Tak lama setelah diperkenalkan di Dragon Ball Super, para Saiyan dari universe 6 mampu menjadi petarung yang sangat tangguh. Terlepas dari fakta bahwa mereka tidak tahu cara menjadi Super Saiyan (sampai pada akhirnya Vegeta mengajarkannya), tetapi pada akhirnya mereka mampu bertarung melawan Z-Warriors.

Dalam Dragon Ball Super, kita diperkenalkan dengan kosep multiverse, di mana ada banyak alam semesta yang ada. Rupanya, Z-Warriors tinggal di Universe 7. Terungkap juga bahwa Universe 7 memiliki kembaran yang disebut Universe 6. Dalam Universe 6, mereka memiliki Saiyan versi mereka sendiri. Salah satu Saiyan dari Universe 6 yang paling terkenal adalah Cabba. Melihat potensi kekuatan Cabba, maka Universe 6 memilihnya untuk bertarung melawan Z-Warriors dalam turnamen kekuatan.

Selain memilih Cabba, Universe 6 juga memilih dua lagi Saiyan yaitu Caulifla dan Kale. Setelah mereka sukses bertransformasi menjadi Super Saiyan wanita pertama, mereka kemudian harus bertarung melawan Goku. Bahkan, mereka berhasil menyatukan diri dan bertransformasi menjadi Kefla, salah satu lawan paling kuat yang pernah dihadapi Goku.

Cabba, Caulifla, dan Kale jika terpisah memang tidak sekuat Goku, Vegeta atau Gohan, tetapi jika mereka bersatu, mereka akan menjadi lawan yang sulit dikalahkan. Mungkin kalian bertanya-tanya mengapa mereka bisa begitu cepat menjadi lebih kuat. Mungkin alasannya terkait dengan faktor biologis dalam diri mereka. Berbeda dengan Saiyan dari Universe 7, Saiyan dari Universe 6 tidak memiliki ekor. Menurut Cabba, ekor mereka hilang seiring waktu dan mereka pada akhirnya berevolusi. Jadi, bisa jadi Saiyan dari Universe 6 secara alami lebih kuat. Hal ini memang masuk akal, terutama karena mereka tinggal di planet yang berbeda.

Bangsa Saiyan sendiri biasanya lahir dari planet Vegeta. Namun Cabba, Caulifla, dan Kale berasal dari planet yang berbeda, yaitu sebuah planet bernama Sadala. Dengan tumbuh di planet yang lingkungan dan gravitasi yang berbeda, hal itu bisa membuat Saiyan dari planet Sadala menjadi lebih kuat. Pencipta Dragon Ball, Akira Toriyama telah mengkonfirmasi bahwa lingkungan di Bumi membantu Goten dan Trunks menjadi Super Saiyan di awal kehidupannya, jadi masuk akal jika itu terjadi oleh Saiyan yang berasal dari planet Sadala di Universe 6.

Ada juga fakta menarik bahwa Saiyan dari Universe 6 menemukan jalan pintas untuk dapat bertransformasi menjadi Super Saiyan yang sebelumnya tidak diketahui oleh Z-Warriors. Cabba menemukan cara untuk memaksimalkan penyaluran energi di tubuhnya, sehingga ia dapat dengan mudah bertransformasi menjadi Super Saiyan. Trik ini membantu Caulifla menjadi Super Saiyan tanpa harus melalui semua latihan melelahkan yang dialami Goku dan Vegeta di masa lalu. Berkat keunggulan ekstra dari para Saiyan dari Universe 6, mereka dapat mencapai prestasi yang mengesankan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/