Dalam chapter terbaru Boruto: Naruto Next Generation kita melihat bagaimana nyawa Uzumaki Naruto terancam. Hal ini dikarenakan dia harus menghadapi Isshiki Otsutsuki yang level kekuatannya jauh di atas Naruto dan Sasuke. Mereka berdua benar-benar kewalahan dan tidak berdaya saat menghadapi Isshiki. Karena melihat tidak ada acara lain untuk bisa mengalahkan Isshiki, akhirnya Naruto pun melakukan usaha terakhir.

Naruto sepertinya menggunakan seluruh chakra Kurama, yang membuatnya mendapatkan semacam form baru. Apa yang dilakukan oleh Naruto memang seolah sudah menjadi resiko sebagai seorang Hokage. Mereka semua harus siap mengorbankan jiwa dan raga mereka. Selain Naruto, sebenarnya ada beberapa Kage lainnya yang memiliki nasib yang sama dengan Naruto. Siapa saja?

Minato Namikaze

Minato Namikaze sang cahaya kuning dari Konoha ini merupakan seorang shinobi yang kuat, dan juga berbahaya. Bahkan, dia sangat ditakuti oleh shinobi dari desa lainnya. Menurut Jiraiya, dia merupakan Shinobi yang hanya muncul sekali dalam satu generasi. Minato sendiri merupakan ayah dari Uzumaki Naruto.

Minato memiliki karir yang cemerlang. Selain menjadi seorang shinobi hebat, dia juga menjadi sosok Hokage di usia yang masih muda. Namun, sayangnya, nasib Minato sebagai Hokage keempat harus berakhir tragis. Minato tidak lama menjabat sebagai Hokage, karena dia harus mengorbankan nyawanya demi melindungi desa Konoha dari amukan Kurama. Tidak ada pilihan lain, Minato pun kemudian menyegel Kurama dalam tubuh Naruto.

Hiruzen Sarutobi

Hiruzen merupakan Hokage Ketiga di desa Konoha dan sama seperti Hashirama Senju, dia dikenal sebagai dewa para Shinobi. Dia memiliki kekuatan yang dahsyat dan memiliki kemampuan dalam berbagai hal tentang ninja. Dia mempelajari semua jutsu yang ada dalam cerita Naruto. Dengan kemampuan tersebut wajar kemudian Hiruzen meraih predikat dewa Shinobi.

Selain menjadi dewa shinobi, Sarutobi juga merupakan salah satu Hokage terhebat dan terbaik yang pernah dimiliki Konoha. Tapi, sayangnya, nyawa Sarutobi harus hilang di tangan mantan muridnya sendiri, Orochimaru. Saat itu, Orochimaru mencoba untuk menghancurkan desa Konoha. Namun, dia berhasil menghentikan usaha Orochimaru tersebut dengan mengorbankan nyawanya.

Tobirama Senju

Tobirama merupakan Hokage kedua di desa Konohagakure dan merupakan adik dari Hashirama Senju. Menjadi salah satu dari anggota klan Senju, Tobirama diberkahi oleh kekuatan chakra yang melimpah dan kemampuan bertarung yang tinggi. Tidak perlu diragukan lagi kalau Tobirama merupakan salah satu shinobi yang paling kuat dalam cerita Naruto. Dia bahkan mengejutkan Madara Uchiha dengan kemampuan bertarungnya saat perang besar ninja.

Sayangnya, nasib dari Tobirama harus berakhir dengan tragis dimana adik dari Hokage pertama ini meninggal dikarenakan mengorbankan dirinya sendiri untuk menjadi umpan terhadap musuh saat timnya terkepung, dan Tobirama melakukan itu agar murid-murid nya bisa selamat dari kepungan musuh. Kematian ini benar-benar sangat memilukan khususnya bagi Sarutobi.

Kazekage ketiga

Kazekage ketiga ini dikenal sebagai Kazekage terkuat sepanjang sejarah desa Sunagakure, sebelum kemudian muncul sosok Gaara. Umumnya para Kazekage di desa tersebut, dia diberkahi Kekkei Genkai Jiton, atau pengendalian pasir magnet. Hal inilah yang menjadi salah satu sumber kekuatan dari Kazekage ketiga. Sayangnya, Kazekage ketiga harus tewas secara misterius.

Inilah 10 Fakta Kazekage Ketiga yang Harus Kalian Ketahui - Sobat WKN Official BlogNamun, fakta kemudian terungkap bahwa Kazekage ketiga diculik oleh Sasori dan kemudian dibunuh secara brutal. Yang lebih mengerikannya lagi adalah Sasori menjadikan Kazekage ketiga sebagai bonekanya. Dan menurut Sasori, dengan usaha yang yang harus dia keluarkan untuk menangkap Kazekage ketiga menjadikannya sebagai boneka favorit Sasori.

Rasa

Rasa merupakan ayah dari Gaara sekaligus merupakan Kazekage keempat. Sebagai Kazekage, Rasa memang tidak kalah kuat dari pendahulunya. Namun, tidak banyak hal yang diketahui tentang Kazekage keempat ini selain catatan buruk yang dia lakukan terhadap Gaara. Dia diketahui memaksa Gaara untuk menjadi Jinchuuriki, dan dia juga yang hampir saja merenggut nyawa anaknya.

Sayangnya, Rasa harus tewas secara mengenaskan di tangan Orochimaru. Hal ini terjadi ketika Orochimaru datang ke Konoha untuk melakukan penyerangan. Dalam peristiwa tersebut Orochimaru berhasil membunuh Rasa dengan pedang Kusanagi.

Gaara

Gaara adalah anak dari Kazekage keempat, Rasa, dan merupakan Jinchuuriki dari bijuu ekor satu, Shukaku. Gaara dianggap sebagai sosok yang gagal oleh ayahnya, dan dia pun tidak segan untuk membunuh siapa saja yang menghalangi jalannya sampai kemudian dia bertemu dengan Uzumaki Naruto.

Setelah bertemu dengan Naruto, dan memahami apa yang dia rasakan, Gaara kemudian sadar kesalahan pada dirinya dan memilih untuk menjadi shinobi yang lebih baik. Gaara sebenarnya pernah tewas saat Akatsuki berhasil mengeluarkan Shukaku dari tubuh Gaara, dan momen tersebut benar-benar sangat mengerikan. Dengan menukarkan nyawanya, nenek Chiyo kemudian berhasil menghidupkan kembali Gaara .

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.