Hampir semua orang terkesima dan terkesan dengan kharisma Shanks si rambut merah. Dengan sikapnya yang dingin, serta perilakunya yang santai, memperlihatkan bahwa Shanks merupakan sosok yang kuat. Dia juga diperlihatkan beberapa kali bisa menandingi karakter-karakter yang memang memiliki kekuatan, seperti Whitebeard atau Sakazuki. Wajar jika kemudian banyak orang senang dengan karakter Shanks.

Shanks juga merupakan orang yang dianggap bertanggung jawab karena telah “mempengaruhi” Luffy untuk menjadi seorang bajak laut dan berpetualang di laut. Meskipun Shanks sering kali diperlihatkan sebagai tokoh yang kuat serta keren, sayangnya masih ada banyak misteri yang menyelimuti karakter ini.

Kita masih belum tahu darimana asal Shanks, bagaimana kekuatannya yang sebenarnya, dan lain-lain. Eiichiro Oda sepertinya memiliki rencana tertentu untuk Shanks dengan “menyembunyikannya” selama lebih dari dua dekade. Berbagai teori coba dilontarkan para fans untuk menjelaskan tentang Shanks, namun ada salah satu teori/pertanyaan yang menarik mengenai Shanks.

Apakah sebenanya rencana Shanks? Selama ini Shanks diperlihatkan sangat sempurna oleh Oda Sensei. Dan penampilan sempurna tersebut berhasil menarik minat banyak fans untuk mencintai dan menfavoritkan Shanks si rambut merah. Tapi, bagaimana jika sebenarnya dibalik semua penampilan sempurna itu ada niat jahat yang selama ini dia sembunyikan, seperti menghentikan Klan D?

Banyak yang menduga jika Shanks memiliki koneksi tertentu dengan Pemerintah Dunia dan juga Gorosei. Hal ini dikarenakan dengan sikap banyak pihak yang berbeda terhadap Shanks. Mereka seolah menghormati dan memahami apapun keputusan dan perkataan yang diucapkan Shanks. Jika bukan karena ada satu atau dua hal, rasanya mereka tidak mungkin akan bersikap seperti itu.

Di chapter 907 kita melihat Shanks mencoba untuk berdiskusi tentang seorang bajak laut, bersama Gorosei. Banyak fans yang menduga jika Shanks akan membicarakan tentang Blackbeard. Tapi, bagaimana jika sosok yang dimaksud sebenarnya adalah Luffy? Salah satu teori menyebutkan bahwa Shanks mungkin adalah perwakilan dari Gorosei atau Im, yang bertanggung jawab untuk mencari dimanapun dan siapapun keturunan dari klan D dan mencoba menghentikan mereka untuk mencapai pulau Laugh Tale dan mengetahui abad yang hilang.

Jika memang topi jerami adalah harta karun terbesar yang dimaksud selama ini, mungkin seorang D. yang akan dihabisi nyawanya harus terlebih dahulu memiliki koneksi mendalam dengan topi tersebut. Bisa jadi inilah alasan sedari awal Shanks memberikan topi jerami yang dia kenakan kepada Luffy, untuk menjalin hubungan dengan topinya, baru kemudian dihabisi.

Shanks tentu sadar bahwa klan D. sendiri terbagi dua. Ada yang memang jahat, dan ada yang baik. Keduanya, tidak peduli yang mana, tetap merupakan ancaman bagi kaum naga langit. Pertemuannya dengan Blackbeard membuat Shanks sadar, bahwa Blackbeard adalah perwakilan dari klan D jahat dan hal ini memaksa Shanks untuk mencari lebih jauh siapa klan D. yang baik.

Luffy pun kemudian muncul di hadapan Shanks. Shanks bukan hanya berhasil mendapatkan kepercayaan Luffy, sama seperti Roger dulu, tapi juga berhasil memancing Luffy untuk menjadi bajak laut dan memberikan Luffy buah iblis Paramecia yang lemah. Selain Luffy, Shanks juga mengetahui sosok Ace.

Seperti sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa kebaikan akan bisa menghancurkan kejahatan. Dalam hal ini, para Gorosei ataupun Im tidak akan mampu untuk menghentikan klan D. yang jahat. Mereka butuh klan D. yang baik untuk melakukannya. Itulah mengapa Shanks sadar bahwa Luffy/Ace harus mengalahkan Blackbeard dengan kekuatan Topi Jerami.

Ini juga bisa menjadi alasan mengapa pertarungan Ace dan Blackbeard dianggap terjadi di waktu yang “tidak tepat”. Mungkin Shanks berharap bahwa Ace bisa mengenakan topi jerami selama beberapa tahun sebelum kemudian menghabisi Blackbeard. Shanks khawatir jika kemudian Blackbeard bisa membunuh Ace, maka usahanya untuk menghabisi klan D. yang jahat akan sia-sia.

Klan D. merupakan satu-satunya ancaman bagi Gorosei/Im, tapi Klan D  tidak akan bisa mengalahkan mereka (kaum naga langit) tanpa kekuatan senjata kuno. Karena itulah Gorosei/Im berusaha untuk menghancurkan ketiga senjata kuno yang ada sehingga Luffy/Blackbeard tidak akan bisa menggunakannya.

Proses untuk menghancurkan klan D sendiri kemungkinan sudah dilakukan oleh Pemerintah Dunia sejak 800 tahun yang lalu, dan masih terus dilakukan sampai sekarang. Sama halnya dengan senjata kuno, yang selalu berusaha mereka hancurkan agar tidak bisa digunakan oleh klan D dan orang lain. Dan Gorosei dan Im Sama sepertinya memang berhasil, sampai sejauh ini. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.