Kabar mengejutkan muncul kemarin dimana Jared Leto akan kembali ke peran lamanya sebagai Joker. Menurut laporan The Hollywood Reporter, Leto dikabarkan akan kembali berperan sebagai Joker dalam proses pengambilan gambar ulang untuk proyek Justice League versi Zack Snyder yang akan tayang di salurang HBO Max. Namun, belum ada informasi detail lain yang disampaikan.

Pada 2016 kemarin, Leto ditunjuk untuk memerankan Joker dalam film Suicide Squad arahan David Ayer. Namun, sayangnya, film ini gagal di pasaran dan bukan hanya gagal, karakter Jared Leto pun dianggap kurang sempurna. Hal inilah yang kemudian membuat Warner Bros seolah meninggalkan nasib Jared Leto dan karakternya, tanpa diketahui apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Meskipun jarang diekspos dan kurang begitu tereksplor dengan baik, Joker sepertinya pernah memberikan masa-masa yang buruk terhadap Batman. Hal ini bisa dilihat dari kostum Robin yang ada di Batcave, dimana terdapat tulisan “Jokes on you Batman!” dan kondisi kostumnya sendiri cukup rusak, dana film film Batman v Superman: Dawn of Justice.

Robin's Identity In Batman V Superman Was Finally Revealed In An Unlikely Way - CINEMABLENDNamun, horror yang diberikan oleh Joker sepertinya tidak berhenti sampai disitu. Ada kemungkinan Joker sudah membunuh sosok Robin tersebut. Banyak yang menduga bahwa kostum yang dipajang tersebut adalah kostum milik Jason Todd, sampai kemudian Snyder sendiri yang mengkonfirmasi bahwa kostum tersebut adalah milik Dick Grayson sang Robin pertama. Terlepas dari DCEU seolah-olah sudah mengadaptasi cerita A Death in the Family, nyatanya yang tewas adalah Dick Grayson.

Kembalinya Jared Leto sebagai Joker bisa menjadi jalan bagi Warner Bros. dan DCEU untuk mengeksplor lebih jauh, hubungan antar Batman dan Joker di universe ini. Dan salah satu hal yang bisa diperlihatkan dalam mengeksplor hubungan Batman dan Joker adalah memperlihatkan momen ketika Joker membunuh Dick Grayson.

Bagaimana Bruce bisa kehilangan Robin pertamanya? Bagaimana Dick Grayson bisa dibunuh oleh Joker, apakah mirip seperti Jason Todd? Apakah ceritanya sama dengan apa yang ditampilkan di komiknya? Semua pertanyaan ini rasanya bisa dijawab dalam film Justice League versi Zack Snyder. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana peran Joker di film tersebut.

Jared Leto Returning as Joker in the Snyder Cut | IndieWireSeperti yang disebutkan di atas, kita masih belum tahu informasi detail lainnya terkait dengan kembalinya Jared Leto sebagai Joker. Hal ini juga termasuk apakah Joker nantinya akan memiliki peran besar, atau hanya sekedar cameo saja. Tergantung dari peran Leto  dalam film ini, Snyder bisa saja sedikit membahas (atau mungkin banyak) tentang peperangan yang dilakukan oleh Batman dan Joker.

Satu hal yang menarik dari hal ini adalah ini merupakan pertama kalinya cerita tentang kematian Dick Grayson ditayangkan di media, dalam hal ini film. Tidak banyak orang yang tahu bahwa Dick Grayson juga pernah tewas di tangan Joker. Karena itulah, Zack Snyder rasanya harus mengeksplor cerita tentang kematian Dick Grayson tersebut.

Hal ini mengingat Dick memberikan dampak yang besar dalam kehidupan Bruce, dan membunuh Dick tentunya akan memberikan trauma yang mendalam bagi Bruce. Inilah kemungkinan alasan mengapa Bruce Wayne Nampak begitu sedih dan hancur, saat pertama kali muncul di film BvS. Berbeda dengan Jason, Dick tidak mendapatkan kesempatan kedua untuk hidup dan mendapatkan identitas baru. Kita nantikan saja ya Geeks apa kira-kira yang akan dilakukan Snyder terhadap Joker dan Robin di film tersebut.