Power Rangers merupakan salah satu franchise besar, khususnya dalam industri di layar kecil. Sudah sejak era 1990an, series Power Rangers dimulai dan sejak saat itu, banyak judul-judul series terbaru yang muncul di layar kaca. Contohnya, Mighty Morphine Power Ranger, Power Rangers: Time Force, Power Rangers: Lightspeed Rescue, dan masih banyak lainnya.

Melihat fenomena populer tentang jagat sinematik nyatanya sudah membuat pihak Hasbro tertarik untuk juga ikut membangun sebuah jagat sinematik bagi Power Rangers. Kabar ini muncul pada beberapa hari yang lalu, dimana disebutkan bahwa Hasbro akan membuat sebuah jagat universe sendiri yang terdiri dari berbagai film layar lebar dan series.

Jonathan Entwisle dikabarkan sudah ditunjuk untuk menjadi sutradara sekaligus sosok yang bertanggung jawab atas terbangunnya sebuah jagat sinematik Power Rangers. Hasbro sendiri saat ini sedang mengembangkan film pertama, yang akan mengubungkan semua Power Rangers yang ada dan menjadi pembuka jagat sinematik ini. Dengan adanya sebuah jagat sinematik di dunia Power Rangers, hal ini bisa menjadi kesempatan bagi sosok Lord Drakkon untuk muncul.

Siapa Lord Drakkon?

Lord Drakkon pada awalnya adalah seorang remaja bernama Tommy Oliver. Tommy Oliver pertama kali muncul di dalam franchise Power Rangers sebagai Ranger hijau di dalam serial televisi Mighty Morphin Power Rangers. Ia adalah seorang remaja yang bersekolah di SMA Angel Grove sama seperti karakter Rangers lainnya. Sejak SMA, bisa dibilang Tommy adalah saingan dari Jason sang Ranger Merah.

Rita Repulsa, antagonis utama Mighty Morphin Power Rangers, melihat potensi sang anak muda dan mengikatnya dengan sihirnya. Ia kemudian memberikan Tommy Power Coins keenam, Dragon Coin, sehingga merubahnya menjadi ranger hijau. Dalam pengaruh sihir Rita, Tommy melakukan banyak hal jahat untuk menghancurkan para rangers, termasuk menyabotase mesin penghubung Zordon dan meretas sistem Alpha 5.

Rita juga kemudian memberikan Tommy pedang kegelapan (Sword of Darkness), serta Zord miliknya, Dragonzord. Namun, berkat kerja keras para anggota Power Rangers, mereka berhasil mengalahkan Dragonzord dan melepas Tommy dari pengaruh sihir Rita. Tommy kemudian bergabung dengan tim Power Rangers dan menjadi anggota keenam. Ia kemudian mengambil alih tonggak kepemimpinan dari Jason.

Namun, dalam komik Mighty Morphin Power Rangers karya Boom! Studios, Tommy justru tidak bergabung dengan para Power Rangers. Ia kabur ketika para Power Rangers berhasil menyelamatkannya dari sihir Rita. Sang Ranger hijau kemudian bertemu Rita Repulsa yang mengatakan padanya bahwa ia memilihnya menjadi Green Ranger untuk membantunya “menyatukan” bumi.

Tertarik, ia pun mengikuti Rita kembali untuk menguasai bumi, bedanya kali ini Tommy sadar melakukan kejahatan yang dia lakukan. Ingin menjadi penguasa satu-satunya, Tommy juga bahkan membunuh Rita Repulsa yang sudah mengajakya bekerja sama. Akhirnya dia pun mengganti namanya, menjadi Lord Drakkon. Lord Drakkon sendiri kemudian terus berkuasa cukup lama, dan bahkan dia membuat pasukannya sendiri.

Ironisnya, salah satu pasukan atau bawahan yang ada di bawah kendali Lord Drakkon adalah Ranger Slayer, Ranger Pink yang berubah menjadi jahat akibat pengaruh Lord Drakkon. Dia menghabisi seluruh Ranger yang ada, membuat terkejut semua orang yang selama ini menganggap bahwa Ranger Pink tidak begitu kuat. Tapi, Kimberly Hart kemudian membuktikan bahwa dia bisa menjadi sosok yang mengerikan.

Apakah Lord Drakkon Akan Muncul?

Sampai sejauh ini, memang masih belum ada informasi apapun terkait dengan proyek baru Hasbro yaitu Power Rangers Universe. Kita masih belum tahu siapa saja yang akan terlibat, bagaimana ceritanya, dan sebagainya. Namun, berdasarkan rumor awal tentang filmnya, kabarnya film tersebut akan bersetting di tahun 1990an. Artinya, mungkin kita akan kembali melihat sosok Jason, Kimberly, Trini, Zack, Billy, dan tentunya adalah Tommy.

Film tersebut mungkin akan menjadi tempat untuk memperkenalkan siapa Tommy Oliver, dan seberapa dekat dengan para Rangers lainnya. Mungkin kita juga akan melihat bagaimana ketika Tommy Oliver kemudian bergabung dengan para Rangers. Pada intinya di film ini kita akan melihat Tommy berakhir bersama para Rangers.

Ini bisa menjadi kesempatan bagi Hasbro untuk kemudian membuat sebuah musuh besar, yang akan dihadapi oleh para Rangers bersama-sama. Apalagi, Hasbro memang sangat ingin meniru kesuksesan dari Marvel Cinematic Universe. Artinya, akan ada fase dimana semua para Rangers akan berkumpul dan kemudian bertarung bersama melawan satu musuh yang sama.

Dan dalam komiknya sendiri hal ini sudah terjadi, dalam peristiwa Shattered Grid. Dalam ceritanya, semua Power Rangers dari berbagai dimensi berjuang untuk bisa mengalahkan Lord Drakkon. Lord Drakkon bisa menjadi sosok “Thanos” dalam Power Rangers Universe. Dan sama halnya dengan MCU, mereka memperkenalkannya secara perlahan dari beberapa tahun yang lalu sebelum kemudian muncul di Avengers: Infinity War dan Endgame.

Film terbaru Power Rangers pun bisa mengikuti konsep yang sama. Mereka akan mengikuti cerita awal Tommy Oliver di film pertama ini, dan kemudian perlahan di film sekuelnya kita kemudian melihat bahwa Tommy mulai dipengaruhi oleh Rita. Sampai kemudian dia berubah menjadi jahat dan menjadi sosok Lord Drakkon. Tentunya hal ini akan terasa sangat epik jika terjadi di universe Power Rangers dan dilakukan di layar lebar. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana perkembangan terbaru dari filmnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.