Dengan musim kedua dari The Mandalorian yang sudah akan segera tayang perdana, para fans mulai bersiap untuk menyambut cerita baru dari serinya. The Mandalorian musim kedua masih berfokus pada sosok Din Djarin yang berusaha mengembalikan Baby Yoda alias The Child kembali ke komunitasnya. Namun, tentu perjalanan Mando tidak akan mudah.

Dalam petualangannya, Mando akan kembali menghadapi Moff Gideon dan berbagai ancaman lainnya. Namun, yang tidak kalah menarik lainnya dari musim kedua ini adalah fakta bahwa kemungkinan munculnya Mandalorian lain dalam cerita. Lalu, kira-kira siapa saja Mandalorian lainnya yang bisa muncul di musim kedua ini?

Bo-Katan Kryze

Dari semua karakter Mandalorian yang pernah muncul, Bo-Katan mungkin adalah karakter yang paling memiliki alasan yang jelas mengapa dia harus muncul di seri The Mandalorian. Terakhir kali Bo-Katan terlihat dalam seri Rebels, dimana dia berhasil mendapatkan Darksaber dan menjadi pemimpin para Mandalorian untuk bertarung melawan Empire.

Tapi, mengingat sekarang Dark Saber berada di tangan Moff Gideon, artinya nasib dari Bo-Katan masih misterius. Karena Kryze merupakan salah satu anggota dari Death Watch saat peristiwa Clone Wars terjadi, ada kemungkinan bahwa dia pernah bertemu dengan Din Djarin. Setidaknya, serinya akan mereferensikan tentang sosok Bo-Katan dan menyebutkan bagaimana dia mendapatkan pedang Darksaber. Jika Bo-Katan – dan Mandalorian – terbunuh dalam peristiwa the Purge, hal ini bisa jadi motivasi lebih bagi yang lain untuk bangkit dan melawan Gideon.

Sabine Wren

Selain Ahsoka Tano, Sabine mungkin adalah karakter Mandalorian lainnya yang sangat diinginkan untuk muncul di musim kedua ini. Rumor awal menyebutkan bahwa The Mandalorian sudah menemukan aktris yang akan memerankan karakter ini, namun belum ada konfirmasi perihal hal tersebut. Terlepas dari itu semua, Sabine memiliki beberapa alasan menarik mengapa dia harus muncul di series The Mandalorian.

Sabine terakhir kali diperlihatkan sedang berpetualang bersama Ahsoka Tano, untuk mencari keberadaan Ezra Bridger di akhir Star Wars: Rebels. Jika Mando kemudian mencari sang Jedi di musim kedua, atau mencari Mandalorian lainnya, Sabine bisa menjadi sosok yang tepat untuk mencari tahu keberadaan yang lainnya. Jika memang Bo-Katan memang tewas, maka Sabinelah yang pantas memiliki Darksaber.

Rook Kast

Rook Kast merupakan salah satu Mandalorian yang kurang begitu populer dalam cerita Clone Wars. Dia adalah seorang penasihat bagi Maul ketika Maul menjadi pemimpin dari Shadow Collective. Meskipun dalam seri animasinya Kast hanya muncul pada saat pertempuran ataupun “dibalik layar”, namun dalam komik Darth Maul: Son of Dathomir dia memiliki peran yang sangat besar.

Kast adalah orang yang membebaskan Maul dari Darth Sidious bersama rekan Mandalorian lainnya, Gar Saxon. Namun, dalam cerita Rebels Saxon harus tewas di tangan Ursa Wren. Sedangkan nasib dari Rook Kast sendiri masih belum diketahui. Dia ditangkap pasca Maul berhasil dikalahkan oleh Ahsoka Tano di Mandalore.

Ursa Wren

Sama seperti kebanyakan Mandalorian lainnya yang bertarung melawan pendudukan Empire, nasib dari ibu Sabine Wren, Ursa Wren, juga tidak diketahui. Terakhir kali Ursa terlihat memberikan pedang Darksaber kepada Bo-Katan, dan bersumpah untuk membangun Mandalore yang baru. Hal ini artinya Ursa kemungkinan ada dalam peristiwa Great Purge.

Sebagai mantan rekan terdekat dari Bo-Katan, Ursa banyak pengalaman dengan bergabung dalam berbagai kelompok seperti Nite Owls, Siege of mandalore, dan pasukan perlawanan Empire. Ada kemungkinan bahwa Ursa berada di saat Gideon mendapatkan Darksaber. Dia bisa menjadi kunci dari kebangkitan para Mandalorian.

Tristan Wren

Salah satu karakter lainnya dari klan Wren, sekaligus merupakan anak dan adik dari Ursa dan Sabine Wren. Tristan Wren bisa muncul sebagai cameo di musim kedua The Mandalorian, jika memang salah satu fokus ceritanya adalah tentang peristiwa the Great Purge. Tristan Wren merupakan tokoh kunci dalam beberapa pertempuran besar yang dialami para Mandalorian, dan koneksinya dengan Sabine membuat Tristan bisa muncul dalam cerita manapun yang terdapat Sabine di dalamnya.

Fenn Rau

Karakter minor lainnya dalam seri Star Wars: Rebels, Fenn Rau sebenarnya memiliki ceritanya sendiri dalam seri tersebut tapi kemudian dia kemudian menjalin aliansi dengan Bo-Katan, klan Wren, dan seluruh Mandalorian lainnya. Dia pernah bergabung dalam pertarungan Battle of Atollon, dan pernah bergabung dalam penyerbuan Star Destroyer milik Tiber Saxon untuk menghentikan senjata super ‘Duchess” milik sabine. Rau sendiri kemungkinan terlibat dalam peristiwa the Purge.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.