Sebagian besar Geeks mungkin akan menjawab Jason Lee Scott, jika ditanya siapa Power Ranger merah pertama. Dia adalah Ranger merah di tim Mighty Morphin Power Rangers. Tapi, dalam versi komik Boom! Studios, Jason bukanlah yang pertama. Grace Sterlinglah yang pertama. Ketika Mighty Morphin Power Rangers harus menghadapi kesulitan saat menghadapi Dark Rangers, Billy kemudian mencari sosok Grace Sterling.

Dalam pertemuannya dengan Grace, Billy meminta Grace menjalankan protokol hijau atau Green Protocol. Namun, ternyata Grace sudah mengembangkan Green Rangernya sendiri secara diam-diam. Hal ini membuat Billy dan mungkin sebagian para pembaca komiknya merasa terkejut bahwa Grace mengembangkan Ranger hijaunya sendiri. Tapi, hal ini sebenarnya bukanlah kejutan dari sosok karakter yang memang sudah lama memiliki sejarah dengan Power Rangers. Karena, dialah Ranger merah pertama di bumi pada saat itu.

Banyak fans dari berbagai seri Power Rangers sepertinya tidak sadar tentang sosok Grace Sterling, karakter orisinal yang khusus dibuat untuk cerita Power Rangers produksi Boom! Studios. Meskipun hanya sedikit penampilannya, Grace sudah menjadi sosok penting dalam komik Mighty Morphin Power Rangers, dan juga menjadi sosok penting dalam sejarah para Rangers serta universe mereka.

Memang tidak banyak informasi yang bisa digali dari masa lalu Grace, tapi dia pernah menjadi bagian dari NASADA (NASA versi komi Power Rangers). Dia bergabung dengan NASADA di pertengahan tahun 1960an, seperti yang ditunjukan dalam pernampilan perdananya pada komik Power Rangers #17.

Advertisements

Ketika Grace bekerja di NASADA, dia ikut ambil bagian dalam program misi ke bulan untuk yang pertama. Sayangnya, di era-era tersebut seksisme masih sangat kental terjadi, yang mana kecerdasan dan kejeniusan Grace membuat para atasannya mencegah Grace untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Saat malam peluncuran perdana ke bulan tiba pada 1969, Grace hanya melihatnya dari markas NASADA sambil mengutarakan kekecewaannya kepada rekan kerjanya.

Namun, ketika sedang berbicara dengan rekannya, tiba-tiba dia diteleportasi oleh Zordon ke markas pusat, bersama dengan empat orang lainnya yang mana mereka kemudian akan menjadi Power Rangers pertama di bumi. Misi pertama mereka adalah pergi ke bulan, yang mana misi tersebut membuat Psycho Green merasa terganggu. Misi Psycho Green sendiri pada saat itu adalah membebaskan Rita Repulsa.

Grace, sebagai Ranger merah pertama, berjuang sekuat tenaga dan berbuat semampunya untuk bia memimpin tim tersebut. Meskipun tidak ada latihan terlebih dahulu dan tidak tahu apa yang sedang dan akan mereka hadapi, Grace bisa dibilang sukses untuk menjadi pemimpin pertama para Rangers di bumi. Sayangnya, dari kelima orang tersebut hanya Grace dan satu orang lainnya yang berhasil kembali selamat dalam keadaan hidup.

Setelah mereka kembali ke markas pusat, Grace benar-benar marah terhadap Zordon yang mengirim mereka dalam sebuah misi bunuh diri. Grace sendiri kemudian pergi dari pusat kendali dan meninggalkan Zordon dalam keadaan yang sangat marah. Grace membawa serta pisau kecil milik Psycho Green. Dan pasca kejadian yang membuatnya trauma tersebut, Grace kemudian memutuskan untuk mundur dari NASADA dan membangun perusahaannya sendiri, Promethea.

Dalam komiknya Promothea tumbuh menjadi perusahaan terbesar dan tersukses, bahkan perusahaan mereka kini berpindah lokasi. Berawal dari Silicon Valley, mereka kemudian pindah ke sebuah komplek pulau pribadi di San Francisco. Perusahaan ini yang menjadi tempat Billy Cranston, sang Ranger biru, magang. Namun, Billy memutuskan untuk keluar karena menjadi Power Rangers membuat waktunya tersita.

Advertisements

Sejak membangun Promothea, Grace sudah sering dimintai bantuan dan memberikan bantuan kepada tim Power Rangers. Grace seolah bertindak sebagai mentor bagi para Rangers tersebut, dan bahkan menguji sampai sejauh mana kepercayaan mereka dengan Grace yang memenjarakan Lord Drakkon tanpa memberi tahu para Rangers. Bahkan, Lord Drakkon adalah sosok yang disebut oleh Grace sebagai Ranger hijau pribadinya.

Bisa diasumsikan bahwa penelitian dan berbagai riset lainnya dari Lord Drakkon, sebagian besar dikarenakan rasa dendamnya terhadap Psycho Green. Dengan Lord Drakkon berada di tangan Grace, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Grace bisa menciptakan sebuah ancaman yang sangat luar biasa besar, atau justru dia berhasil membuat sebuah teman/sekutu yang sangat dahsyat.

Grace Sterling mungkin memang bukan nama yang banyak dikenal dalam sejarah Power Rangers, tapi bisa dipastikan dia adalah salah satu nama yang paling penting dan berpengaruh dalam sejarah Power Rangers. Grace Sterlin bisa menjadi sosok yang krusial untuk menghadapi ancaman yang akan datang di masa depan.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/