Menjadi Hokage adalah sebuah tugas yang sangat berat. Dia menjadi pemimpin untuk desa Konoha, dan harus mengatur seluruh masyarakatnya dan juga seluruh pasukan ninja yang ada di desa itu. Tidak jarang juga Hokage harus turun tangan langsung untuk menghadapi ancaman yang datang ke desa Konoha.

Inilah yang sedang dihadapi oleh Naruto pada saat ini, dimana dia sedang menghadapi sosok Isshiki Otsutsuki. Nyawa Naruto terancam hilang karena harus menggunakan teknik berbahaya, dimana dia akan memaksimalkan seluruh chakra Kurama yang ada dalam tubuhnya. Jika Naruto tewas, lalu siapa yang kira-kira pantas menggantikannya?

Uchiha Sasuke

Sasuke dikenal sebagai “Hokage yang lain” karena dia selalu menjadi tangan kanan dari Uzumaki Naruto.  Sudah sejak lama Sasuke menjadi rival dari Naruto. Untuk masalah kekuatan dan kemampuan dari Sasuke tentunya tidak perlu diragukan lagi. Kecerdasan, ketenangan, dan kemampuannya membuat Sasuke menjadi salah satu kandidat kuat dari Hokage Konoha selanjutnya.Sasuke sama seperti Naruto, di mana ia sudah mengalami banyak hal dalam hidupnya, termasuk peperangan yang melibatkan Konoha. Menjaga perdamaian dari lima negara adalah sebuah tugas yang sulit, tapi dengan pengalaman yang dia miliki, dia bisa melakukan hal itu meskipun mungkin di satu sisi dia mungkin tidak setuju dengan adanya perdamaian ini.

Nara Shikamaru

Shikamaru adalah penasihat langsung bagi Uzumaki Naruto, dan dia sebelumnya pernah menjabat menjadi penasihat buat Hokage keenam, yaitu Kakashi. Dengan kecerdasan yang tinggi, tidak banyak orang yang selalu memperhitungkan semuanya dan juga memiliki karakter setenang Shikamaru. Menurut Kakashi, Shikamaru bahkan bisa saja menjadi Hokage di kemudian hari.

Meskipun dari segi level kekuatannya Shikamaru tidak lebih kuat dari Naruto, Shikamaru tetap memiliki peluang yang sama untuk bisa menggantikan Naruto di kemudian hari. Sudah banyak bukti kecerdasan dari Shikamaru, mulai dari seri Naruto sampai seri Boruto. Shikamaru selalu diandalkan dalam membuat sebuah keputusan. Oleh karena itulah, Shikamaru punya peluang menjadi Hokage buat menggantikan Naruto.

Haruno Sakura

Sakura dulunya merupakan anggota dari Team 7, bersama dengan Naruto, Sasuke, dan Kakashi.  Selain itu, dia juga merupakan seorang ninja medis yang luar biasa. Semuanya berkat didikan dari Hokage kelima yaitu Tsunade Senju. Sakura tentunya bukan seorang Kunoichi yang bisa dipandang sebelah mata. Meskipun mungkin dia tidak banyak melakukan misi belakangan, tapi dia tetap salah satu shinobi yang kuat.

Salah satu bukti kekuatannya adalah dia mampu melampaui Tsunade sebagai seorang ninja, dan jika Tsunade bisa memimpin desa Konoha sebagai seorang Jonin, maka Sakura juga bisa. Meskipun Sakura tidak bisa sekuat Naruto, di bawah kepemimpinan Sakura desa Konoha bisa hidup dengan baik.

Kakashi Hatake

Kakashi Hatake merupakan Hokage keenam di desa Konohagakure, setelah Tsunade Senju. Kakashi juga menduduki posisi Hokage setelah perang besar ninja keempat selesai. Setelah kejadian itu, Kakashi langsung ditunjuk sebagai Hokage. Kakashi juga bertarung dengan sangat berani dan spartan, yang cukup untuk meyakinkan reputasinya menduduki jabatan tersebut.

Namun, masa jabatan Kakashi sendiri terbilang sangat singkat karena Kakashi kemudian memutuskan untuk mundur dari jabatannya, sebelum Naruto Uzumaki kemudian menjadi penggantinya. Meskipun Kakashi sudah pernah menjadi Hokage, peraturan di Konoha membolehkan mantan Hokage untuk kembali menjabat jika memang memungkinkan. Contoh nyatanya adalah Hiruzen Sarutobi yang kembali menjabat karena mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Minato.

Konohamaru Sarutobi

Konohamaru adalah murid dari Uzumaki Naruto, dan juga cucu dari Hokage ketiga, Hiruzen Sarutobi. Sedari kecil dia juga memiliki mimpi buat menjadi Hokage, dan karena itulah dia sangat mengidolakan Naruto. Selama perkembangan cerita Naruto dan Boruto, Konohamaru sudah berubah dari seorang genin cilik menjadi salah satu Jonin terkuat Konoha.

Kemampuan Jutsu Konohamaru yang sangat kaya dan juga kemampuan Konohamaru dalam memutuskan sesuatu, menjadi modal yang cukup untuk menjadi seorang Hokage hebat. Meskipun dia bukan seorang shinobi yang kuat untuk saat ini, tapi dia punya peluang yang sama buat menjadi Hokage selanjutnya di Konoha.