Haki merupakan salah satu kekuatan misterius yang ada di cerita One Piece. Secara garis besar ada tiga jenis Haki yang sampai saat ini teridentifikasi di kisah One Piece, yaitu Armament Haki, Observation Haki, dan Conqueror Haki. Biasanya, seseorang hanya mampu untuk menguasai satu atau dua Haki saja. Namun, ada beberapa karakter spesial yang bisa menguasai dan menggunakan ketiga jenis Haki tersebut sekaligus. Siapa saja?

Charlotte Katakuri

Katakuri adalah karakter yang sudah menguasai kemampuan Haki Kebunshoku dengan membawanya ke level yang lebih tinggi. Hal itu membuat Katakuri bisa melihat ke masa depan. Wajar jika dia kemudian mampu menerka gerakan musuhnya, sehingga dia pun tidak pernah kalah dalam setiap pertarungan. Haki Bushoshoku yang dimiliki oleh Katakuri juga tidak kalah kuat.

Dia mengeraskan kaki mochinya dengan Haki tersebut demi melukai Luffy. Ketika Hakinya difokuskan kepada satu titik saat dia melakukan serangan Zan Giri Mochi, Haki Katakuri akan berubah menjadi mirip seperti api atau ketika Luffy mengaktifkan Gear 4. Haoshoku Haki miliknya juga pernah ditunjukan ketika Charlotte Flampe dan anak buahnya mencoba untuk menganggu pertarungannya melawan Luffy.

 

Whitebeard

Edward Newgate alias Whitebeard merupakan orang yang dikenal sebagai manusia paling kuat di dunia dan orang yang paling dekat dengan One Piece, setelah Gol D. Roger tewas. Kemampuan Haoshoku Hakinya dia tunjukan ketika bertarung melawan rivalnya yaitu Gol D. Roger. Haoshoku Haki mereka berdua yang beradu sampai-sampai membuat langit terbelah dan memunculkan badai serta ombak yang besar.

Kemampuan Busoshoku Haki yang dimiliki Whitebeard sendiri dilapisi pada senjata andalannya yaitu Murakumogiri, yang mampu menahan serangan Enma dan Ame no Habakiri. Level Busoshoku Haki Whitebeard sudah sampai pada munculnya aura api hitam di ujung Murakumogiri dan mampu memunculkan Haki dari jarak dekat, yang memunculkan gelombang besar. Di masa keemasannya, kemampuan Kebunshoku Haki Whitebeard tidak diragukan lagi, contohnya dia tidak bergerak ketika Crocodile hendak menyerangnya karena tahu Luffy akan melindunginya. Tapi, dengan kesehatannya yang terus memburuk dia tidak bisa memprediksi serangan Squard.

Gol D. Roger

Sang raja bajak laut, Gol D. Roger bisa dipastikan merupakan pengguna dari ketiga tipe Haki, dan rasanya tidak mungkin jika dia tidak memiliki salah satu atau hanya memiliki satu jenis Haki saja. Seperti yang diperlihatkan dalam cerita flashback Kozuki Oden, Roger merupakan pengguna semua Haki. Armament dan Conqeror Haki miliknya diperlihatkan ketika dia bertarung di sebuah pulau melawan Whitebeard.

Meskipun kita belum diperlihatkan Roger menggunakan Observation Haki, namun bisa dipastikan jika Roger pastinya memiliki Observation Haki. Bisa jadi, kemampuan Observation Haki miliknya yang kemudian memunculkan insting bahwa ada pulau terakhir setelah pulau Lorde Star, dan dia pun benar. Ada pulau terakhir setelah pulau itu yaitu Laugh Tale.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2