Seri One Piece akan segera tamat dalam beberapa tahun mendatang. Menurut Eiichiro Oda sendiri cerita One Piece akan segera berakhir dalam lima tahun kedepan. Namun, lima tahun sendiri rasanya bukan sebuah waktu atau angka yang mutlak. Artinya bisa jadi ceritanya berakhir kurang dari lima tahun atau bahkan justru lebih dari lima tahun.

Pada intinya, Monkey D. Luffy beserta kru Topi Jerami akan menemui titik akhir dalam perjalanan mereka, seperti halnya Gol D. Roger yang sudah menemui titik akhir perjalanannya. Tapi, bagi Luffy, sepertinya tantangan tersebut bukan hanya terletak dari bagaimana menemukan One Piece atau sekedar bisa tiba di pulau Laugh Tale. Ada berbagai hal lainnya yang “harus” Luffy lakukan setelah itu.

Beberapa contoh diantaranya adalah mengalahkan Blackbeard, mewujudkan mimpi Joy Boy, dan juga menghancurkan Pemerintah Dunia. Para fans sendiri sudah banyak berspekulasi bahwa Luffy akan memiliki form terkuatnya untuk menghadapi musuh kuat selanjutnya yaitu Gear 5. Gear 5 akan menjadi Gear terkuat Luffy dan juga akan menjadi sumber kekuatan Luffy yang paling besar selama dia menjadi bajak laut.

Memprediksi Bentuk Gear 5 Luffy, Terinspirasi Kaido? | GreensceneBanyak juga teori yang coba menjabarkan seperti apa Gear 5 Luffy, dan seperti apa kekuatannya. Namun, belum ada pembahasan mengenai dari mana sumber Gear 5 tersebut. Lalu, darimana sumber kekuatan Luffy untuk mewujudkan Gear 5 tersebut? jawabannya adalah dari gabungan antara Haki dan buah iblis yang dia miliki. Tapi, bukankah hal ini sudah terjadi sekarang?

Memang, kekuatan Luffy sekarang juga sudah menggunakan gabungan antara Haki dan buah iblis. Bukti nyatanya adalah Gear 4 Luffy. Gear 4 Luffy tersebut menggabungkan kemampuan awakening buah iblis Gomu Gomu dan juga kemampuan Armament Haki Luffy. Dan hasilnya bisa kita lihat, Gear 4 yang begitu dahsyat yang bahkan mampu menghabisi musuh-musuh kuat.

Saat Luffy mengaktifkan Gear 5 nanti, konsep tersebut masih akan tetap sama. Bedanya, level kekuatan Haki dan buah iblis Luffy akan berbeda jauh. Luffy kemungkinan akan mampu menggunakan tiga Haki sekaligus, bukan hanya satu saja. Ketika Luffy menggunakan Gear 5, dia akan mampu menahan serangan musuh dengan Armament Haki, sambil juga melihat bagaimana gerakan dia selanjutnya dengan Advanced Observation Haki. Dan kemudian musuh akan langsung merinding melihat Luffy karena menggunakan Conqueror Haki.

Ketiga Haki tersebut akan digunakan secara bersamaan yang juga dipadukan dengan kekuatan awakening dari buah iblis Gomu Gomu. Hasilnya bisa dipastikan akan jauh lebih dahsyat, lebih mematikan, lebih destruktif, dari Gear yang dia miliki saat ini. Mungkin, di Gear 5 nanti Luffy tidak akan memiliki banyak form seperti di Gear 4. Luffy kemungkinan hanya memiliki satu form.

Namun, form tersebut bisa dibilang akan menjadi “ultimate form” dari Luffy selama dia muncul dalam cerita One Piece. Kemampuan ini bisa dia gunakan untuk menghadapi para Gorosei, atau mungkin Im Sama sekalipun. Dan seperti biasa, Luffy mungkin akan kesulitan untuk beradaptasi dengan kekuatan barunya sebelum kemudian dia kan mulai terbiasa.

Mengaktifkan Gear 5 ini akan sangat menguras kekuatan dan stamina dari Luffy, sehingga dia akan sangat jarang menggunakan form ini. Mungkin, bisa jadi form ini hanya akan digunakan ketika menghadapi musuh kuat saja seperti Pemerintah Dunia dan Blackbeard. Dan pasca Luffy berhasil mengalahkan berbagai musuh kuat tersebut, Luffy akan menjadi sosok legenda baru yang dikenang bukan hanya karena petualangannya saja, melainkan juga kekuatannya, termasuk kedahsyatan dari Gear 5 tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.