Kaido adalah villain utama dalam cerita arc Wanokuni sekaligus merupakan salah satu dari empat penguasa samudera yang ada dalam cerita One Piece. Kekuatan Kaido sangatlah dahsyat, bahkan sudah puluhan kali Kaido coba untuk dibunuh namun dia masih tetap bisa bertahan hidup. Dengan kekuatan dahsyat tersebut rasanya wajar jika kemudian Kaido menjadi salah satu Yonko atau penguasa samudera.

Sejak awal usaha untuk penyerbuan ke Onigashima dilakukan oleh aliansi Luffy, para fans banyak yang bertanya-tanya tentang siapa yang kemudian akan menghabisi nyawa dari Kaido. Sebagian fans meyakini bahwa sebagai protagonis utama dalam seriesnya, Monkey D. Luffy yang akan mengalahkan Kaido. Ada banyak teori yang mendukung dari spekulasi ini.
Kemudian, sosok lainnya yang juga dispekulasikan akan menjadi orang yang membunuh Kaido adalah Eustass Kidd. Seperti yang kita ketahui, Kidd sangat dendam kepada kaido atas apa yang terjadi dengan krunya. Kaido selalu berusaha untuk bisa menghabisi nyawa Kaido, dan inilah yang kemudian membuat sebagian fans meyakini bahwa Kidd akan mampu membalaskan dendamnya.

Selain mereka berdua, ternyata ada sosok lain yang juga diprediksikan akan mampu membunuh Kaido, yaitu Roronoa Zoro. Zoro mungkin tidak sekuat Luffy atau Kidd, tapi dia memiliki kemampuan untuk membunuh Kaido. Apalagi, arc Wanokuni sendiri diyakini merupakan arc dari Zoro sehingga Zorolah yang akan mendapatkan sorotan paling banyak di arc ini, dengan cara membunuh Kaido.

Oda Sensei sendiri sepertinya memberikan petunjuk mengenai kemungkinan Zoro yang akan membunuh Kaido. Hal ini terjadi dalam color spread di chapter 992 kemarin. Kru Topi Jerami terlihat sedang bersantai sambil menyantap makanan. Namun, ada hal menarik dari sosok Zoro. Terlihat Zoro sedang memakan semangkuk ramen, yang mana hiasan di mangkuk tersebut terlihat sangat tidak asing.

Di hiasan mangkuk tersebut terlihat gambar naga timur berwarna biru, yang sangat mirip dengan sosok Kaido. Kemudian kita juga bisa melihat bulan yang menjadi latar dari gambar tersebut. jika diperhatikan, naga dan bulan sendiri menggambarkan kondisi saat ini di Onigashima. Seperti yang kita tahu, dalam pertarungan di Onigashima situasinya adalah purnama penuh. Karena itulah para suku Mink bisa menggunakan form Sulong mereka.

Selain di mangkuk yang sedang dipegang Zoro, ada hal detail menarik lainnya yang muncul di halaman tersebut. Di salah satu mangkuk yang ada dibawah tiga pedang Zoro, terdapat sebuah tulisan kanji (meskipun secara tidak penuh) “斬” yang bisa diartikan sebagai “membunuh”, “membantai”, atau “menghabisi”.

Eiichiro Oda dikenal selalu memberikan petunjuk tentang apa yang terjadi di kemudian hari atau dalam cerita selanjutnya melalui berbagai detail yang ada, dan ini bisa menjadi salah satu bukti kuat bahwa memang Zoro yang akan membunuh Kaido dalam pertempuran di Onigashima ini. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana cara Zoro membunuh Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.