Selama satu dekade terakhir ini Sam Wilson alias The Falcon dan Bucky Barnes alias Winter Soldier sudah muncul di berbagai film MCU. Namun, baru pada series The Falcon and The Winter Soldier mereka berdua benar-benar menjadi karakter utama dalam ceritanya. Seriesnya sendiri akan bersetting pasca Avengers: Endgame, dimana Bucky dan Sam sedang menata kembali hidup mereka.

Selain mereka berdua, ada beberapa nama lainnya yang juga akan kembali muncul seperti Sharon Stone dan Baron Zemo. Seriesnya juga akan memperkenalkan karakter baru, U.S. Agent yang akan diperankan oleh Wyatt Russell. Namun, ada juga rumor yang menyebutkan bahwa akan muncul seseorang yang akan menggantikan Sam Wilson sebagai Falcon.

Falcon Adalah Captain America Baru di Phase 4

MCU memang rasanya memerlukan sosok Falcon baru karena Sam Wilson kini ditunjuk oleh Steve Rogers sebagai Captain America yang baru, seperti yang diperlihatkan di akhir film Endgame. Dan tugasnya sebagai Captain America yang baru ini baru akan dimulai dalam seriesnya nanti. Meskipun Sam mengatakan bahwa tameng yang dia pegang terasa bukan miliknya, namun menjadi Captain America selanjutnya sudah menjadi takdirnya di MCU.

Banyak yang berpikir bahwa Bucky adalah sosok yang tepat untuk peran ini, namun Bucky sendiri sebenarnya setuju dengan keputusan Steve dan merasa bahwa Sam lebih pantas darinya. Bisa dipastikan, petualangan Sam Wilson sebagai Captain America yang baru tidak akan berjalan mulus. Dia akan mendapatkan penolakan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah sendiri.

Falcon & Winter Soldier Akan Menghadirkan Cerita Tentang Warisan

Peran baru Sam sebagai Captain America akan terasa sempurna dengan seriesnya yang akan menghadirkan cerita tentang peninggalan atau warisan. Chris Evan memang kemungkinan besar tidak akan kembali muncul, tapi kehadiran Steve Roger masih tetap bisa dirasakan di seriesnya. Sam bisa dipastikan harus berjuang keras hidup dalam ekspektasi sebagai Captain America.

Di sisi lain, dia juga harus bisa kuat menghadapi berbagai tekanan, termasuk dari pihak pemerintah yang tidak setuju dengan dipilihnya Sam sebagai Captain America yang baru. Karena itulah, pihak Amerika kemudian memperkenalkan pahlawan yang mereka setujui, U.S. Agent. Pihak Amerika kemungkinan tidak ingin Captain America berkulit hitam, karena itulah mereka mencoba mencari sosok yang dianggap lebih baik dari Sam.

The Falcon Becomes the New Captain America! - E! OnlinePerselisihan mengenai siapa penerus Steve Rogers sebagai Captain America, kemungkinan bukan hanya terjadi dengan Sam. Muncul juga rumor yang menyebutkan bahwa The Falcon and The Winter Soldier akan menghadirkan sejarah program tantara super, yang mana sekaligus juga memperkenalkan sosok Isaiah Bradley.

Dalam komiknya, Bradley adalah salah satu dari 300 subjek tantara super Amerika, yang sengaja dilakukan untuk mencari pengganti Steve Rogers yang pada saat itu menghilang. Bradley adalah satu-satunya orang yang selamat dari uji coba tersebut dan dari sebuah misi yang diberikan. Dan akhirnya, dia sempat menyandang gelar sebagai Captain America selama beberapa waktu. Dengan Sam yang harus menghadapi penolakan karena dia berkulit hitam, kemunculan Bradley bisa menunjukan bahwa hal ini sudah terjadi sejak lama dan pihak Pemerintah sengaja menutupinya.

Dengan ada banyaknya rumor plot yang berkembang tentang Captain America, mungkin Marvel juga bisa mengeksplor cerita warisan tentang Falcon. Setelah Sam menjadi Captain America sepenuhnya, semua akan tergantung pada Sam apakah dia akan membantu generasi baru Falcon. Mungkin sosok baru ini bisa menjadi sidekick bagi Sam, selain Bucky.

Falcon Baru Akan Diperkenalkan?

Dalam cerita komiknya, setelah Sam Wilson menjadi Captain America, tidak berapa lama setelahnya Marvel kemudian memperkenalkan sosok Falcon baru yaitu Joaquin Torres. Torres merupakan seorang keturunan Meksiko yang tinggal di perbatasan Amerika dan Meksiko. Torres tiba-tiba diculik oleh Sons of Serpent, sebuah kelompok supervillain.

Kelompok villain tersebut memang sering menculik para imigran, dengan tujuan untuk dijadikan subjek penelitian dari Dr. Karl Malus. Dalam praktiknya, Torres justru bermutasi dengan Redwing milik Sam dan akhirnya dia pun memiliki kemampuan layaknya seekor burung, memiliki kemampuan regenerasi, dan yang paling penting memiliki koneksi dengan Redwing. Ingin membuktikan diri, Torres pun kemudian menjadi sosok Falcon yang baru dan sidekick tidak resmi dari Sam untuk beberapa waktu.

Mengingat series The Falcon and The Winter Soldier mengadaptasi pola yang sama terhadap Sam, ada kemungkinan jika kemudian Torres akan diperkenalkan di seriesnya. Bahkan, baru-baru ini muncul kabar bahwa Danny Ramirez sudah bergabung dengan seriesnya untuk sebuah peran yang “penting”. Aktor keturunan Latin tersebut kini berusia 28 tahun, sedikit lebih tua dibanding komiknya. Namun, Ramirez masih bisa pas untuk memerankan karakter ini.

Jika bukan Danny Ramirez, kemungkinan lainnya adalah Tyler Dean Flores, seorang aktor yang berasal dari Puerto Rico, yang akan berperan sebagai Torres. Jikapun kemudian Flores bukan juga yang akan berperan sebagai Torres, mungkin dia akan berperan sebagai karakter yang masih dirahasiakan. Jika mungkin Joaquin Torres memang akan muncul dalam seriesnya, bisa jadi kita akan melihat dia menejadi sidekick bagi Sam, seperti dalam komiknya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.