Tampak jelas bahwa Marvel berencana untuk memperkenalkan multiverse di MCU melalui film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Multiverse tentunya akan menjadi komponen kunci di MCU, di masa yang akan datang. Ide multiverse sendiri sebenarnya telah dibangun Marvel bertahun-tahun lalu. Pada tahun 2011 lalu, Marvel mengenalkan Nine Realms lewat film Thor. Kemudian, film Doctor Strange memperkenalkan dunia lain di multiverse. Bahkan dalam misi mengalahkan Thanos di Avengers: Endgame, para pahlawan terkuat di Bumi melakukan perjalanan waktu yang pada akhirnya mengubah sejarah, dan sebagai gantinya mereka membuat timeline baru yang terpisah.

Multiverse diharapkan menjadi lebih penting dalam film-film MCU mendatang. Yang dapat dilakukan Marvel dengan konsep multiverse sebenarnya tidak terbatas, karena tidak ada batasan yang diketahui tentang berapa banyak timeline atau dimensi yang ada. Multiverse dapat memperkenalkan semua jenis pahlawan dan villain baru yang hidup di dunia paralel di Marvel Comics, yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Berikut adalah setiap film dan serial di phase 4 yang akan menyertakan multiverse.

WandaVision

Sejak Black Widow diundur ke tahun 2021, proyek pertama dalam phase 4 MCU adalah WandaVision, sebuah serial di Disney+ yang akan menyoroti karakter Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) dan Vision (Paul Bettany). Serial ini akan menampilkan mereka berdua yang tinggal bersama di sebuah pinggiran kota. Namun tiba-tiba, ada sebuah kejadian aneh yang tidak dapat dijelaskan. Trailer serial WandaVision telah mengungkapkan bahwa serialnya akan bertema sitkom jaman dahulu. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah Wanda terjebak di multiverse dan ia berada di timeline yang berbeda? Bisa jadi bahwa Wanda meninggalkan dunia asalnya, dan menciptakan sebuah dunia baru, sehingga ia akhirnya bertemu dengan versi Vision yang tidak mati.

Dalam salah satu adegan dalam trailernya, terlihat adanya karakter yang diperankan oleh Kathryn Han. Besar kemungkinan jika karakter yang ia perankan adalah Agatha Harkness. Petunjuk utama bahwa multiverse akan jadi tema utama dalam serialnya adalah fakta bahwa Wanda juga akan muncul di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Cerita antara serial WandaVision dan Doctor Strange in the Multiverse of Madness saling terhubung. Yang jelas, Wanda sepertinya menciptakan realitasnya sendiri dengan kemampuannya, dan itulah mengapa Vision tiba-tiba hidup kembali.

Spider-Man 3

Telah dipastikan bahwa Jamie Foxx akan kembali memerankan kembali Electro di film Spider-Man 3. Sebelumnya, Jamie Foxx memerankan karakter tersebut di film The Amazing Spider-Man 2. Film The Amazing Spider-Man sendiri tidak memiliki kontinuitas yang sama dengan film-film di MCU. Itu berarti bahwa Peter Parker versi Tom Holland hanya dapat bertemu dengan Electro versi Jamie Foxx jika film The Amazing Spider-Man dan Spider-Man 3 saling terhubung. Karena Doctor Strange akan hadir dalam film Spider-Man 3, maka sepertinya multiverse menjadi penting dalam filmnya nanti. Dengan adanya multiverse dalam film tersebut, karakter lain dari film Spider-Man sebelumnya, termasuk Tobey Maguire dapat muncul.

Loki

Loki (Tom Hiddleston) adalah salah satu karakter paling menonjol di phase 4. Versi utama Loki sudah mati, tetapi Avengers: Endgame memperlihatkan bahwa Loki hidup kembali. Dalam film tersebut, Avengers kembali masa lalu untuk mendapatkan Space Stone. Tetapi rencana mereka gagal karena Loki berhasil merebutnya dan melarikan diri dari SHIELD. Film Endgame tidak memperlihatkan apa yang Loki lakukan setelah ia berhasil kabur, tetapi aktivitas yang ia lakukan melibatkan tentang perjalanan waktu. Entah apa yang Loki lakukan, tindakannya malah menarik perhatian dari Time Variance Authority (TVA), sebuah kelompok yang bertanggung jawab untuk mengawasi timeline. Dengan adanya TVA, berarti akan ada multiverse dan perjalanan waktu dalam serial Loki.

Serial Loki menjadi kesempatan yang sangat baik bagi Marvel untuk mulai memperkenalkan Kang the Conqueror yang diperankan oleh Jonathan Majors, di mana ia akan menjadi pemeran kunci di film Ant-Man 3. Sebelumnya, dikabarkan juga bahwa Kang dapat muncul di serial Loki dalam beberapa kapasitas. Sebagai villain yang sering berpetualang lintas waktu, maka masuk akal jika Kang menarik perhatian TVA, yang tugasnya melindungi timeline agar tidak menjadi kacau.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Mungkin film terbesar di phase 4 adalah film Doctor Strange in the Multiverse of Madness atau singkatnya Doctor Strange 2. Film tersebut diperkirakan akan menjadi film puncak dari semua yang terjadi di WandaVision, Spider-Man 3, dan serial Loki. Seperti yang tersirat dalam judulnya yaitu Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Doctor Strange akan dipasangkan dengan Scarlet Witch dan mereka bersiap untuk berpetualang di multiverse. Selama di sana, tidak ada yang tau siapa atau apa yang bisa mereka temui. Mereka bisa saja bertemu dengan versi baru dari karakter MCU yang sebelumnya sudah ada, atau mereka menemukan pahlawan dari dunia baru. Salah satu pahlawan baru yang mungkin mereka temui di multiverse adalah America Chavez, yang diyakini oleh banyak orang muncul dalam film tersebut. Adapun siapa villainnya, besar kemungkinan jika Nightmare akan menjadi villain utama. Dia adalah sosok yang sering mengusik mimpi dan akan menjadi ancaman besar yang dihadapi Strange dan Scarlet Witch di Doctor Strange 2.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/