapan pemerintah Amerika nyatanya tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan.

Berbeda dengan Steve Rogers, John Walker menghabisi musuh-musuhnya dengan cara yang brutal. Dia bahkan tidak ragu untuk membunuh musuhnya, salah satu hal yang sangat jarang dilakukan oleh seorang Captain America. Karena hal inilah yang membuat Steve akhirnya kembali dari pensiunnya, dan berhasil kembali menjadi Captain America. John walker sendiri kemudian menjadi “dirinya sendiri” dengan menggunakan nama U.S. Agent.

Ultimate Comics

Captain America versi Ultimate comics memiliki keunikannya sendiri dibandingkan versi lain. Dalam versi Ultimate Comics ini, hampir mirip dengan sosok John Walker. Sikapnya lebih brutal dari sosok Steve yang kita kenal dan lebih mengerikan dari apa yang selama ini diperlihatkan. Karena itulah Captain America versi ini sempat juga menghadirkan perdebatan panas di kalangan fans. Meskipun begitu, cerita origin dan kekuatannya tetap sama dengan dengan versi Earth-616, dan dia juga bertarung dengan keberanian dan ketegaran yang sama dengan versi utama.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2